10 Nutrisi yang Diperlukan dalam Makanan Agar Cepat Hamil

Memiliki anak dalam rumah tangga memang jadi impian kebanyakan keluarga. Sehingga banyak pasangan suami istri yang menjalani program hamil agar segera mendapatkan si buah hati. Agar program hamil Anda berhasil, penting untuk mengonsumsi makanan agar cepat hamil.

Nutrisi yang Diperlukan pada Makanan Agar Cepat Hamil

Dalam makanan tertentu, ada kandungan nutrisi yang bisa membuat Anda bisa cepat hamil. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan kesuburan seseorang yang akan membantu mempercepat kehamilan.

  1. Omega-3

Asam lemak omega-3 akan membantu proses kehamilan dan juga proses persalinan. Selain itu, omega-3 ini juga akan mencegah endometriosis atau dikenal dengan pertumbuhan jaringan rahim di luar rahim, sehingga akan menyebabkan munculnya rasa sakit.

  1. Vitamin D

Vitamin D diyakini bisa mempengaruhi reseptor yang ada di dalam indung telur dan endometrium. 

Rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran pada wanita hamil.

Meskipun sebenarnya, hubungan antara vitamin D dengan kehamilan masih belum jelas.

  1. Asam folat

Makanan dengan kandungan asam folat akan membantu mencegah risiko tidak adanya produksi sel telur (anovulasi).

Maka sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung asam folat saat menjalani program hamil, seperti kacang-kacangan, hati sapi, asparagus, hingga biji bungan matahari.

  1. Protein

Makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi, seperti ikan berlemak, akan dapat membantu proses pembuatan sel telur dan membuat kesuburannya terjaga.

Namun, hati-hati pula agar tidak terkontaminasi bakteri pada makanan yang mengandung tinggi protein, seperti daging, produk susu, dan lainnya. 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat punya manfaat untuk meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan antioksidan. Selain itu juga mempengaruhi kadar glukosa dalam tubuh.

Tubuh dengan sensitivitas terhadap insulin dan kadar glukosa akan mempengaruhi sistem reproduksi. Namun, jangan mengonsumsi karbohidrat yang sudah diproses, seperti roti putih, gula, dan lainnya.

  1. Serat

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, serat juga dapat menjaga kadar gula darah dan menghilangkan hormon yang berlebih dari tubuh.

Hubungan antara konsumsi makanan berserat tinggi dengan cepat hamil memang masih perlu diteliti lebih lanjut. 

  1. Antioksidan

Makanan dengan tinggi antioksidan dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Sebab, antioksidan akan menangkal radikal bebas yang bisa merusak sperma dan sel telur.

  1. Zat besi

Zat besi juga nutrisi yang diperlukan untuk mendukung program kehamilan. Mikronutrien ini perlu dikonsumsi saat menjalani program hamil karena bisa membantu mempercepat proses kehamilan. 

Zat besi ini berperan dalam ovulasi. Wanita yang mengalami anemia, kekurangan zat besi, dan kadar ferritin rendah biasanya akan mengalami gangguan kesuburan.

  1. Kalsium

Kalsium akan menjaga sistem reproduksi sehingga bisa tetap lancar dan bisa membantu Anda agar cepat dapat momongan. 

Asupan kalsium yang didapat sebagian besarnya akan dipergunakan untuk kesehatan tulang dan gigi. Sehingga penting sekali dalam perkembangan gigi dan tulang si kecil nantinya.

  1. Lemak

Asupan lemak tak jenuh bisa memperbaiki proses pembentukan sel telur. Namun, perlu dihindari konsumsi lemak trans karena berkaitan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi dan bisa mengganggu fungsi ovulasi.

Sehingga berbagai makanan dengan lemak tak jenuh seperti alpukat, salmon, olive oil, hingga kacang-kacangan bisa mempercepat kehamilan.

Daftar Makanan Agar Cepat Hamil

Berikut daftar berbagai makanan yang bisa meningkatkan kesuburan dan peluang hamil semakin tinggi, yaitu:

  • Buah jeruk
  • Yogurt
  • Hati sapi
  • Susu full cream
  • Ikan salmon
  • Telur omega-3
  • Dark chocolate
  • Kuaci bunga matahari
  • Tiram
  • Tomat
  • Kacang-kacangan
  • Produk olahan susu
  • Asparagus
  • Biji-bijian utuh

Itulah beberapa daftar makanan agar cepat hamil yang perlu diketahui. Anda juga perlu mengonsumsinya agar program yang dijalani bisa berjalan dengan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*