Ajak Bayi Berenang, Berikut Manfaat dan Tipsnya

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan orang tua bersama anaknya yaitu berenang. Selain menyenangkan, mengajak bayi berenang juga memberikan manfaat yang berguna untuk perkembangan bayi.

Manfaat mengajak bayi berenang yang baik untuk perkembangan si Kecil

Melatih dan Membangun Kekuatan Otot

Mengajak bayi berenang dapat membantu melatih dan membangun kepadatan otot di tubuh si Kecil. Saat di dalam air, bayi akan berlatih menggerakan lengan dan kaki, mengangkat kepala, serta membangun koordinasi antar otot di tubuh. Kepadatan air baik untuk meningkatkan kekuatan otot tanpa memberikan beban yang berlebihan bagi persendian. Berenang juga baik untuk melatih otot jantung, paru-paru, otak, serta pembuluh darah.

Meningkatkan Koordinasi Motorik dan Keseimbangan

Seiring dengan terbentuknya otot, maka koordinasi motorik dan keseimbangan tubuh bayi juga mulai terbentuk. Saat bayi berenang di dalam air, maka jarak antar kaki dan tangan serta koordinasi dengan matanya akan terlatih. Selain itu, bayi juga akan fokus menjaga keseimbangannya. Oleh karena itu, bayi yang diajak berenang sejak dini akan memiliki keterampilan motorik dan keseimbangan lebih baik saat berjalan nanti.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Saat berenang, tubuh bayi akan melakukan gerakan lintas pola, yaitu menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan. Gerakan kaki dan tangan secara silang saat bayi berenang di dalam air akan merangsang sel saraf dan membantu otak berkembang lebih baik. Hal ini bermanfaat untuk kemampuan membaca, perkembangan Bahasa dan akademik. Anak yang berenang punya kemajuan lebih pesat dibandingkan yang tidak.

Membangun Kepercayaan Diri Anak

Sebuah studi pada tahun 2010 menyatakan bahwa anak yang berenang sejak usia 2 bulan hingga 4 tahun menjadi lebih percaya diri, mampu beradaptasi, serta mandiri. Ketika mengajak bayi berenang untuk pertama kalinya, mereka akan merasakan tempat baru yang asing. Saat itulah anak belajar beradaptasi pada hal baru. Selain itu, bergabung dengan kelas berenang, bayi akan bertemu dengan teman sebayanya, melakukan kontak fisik dengan orang tua dan instruktur, mencoba permainan air sehingga membuatnya lebih percaya diri.

Meningkatkan Nafsu Makan dan Pola Tidur

Sebagai orang dewasa, setelah berenang pasti kita akan merasa lapar dan mengantuk. Begitu juga yang terjadi saat bayi berenang. Bermain di kolam renang dapat membakar banyak kalori dan memakan banyak energi pada bayi. Oleh karena itu, mengajak bayi berenang secara rutin bisa membantu meningkatkan nafsu makan karena ia butuh asupan kalori untuk mengisi kembali energinya. Anda juga bisa mengajak bayi berenang pada jam tertentu, misalnya sebelum waktu tidur siang. Setelah lelah bermain air, si Kecil merasa mengantuk sehingga tidur siangnya akan lebih cepat dan lelap.

Supaya kegiatan bayi berenang jadi kegiatan yang bermanfaat dan juga aman bagi bayi, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Gunakan baju renang yang tepat. Mengajak bayi berenang menggunakan pakaian biasa berbahaya bagi bayi karena bisa tergelincir dari pegangan Anda atau tubuh bayi terbawa air.
  • Hati-hati jika ingin menggunakan ban renang atau pelampung karena bayi bisa terjungkal dengan posisi kepala masuk ke dalam air saat memasangnya. Pastikan untuk selalu memegangnya dan berada di dekat bayi.
  • Jangan lepaskan perhatian Anda sedetik pun saat bayi berenang. Awasi juga keadaan di sekeliling kolam.
  • Pelajari tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika bayi tenggelam.
  • Bagi anak di bawah 6 bulan, lebih baik mengajak bayi berenang di kolam buatan sendiri atau menggunakan kolam renang plastik. selain karena air yang digunakan lebih bersih juga untuk menghindari keramaian di kolam renang umum.
  • Segera angkat bayi jika mulai kedinginan dan melapisi tubuhnya dengan handuk. Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat dengan bersih setelahnya.

Mengajak bayi berenang bisa memberikan berbagai macam manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun, selalu perhatikan tips-tips yang diberikan selama bermain air untuk mencegah risiko yang mungkin ditimbulkan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*