Bagaimana Cara Mengetahui Kalau Cocok Memakai Krim Wajah Tertentu?

cocok memakai krim wajah

Penggunaan kosmetik untuk kulit dan wajah atau pun skin care tentu tidak bisa langsung terlihat hasil dari pemakaian produk tersebut. Beberapa produk ada yang menunjukkan hasil sekitar 30 hari atau bahkan ada produk yang baru terlihat hasilnya setelah penggunaan beberapa bulan.

Meskipun begitu, ada beberapa orang yang cocok memakai krim wajah dan tidak. Lalu, apa kira-kira tanda yang menunjukkan kalau Anda cocok dengan produk tertentu dan apa gejalanya jika skin care yang Anda gunakan tidak cocok? Cek penjelasannya di bawah ini.

Cocok memakai krim wajah, apa tandanya?

Untuk mengetahui apakan Anda cocok memakai krim wajah atau tidak, sebenarnya mudah saja. Jika ada perubahan ke arah yang lebih baik pada kulit Anda, maka artinya produk tersebut berhasil melakukan tugasnya. Atau, dengan kata lain, produk tersebut cocok digunakan untuk kulit wajah Anda.

Jadi, jika Anda menggunakan produk yang dikhususkan bisa mencerahkan, menghapus bintik-bintik cokelat maka wajah Anda terlihat lebih cerah dan bintik-bintik yang terdapat pada wajah akan memudar sedikit demi sedikit.

Pun demikian jika Anda menggunakan produk yang menargetkan peradangan, kulit tampak kemerahan dan warna kulit tidak merata, maka semua gejala tersebut akan membaik seiring berjalananya waktu, jika produknya cocok dengan kulit Anda. Jangan lupa juga untuk mengambil foto sebelum dan sesudah menggunakan suatu produk.

Berapa lama biasanya untuk melihat hasil dari perawatan?

Perawatan kulit terbaik adalah dengan mencegahnya, yaitu membantu menghindari masalah alih-alih menyelesaikannya. Hasil dari penggunaan cream wajah akan sangat tergantung pada seberapa baik produk yang Anda gunakan. Beberapa perawatan kulit memiliki hasil yang instan, beberapa produk hasil dan efek instan yang berkembang seiring berjalannya waktu, dan perawatan kulit lainnya hanya dapat terlihat hasilnya seiring berjalannya waktu.

Misalnya pembersih muka dan masker wajah bekerja dengan cara yang instan. Produk kecantikan yang mengandung eksfolian dan esens biasnya membuat perbedaan sentuhan instan pada kulit, tetapi hasil visual biasanya tidak akan muncul sampai Anda menggunakan untuk beberapa saat.

Tanda perawatan kulit tidak berfungsi

Berikut ada beberapa tanda yang menurut ahlli kulit menandakan bahwa perawatan kulit Anda perlu diubah.

  • Mengalami gatal-gatal dan iritasi. Jika kulit Anda tidak cocok memakai krim wajah, tanda yang biasanya muncul adalah gatal atau iritasi. Hal tersebeut menandakan reaksi negatif terhadap produk yang sudah ada, atau yang biasa dikenal sebagai dermatitis kontak. Untuk mengetahui produk mana yang menjadi penyebabnya. Biasanya Anda hanya perlu menghentikan pemakaian saja, dan menggantinya dengan yang lebih ringan.
  • Kulit menjadi lebih kering. Hal ini biasanya muncul pada daerah tertentu, misalnya seperti sekitar mulut dan hidung.
  • Kulit mengalami kemerahan. Hal ini umumnya merupakan tanda rosacea dewasa. Kondisi umum yang menyebabkan benjolan merah dan pembuluh darah terlihat menyala di wajah Anda. Jika Anda mengalami hal ini, penting untuk menambahkan anti-inflamasi dalam rutinitas Anda. Serum niacinamide adalah bahan yang umum digunakan secara bebas. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa langkah-langkah lain dalam rutinitas Anda tidak semakin memperparah kemerahan akibat iritasi.
  • Kulit perih. Terjadinya pengelupasan yang berlebihan dapat merusak stratum korneum, pelindung terhadap patogen, mengekspos kulit, melemahkan fungsi pelindung kulilt dan memicu peradangan. Jika fungsi pelindung rusak, maka kulit rentan terhadap infeksi mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, serta menyebabkan sensitivitas dan iritasi.
  • Tidak ada peningkatan apapun. Misalnya saja jika Anda menggunakan produk jerawat, biasanya produk tersebut akan mulai bekerja dalam beberapa minggu, dan pelembab akan memperbaiki kulit dalam beberapa hari saja. Jika hal tersebut tidak terjadi, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti produk tersebut.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan cream wajah tersebut atau tidak. Jika sudah ada tanda-tanda atau gejala yang membuktikan bahwa produk tersebut tidak cocok untuk Anda gunakan, jangan segan untuk segera menggantinya atau menghentikan pemakaian untuk menghindari hal-hal yang tidka diinginkan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*