Agar Terbiasa, Begini Cara Memandikan Kucing

Cara memandikan kucing

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di dunia. Bentuk dan perilakunya yang lucu jadi beberapa alasan mengapa hewan mamalia ini banyak digemari. Namun, mengurus dan merawat kucing tak semudah yang dikira. Misalnya, kita mungkin harus memandikannya secara rutin. Padahal, banyak kucing yang tak suka mandi. Oleh karenanya, penting mengetahui cara memandikan kucing.

Terlebih jika Anda bisa membuat kucing peliharaan menjadi terbiasa dengan aktivitas tersebut. Tentunya, beban dan kerja Anda dalam rangka memberikan yang terbaik bagi kucing peliharaan sudah sedikit berkurang. Memangnya, bagaimana, sih, cara membiasakan kucing dengan aktivitas mandi?

Yang perlu diingat adalah membiasakan kucing untuk mandi bukanlah suatu hal mustahil. Tinggal bagaimana kita dalam melakukannya. Sebagai pedoman, berikut kiranya beberapa langkah yang dapat membantu Anda melakukan pembiasaan terhadap kucing peliharaan:

  • Kenali ia dengan aktivitas mandi sedini mungkin

Ada pepatah mengatakan semakin dini atau semakin cepat kita mengenalkan sesuatu terhadap sesuatu, semakin mudah pula mereka beradaptasi. Hal ini berlaku juga sebagai cara memandikan kucing. Agar kucing Anda terbiasa dan kelak tidak berontak ketika dimandikan, cobalah mandikan ia sedari kecil.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memandikan anak kucing atau kucing yang masih kecil, antara lain:

  • Tunggu sampai usia kucing mencapai setidaknya enam minggu sebelum mulai memandikannya karena jika lebih muda dari itu dapat menyebabkan penyakit atau komplikasi kesehatan lainnya;
  • Untuk kucing-kucing kecil, mulailah memandikannya dalam wastafel kamar mandi. Wastafel itu dangkal dan lebih pas secara ukuran. Wastafel juga memungkinkan Anda untuk membilasnya dengan mudah menggunakan keran. Cara memandikan kucing ini juga membiasakannya dengan suara dan sensasi air mengalir;
  • Pertimbangkan untuk memandikan anak kucing sekali setiap dua minggu selama tiga bulan. Langkah ini untuk menghindari komplikasi dari mandi berlebih (seperti kulit kering) sembari membiasakan proses mandi sebagai bagian dari grooming.
  • Jangan buat stress atau syok

Secara alamiah, kucing tidak mengenal mandi sebagai cara membersihkan dirinya. Kucing yang mandi hanya ada di dalam rumah atau hanya dilakukan para kucing yang menjadi hewan peliharaan. Inilah yang membuat kucing terkesan menolak ketika hendak dimandikan.

Untuk melakukan pembiasaan, Anda bisa lebih dahulu memastikan bahwa mandi (dengan segala unsur-unsur yang menyertainya) bukanlah sesuatu yang bisa membuat kucing merasa terancam.

Jangan pernah gunakan mandi sebagai bentuk hukuman untuk kucing dan hindari peristiwa atau bentuk interaksi apa pun yang dapat memberi si kucing pengalaman buruk dengan kamar mandi atau wastafel. Ini termasuk dengan tidak menjadikan kamar mandi sebagai tempat mengurung kucing setelah mereka melakukan kesalahan.

  • Bangun suasana yang familiar

Upaya lain yang bisa Anda lakukan agar mereka terbiasa dengan prosesi mandi adalah membuat si kucing familiar dengan semua unsur yang menyertai aktivitas tersebut. Kucing mungkin akan belajar dan mengenali bahwa guyuran air, suara bising hairdryer, dan lain sebagainya adalah sesuatu yang normal.

Cara memandikan kucing ini bisa dimulai dengan memberikan akses menuju tempat ini dilakukan, semisal kamar mandi atau kamar tidur Anda. Sebagai makhluk yang independen secara alami, kucing dapat menyikapi pengalaman tersebut sebagai pembiasaan bagi dirinya.

  • Biarkan si kucing membuat asosiasi positif

Sebelum mandi, cobalah untuk meninggalkan makanan atau mainan favoritnya di dalam ruangan yang mencakup pemandangan mandi atau mengeringkan rambut. Langkah ini dapat merayu si kucing untuk datang ke dalam ruangan dan menciptakan reaksi positif mengenai kegiatan tersebut.

  • Jangan sungkan meminta bantuan

Ajak anggota keluarga untuk terlibat dalam usaha membiasakan mandi dan mengeringkan rambut dengan si kucing. Jika Anda memandikan si kucing untuk pertama kalinya, pertimbangkan untuk meminta anggota keluarga atau teman yang dikenal si kucing untuk membantu Anda melakukan proses itu dan memastikannya berjalan lancar.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai upaya membiasakan kucing dengan proses atau aktivitas mandi. Ketika kucing peliharaan Anda sudah mulai terbiasanya, cara memandikan kucing selanjutnya akan terasa lebih mudah. Setidaknya Anda dan kucing peliharaan tidak terlibat drama sebelum, selama, dan setelah proses memandikan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*