Buah dan Sayuran Untuk Bayi 1 Tahun

sayuran untuk bayi sebagai menu mpasi buah hati

Menyapih adalah proses di mana bayi tidak lagi bergantung pada ASI saja, tetapi juga mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Kapan dan bagaimana makanan dikenalkan pada bayi sangat penting untuk membangun kebiasaan makan yang sehat. Kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan bayi mulai mendapatkan makanan padat pada umur 6 bulan. 6 bulan merupakan waktu yang direkomendasikan karena pada usia ini bayi mulai membutuhkan nutrisi ekstra yang tidak ditemukan di susu, misalnya zat besi dan zinc. Makanan padat dalam jumlah yang sedikit dapat menyediakan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan. Anda bisa mengenalkan makanan seperti buah dan sayuran untuk bayi yang lembut dan lezat. 

Pada saat mencapai usia 12 bulan, anak membutuhkan sekitar 1000 kalori, 700 mg kalsium, 600 IU vitamin D, dan 7 mg zat besi setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan yang baik. Agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, buah dan sayuran untuk bayi yang dapat Anda berikan di antaranya adalah:

  • Pisang, persik, dan buah lunak lainnya

Usia satu tahun adalah usia di mana anak akan mulai menggenggam makanan dan mencoba makan dengan sendirinya. Pada usia inilah merupakan waktu yang baik untuk memperkenalkan makanan yang lunak. Buah yang segar dan lunak merupakan pilihan terbaik pada waktu peralihan ini. Tidak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil, buah menjadi sumber zat kimia tanaman bermanfaat yang dapat membantu menunjang kebiasaan makan yang sehat. Potong pisang, stroberi, buah persik, dan mangga dan dengan perlahan perkenalkan buah-buahan tersebut pada si kecil. Hindari potongan-potongan buah yang besar karena dapat membuat bayi tersedak. Apabila Anda ingin memberikan buah anggur, potong menjadi ¼ dan jangan pernah memberikannya dalam bentuk utuh pada bayi. Buah segar yang lunak juga dapat dibuat menjadi smoothie. 

  • Buah alpukat

Buah alpukat merupakan makanan yang sangat baik untuk bayi berusia 1 tahun. Buah ini memiliki tekstur yang creamy nan lembut sehingga cocok pada masa transisi dari susu ke makanan padat ini. Selain itu, buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi. 

Buah alpukat diperkaya dengan lemak yang sehat, yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak anak. Dalam 75 gram buah alpukat segar terdapat 9 gram lemak tak jenuh yang sehat. Anda bisa memotong dadu buah alpukat ataupun melumatnya agar lebih mudah dikonsumsi oleh anak. 

  • Brokoli, kacang polong, dan wortel rebus

Selain buah, terdapat banyak sayuran untuk bayi yang menyehatkan. Merebus sayur-sayuran seperti brokoli, kacang polong, dan wortel merupakan cara yang sangat baik dalam memperkenalkan bayi dengan grup makanan penting yang menyehatkan. Brokoli, wortel, dan kacang polong diperkaya dengan serat dan vitamin C. Selain itu, wortel mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata, dengan kacang polong yang kaya akan protein yang baik untuk perkembangan otot. 

  • Kacang tumbuk

130 gram kacang tumbuk mengandung 39% zat besi yang dibutuhkan anak setiap harinya. Kacang tumbuk kaya akan kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anak dalam menjaga sel darah yang sehat. Anda bisa menyajikan makanan ini bersama makanan yang kaya vitamin C seperti brokoli, tomat, dan ubi jalar agar anak dapat menyerap zat besi dengan lebih efisien. 

Mulai kenalkan anak usia 1 tahun dengan buah dan sayuran untuk bayi guna melengkapi kebutuhan nutrisi mereka yang tidak mereka dapatkan dari ASI saja. Dengan nutrisi dan gizi yang lengkap, bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*