6 Penyebab Gangguan Susah Tidur yang Harus Diketahui

6 Penyebab Gangguan Susah Tidur yang Harus Diketahui

Ternyata tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur pada malam hari. Tentunya gangguan ini bukanlah pertanda baik apalagi bagi kesehatan tubuh manusia. Namun sebagian orang mungkin saja menganggapnya hal yang biasa dan sepele. Semakin sering mengabaikan permasalahan gangguan tidur tersebut, semakin besar dampaknya pada kualitas tidur yang buruk dan tidak teratur. 

Kesulitan tidur pada malam hari akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Susah tidur juga bisa menjadi sebuah pertanda adanya kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya seperti beberapa tanda adanya gangguan penyakit di dalam tubuh. Selain itu, gangguan tidur yang tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Gangguan tidur dapat ditandai dengan rasa mengantuk pada siang hari, kesulitan tidur pada malam hari, atau siklus tidur dan bangun yang tidak teratur. Kondisi ini akan membuat waktu istirahat di malam hari menjadi tidak maksimal. Jadi, sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab susah tidur nyenyak untuk bisa mengatasinya. Misalnya, seperti stres karena pekerjaan, terbiasa begadang dan lain sebagainya.

Untuk mengetahuinya secara lengkap, berikut penyebab-penyebab susah tidur yang sering terjadi, antara lain:

  1. Mengalami stres

Sebagian banyak orang mengalami stres dengan masalah pekerjaan, keluarga, keuangan, sekolah dan masih banyak lagi. Tidak sedikit orang yang mengalami stres memiliki kesulitan tidur pada malam hari. Maka stres pun sering kali disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur.

Untuk dapat tidur dengan nyenyak, otak dan tubuh harus dalam kondisi tenang dan rileks. Sementara saat stres, otak akan menjadi sangat aktif dan menyebabkan sulit untuk memejamkan mata. Untuk mengatasinya, kita harus belajar untuk mengontrol rasa stres tersebut dan mencoba untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan.

  1. Tidur siang terlalu lama

Tidur di siang hari memang memberikan manfaat bagi tubuh, seperti mengurangi rasa letih, meningkatkan daya ingat, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan meningkatkan kewaspadaan. Kita pun disarankan untuk tidur siang hanya 10-20 menit saja. Namun terlalu lama tidur siang ternyata dapat menyebabkan susah tidur di malam harinya. 

  1. Terlalu sering menggunakan gadget menjelang tidur

Smartphone, televisi dan tablet memaparkan cahaya biru yang kurang bagus untuk kesehatan. Paparan sinar biru tersebut dapat mengaktifkan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengontrol jam biologis tubuh. Akibatnya otak akan mengartikan sinar tersebut sebagai pertanda hari masih terang, sehingga kita tidak akan mengantuk.

  1. Usia yang bertambah tua

Seiring menuanya usia, lansia dapat mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Kondisi ini terjadi akibat ritme sirkadian yang menjadi lemah seiring bertambahnya usia. Ritme sirkadian bertugas untuk mengatur waktu tidur dan bangun. Dengan melemahnya ritme sirkadian membuat jam biologis tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan tidur tidak nyenyak.

  1. Kurang paparan sinar matahari

Kurangnya terkena paparan sinar matahari, dapat menyebabkan jam biologis seseorang akan melemah. Hal tersebut dikarenakan cahaya matahari berperan penting dalam mengatur ritme sirkadian, produksi hormon dan menjaga siklus tidur. JIka kebiasaan ini terus menerus terjadi maka kualitas tidur menjadi menurun, terutama kepada kaum lansia.

  1. Mengidap Penyakit Kronis

Gangguan sudah tidur bisa disebabkan karena seseorang sedang memiliki penyakit kronis. Misalnya, seseorang yang mengidap penyakit kanker akan mengalami gejala nyeri pada bagian tubuh yang terkena dan menyebabkan susah tidur dengan nyenyak. Ada beberapa penyakit kronis yang dapat menyebabkan kesulitan tidur, seperti diabetes, arthritis, parkinson, alzheimer atau asma.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*