6 Cara Tandem Nursing Yang Nyaman dan Menyenangkan

Cara menyusui bayi kembar bisa dengan posisi double clutch

Berkomitmen untuk memberikan anak full ASI tidaklah mudah, apalagi untuk seorang ibu dengan dua anak. Entah itu kembar atau jarak kelahiran yang terlalu dekat membuat tandem nursing mau tidak mau menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya, hingga kini belum ada asupan lain yang mampu menyeimbangi kandungan serta manfaat dari Air Susu Ibu. Hanya saja, butuh perjuangan dan effort yang lebih besar untuk menyusui dua bayi. 

Cara Tandem Nursing Dengan Nyaman

Hal tersebut tentu saja akan sesuai dengan manfaat yang Anda peroleh, seperti menjalin kedekatan hingga menghindari kecemburuan pada sang kakak. Demi kenyamanan selama menyusui, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut:

1. Cek Perlekatan

Untuk menghindari puting lecet, pastikan perlekatannya sudah benar, yakni seluruh bagian areola busui tertutup oleh mulut bayi. Anda bisa mulai memposisikan wajah bayi ke arah payudara, agar lebih mudah untuk merekatkannya. 

Bentuk huruf C menggunakan jari-jari, dimana ibu jari berada di atas puting dan jari lainnya di bagian bawah. Arahkan payudara sesegera mungkin, saat bayi mulai membuka mulut mungilnya. 

2. Sering Menyusui Secara Langsung

Ingat, semakin sering payudara dalam kondisi kosong, maka ASI akan semakin melimpah. Alih-alih menyambungnya dengan susu formula, lebih baik Anda menyusui kedua bayi sesering mungkin.

Isapan bayi pada puting secara langsung akan merangsang pelepasan hormon oksitosin dan prolaktin, sehingga memicu let-down reflex. Dukung hal tersebut dengan mindset positif dan kepercayaan, bahwa ASI Anda pasti cukup.

3. Menyusui Secara Bergantian

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan untuk menyusui dua bayi sekaligus, maka tidak ada salahnya untuk bergantian saja. Seandainya usia bayi berbeda, maka prioritaskan yang lebih muda terlebih dahulu.

Selain itu, susui bayi secara bergantian, yakni pada payudara kanan dan kiri. Hal tersebut bertujuan untuk menyimbangkan proses produksi ASI pada kedua payudara, sehingga stok tetap melimpah.

4. Perhatikan Posisi Menyusui

Posisi saat menyusu benar-benar mampu menunjang kenyamanan, baik untuk kedua bayi maupun sang busui sendiri. Ada tiga pilihan posisi bayi, saat Anda akan melakukan tandem nursing, yakni:

  • Football Hold 

Pada posisi ini, tubuh kedua bayi berada di bagian bawah ketiak, sementara wajahnya mengarah ke Anda. Topang kepala dua bayi menggunakan masing-masing telapak tangan, lalu arahkan ke payudara.

  • Laid Back

Posisi laid back sangat cocok untuk diterapkan di tempat tidur yang memiliki banyak ruang dan keleluasaan. Gunakan kedua tangan Anda untuk menopang bayi di masing-masing bagian, lalu mulailah untuk menyusui.

  • Cradle Hold

Cara ini adalah teknik menyusui yang biasa dilakukan oleh busui pada umumnya. Untuk tandem nursing, Anda bisa menempatkan kedua bayi secara berlawanan maupun searah. 

5. Perah Secara Rutin

Selain menyusu langsung, Anda juga bisa memerah ASI untuk membuatnya tetap berproduksi. Langkah tersebut boleh dilakukan, apabila intensitas menyusu kedua bayi belum terlalu sering. 

Biasanya, hal tersebut terjadi pada awal kelahiran atau bayi sudah mulai mendapatkan MPASI. Anda bisa memerahnya, lalu menyimpan ASI perah tersebut ke dalam freezer sebagai stok pada saat-saat yang dibutuhkan.

6. Gunakan Nipple Shield Dengan Benar

Nipple shield adalah suatu alat terbuat dari material silikon yang berfungsi untuk melindungi bagian puting dari luka ataupun lecet. Kehadirannya sangat membantu para ibu yang memiliki puting datar, sehingga bayi tetap bisa menyusu.

Bila Anda berniat untuk menggunakannya, pastikan sudah konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis. Pelajari teknik penggunaan nipple shield yang benar, karena kesalahan dalam penempatan justru bisa menghambat proses menyusui. 

Demikian 6 cara untuk tandem nursing yang menyenangkan serta nyaman untuk ibu dan kedua bayi. Pastikan Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat, agar ASI terus berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*