7 Suplemen Makanan untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid 19 masih saja terus berlangsung. Selain mematuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak; Anda juga bisa mengantisipasi penyebaran virus corona baru dengan mengonsumsi suplemen makanan yang bisa memperkuat imunitas Anda. 

Suplemen makanan mengandung vitamin, mineral, serta ekstrak buah dan tumbuhan alami

Dengan imunitas yang kuat, walaupun Anda sudah terpapar virus tersebut, namun tubuh bisa melawan dan virus corona tidak bisa menginfeksi Anda. Tentunya mengonsumsi suplemen makanan hanyalah salah satu modal untuk membentuk imunitas melawan Covid 19. Selain itu, tetap sangat dibutuhkan asupan makanan bergizi tiap hari, istirahat yang cukup, dan tentunya rutin berolahraga. 

Khusus untuk suplemen makanan, carilah yang benar-benar bisa berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Setidaknya, temukan suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral di bawah ini. 

  1. Vitamin C 

Vitamin ini telah dipuji selama bertahun-tahun sebagai sumber masuk untuk membantu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan vitamin C yang cukup, produksi leukosit tubuh bisa terjaga untuk melawan infeksi yang masuk, tidak terkecuali dari Covid 19. Karena alasan inilah, suplemen makanan yang mengandung vitamin C sangat penting selama pandemi. Setidaknya bagi orang dewasa, direkomendasikan suplemen vitamin C sebanyak 1000 miligram per hari. CIni sangat penting selama pandemi. Dia merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi suplemen 1000 mg dua kali setiap hari.

  1. Vitamin D

Vitamin D bisa diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Namun jika memang kurang memungkinkan, Anda bisa menambahkan suplemen makanan dengan kandungan vitamin D untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Vitamin D sangat penting untuk mencegah fatalitas pada Covid 19. Pasalnya,  kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan risiko lebih besar mengembangkan kondisi pernapasan pada orang dewasa dan anak-anak. Untuk mencegah terinfeksi virus corona, dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin D3 dengan takaran 1000 International Units (IU) per hari. 

  1. Zinc 

Suplemen makanan yang mengandung zinc atau seng juga sangat penting menghadapi wabah Covid-19. Ini karena seng sangat berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Peningkatan konsentrasi seng atau zinc nyatanya mampu menghambat replikasi virus, tidak terkecuali virus corona baru. Kebutuhan suplemen makanan berupa zinc untuk manfaat maksimal yang dianjurkan adalah sebanyak 40 mg dalam sehari.

  1. Asam Folat 

Asam folat tidak lain adalah bagian dari vitamin B9. Cobalah untuk mengonsumsi suplemen makanan berupa asam folat sebab banyak orang dewasa masih sulit memenuhi kebutuhan harian yang dianjurkan terkait vitamin yang satu ini. Tercukupinya kebutuhan asam folat dalam tubuh sendiri berguna untuk mencegah infeksi saluran pernapasan. 

  1. Probiotik 

Jangan lupa menambahkan suplemen makanan berupa probiotik untuk menghadapi Covid-19. Pasalnya, probiotik mampu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas. Artinya, virus corona yang terpapar ke tubuh bisa dicegah untuk menginfeksi tubuh bagian dalam dengan adanya kekebalan yang mumpuni karena probiotik. 

  1. Licorice 

Suplemen makanan yang tergolong licorice mengandung banyak zat, termasuk glycyrrhizin. Zat tersebut dapat membantu melindungi dari infeksi virus. Menurut penelitian tabung reaksi, glycyrrhizin bahkan menunjukkan aktivitas antivirus melawan virus korona terkait sindrom pernapasan akut yang parah. 

  1. Kurkumin

Kurkumin merupakan senyawa aktif utama dalam kunyit. Namun, banyak juga suplemen makanan yang mengandung kurkumin sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Dalam penelitian yang telah dikembangkan, kurkumin sendiri mampu membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda sehingga tidak mudah terinfeksi Covid-19. 

Tentunya selain mengonsumsi suplemen makanan, Anda juga mesti mengonsumsi makanan bergizi untuk memperoleh berbagai vitamin dan mineral yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh tersebut. Semoga sehat selalu!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*