Biar Makin Sehat, Konsumsi 9 Makanan yang Mengandung Magnesium

makanan yang mengandung magnesium

Magnesium merupakan zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa yang terjadi apabila seseorang kekurangan zat magnesium? Detak jantung menjadi tidak stabil, kepadatan tulang berkurang (osteoporosis), kedutan, hingga tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya, memenuhi kebutuhan zat magnesium sangatlah penting. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium.

9 Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang memiliki peran aktif terhadap 300 reaksi enzim dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, magnesium turut menjaga tekanan darah dan memelihara sistem tubuh. Apa saja makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan mineral? Berikut ulasannya.

1. Gandum Utuh

Sebagian besar gandum mengandung magnesium tinggi, terutama tepung gandum yang pada umumnya mampu menyerap 160 miligram magnesium per cangkirnya. Anda bisa memulainya dengan menggunakan tepung gandum utuh dan tepung terigu putih, untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian.

2. Bayam

Apabila Anda suka mengonsumsi sayuran hijau, utamakan untuk mengonsumsi bayam, sayuran yang tinggi dengan kandungan magnesium. Bahkan bayam yang sudah direbus mengandung sekitar 157 miligram magnesium. Kandungan tersebut setara dengan sup bayam sebanyak satu mangkuk. Mengonsumsi sayuran tinggi magnesium baik dan bermanfaat untuk kepadatan tulang.

3. Cokelat Hitam

Tidak perlu menunggu hari valentine untuk mengonsumsi cokelat. Sebab, cokelat hitam  merupakan salah satu makanan yang mengandung magnesium cukup tinggi. Untuk 28 gram cokelat hitam, terdapat 64 milligram magnesium. Mulailah untuk  menambahkan cokelat hitam dalam daftar camilan sehat harian.

4. Kacang Hitam

Memang betul bahwa makanan yang terbuat dari kacang-kacangan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Tak terkecuali bagi kacang hitam yang memiliki kandungan zat magnesium cukup tinggi, yaitu 120 miligram magnesium per cangkir. Kacang hitam dapat diolah menjadi bubur maupun sup sayur kacang hitam.

5.  Edamame

Edamame juga merupakan kacang-kacangan yang dapat Anda temukan di pasar swalayan maupun di sejumlah restoran masakan jepang. Cara mengonsumi edamame sangatlah mudah, cukup direbus hingga lunak kemudian dikupas dan disantap langsung. Tanpa dibumbui apapun, edamame sudah gurih dan lezat untuk menjadi camilan sehat.

7. Alpukat

Makanan yang mengandung magnesium berikut adalah buah-buahan, yaitu alpukat. Buah ini sering dipakai sebagai bahan dasar jus maupun dimakan secara langsung. Per buahnya, terdapat kandungan 58 miligram magnesium dan setara dengan 16% RAH. Kandungan lemak pada alpukat juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin K dan B, serta kandungan kalium yang lebih banyak daripada pisang.

8. Tahu

Seperti yang kita ketahui bersama, masyarakat erat dengan masakan terbuat dari tahu. Makanan yang satu ini dapat diolah dengan cara digoreng, kukus, maupun ditambah dengan sup sayuran. Selain mudah ditemukan, tahu juga relatif murah dan mengandung sekitar 37 miligram magnesium per cangkir.

9. Pisang

Makanan yang mengandung magnesium selanjutnya adalah buah pisang. Buah yang satu ini tergolong populer, mudah didapatkan, lezat, dan mengandung magnesium tinggi. Satu buah pisang berukuran besar dapat ditemukan 37 miligram magnesium dan setara dengan 9% RAH.

Itulah informasi mengenai rekomendasi 9 makanan yang mengandung magnesium. Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari tidak harus mahal, Anda dapat menemukannya pada makanan sehari-hari yang mudah didapatkan di sekitar kita. Namun yang pasti, setiap makanan yang kita konsumsi harus memenuhi syarat gizi seimbang.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*