Apa Saja Manfaat Vitamin B Complex Bagi Kesehatan?

Vitamin B complex terdiri dari 8 jenis vitamin berbeda. Semua vitamin B memainkan peran penting dalam mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Setiap vitamin memiliki peran unik dalam menjaga kesehatan tubuh seseorang. Suplemen vitamin B complex mengandung semua vitamin B esensial dalam 1 pil. Beberapa dari suplemen tersebut bahkan mengandung 100 persen vitamin B dari asupan harian yang direkomendasikan (RDA). Banyak orang mendapatkan kebutuhan vitamin B mereka dari diet sehat dan beragam. Namun, Anda juga bisa mendapatkan vitamin B complex dari produk suplemen.

Vitamin B complex

Apabila sebuah produk mengandung vitamin B complex, produk tersebut harus memiliki vitamin-vitamin berikut ini, seperti:

  • Vitamin B1 (thiamine), yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi organ, termasuk otak dan jantung
  • Vitamin B2 (riboflavin), yang dibutuhkan tubuh untuk memecah lemak dan obat
  • Vitamin B3 (niacin), yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan. Dokter terkadang meresepkan niacin dalam dosis tinggi untuk membantu menurunkan level kolesterol ke kadar yang sehat
  • Vitamin B5 (asam pantothenic), penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf
  • Vitamin B6 (pyridoxine), yang membantu tubuh membuat sel darah merah baru, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin B6 juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat
  • Vitamin B7 (biotin), yang penting untuk kesehatan rambut, kuku, dan fungsi saraf
  • Vitamin B9 (asam folat), tubuh menggunakan folat untuk membuat DNA dan material genetik. Pada saat hamil, asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir tertentu
  • Vitamin B12 (cobalamin), yang dibutuhkan saraf tubuh dan sel-sel darah. B12 juga dapat mencegah pernicious anemia

Manfaat

Suplemen vitamin B complex dapat membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Jika seseorang memiliki gangguan kesehatan seperti migraine dan depresi, mereka bisa mendapatkan manfaat suplemen vitamin B complex.

  • Gangguan migraine

Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin B tertentu dapat membantu mencegah migraine, khusunya vitamin B6, B9, dan B12. Peneliti juga menyatakan bahwa B12 dapat membantu mencegah migraine dengan memengaruhi disfungsi mitochondrial yang terjadi pada level sel. Vitamin tersebut dapat ditoleransi dengan baik dan efektif dalam mengurangi frekuensi migraine pada orang dewasa, meskipun penelitian lanjutan dibutuhkan.

  • Depresi dan kecemasan

Studi tahun 2018 menyatakan bahwa level vitamin B12 memainkan peran dalam perkembangan dan presentasi depresi dan kecemasan. Studi tersebut melaporkan bahwa peserta yang memiliki depresi atau kecemasan memiliki level B12 yang rendah dibandingkan dengan peserta pada grup kontrol. Selain itu, studi skala kecil di India juga menyatakan bahwa defisiensi B9 dan B12 memainkan peran dalam kasus depresi dan kecemasan.

  • Luka kulit

Vitamin B dapat membantu menyembuhkan kulit. Sebuah studi menemukan bahwa, ketika dioleskan ke kulit, vitamin tersebut dapat membantu menyembuhkan kulit dengan lebih efektif. Studi lain juga menemukan bahwa B12 dapat mempercepat pemulihan luka pada tikus yang menderita diabetes.

  • Sariawan

Vitamin B12 dapat bermanfaat dalam membantu merawat sariawan, juga dikenal dengan istilah oral ulcer. Sebuah studi menemukan bahwa salep B12 dapat mengatasi nyeri lebih baik daripada placebo.

Ada baiknya Anda mendapatkan asupan vitamin B complex dari memakan makanan sehat dan bervariasi. Jiga tidak memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B complex yang banyak ditemukan di apotek.  Suplemen vitamin B complex umumnya aman dikonsumsi apabila mengikuti petunjuk label yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*