Cara Agar Badan Lentur Bisa Melalui Ini

Setiap orang ingin memiliki badan yang ideal. Badan yang ideal tidak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, namun juga dapat membuat badan lentur. Cara agar badan lentur dapat dilakukan melalui berbagai hal, salah satunya termasuk yoga.

Cara Agar Badan Lentur

Cara agar badan lentur dapat Anda lakukan melalui gerakan latihan dan jenis olahraga berikut:

  1. Pemanasan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah pemanasan. Pada umumnya, pemanasan dilakukan sebelum Anda latihan atau bertanding di bidang olahraga. Pemanasan penting untuk dilakukan karena tidak hanya melatih bagian-bagian tubuh, namun juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Jika Anda melewatkan pemanasan, Anda bisa lebih berisiko terhadap cedera.

Berikut adalah beberapa gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan sebelum latihan atau bertanding:

  • Multi-directional lunge

Multi-directional lunge merupakan gerakan menekuk lutut ke berbagai arah.

  • Bridge with an arm extension

Bridge with an arm extension merupakan gerakan menyangga tubuh dengan lengan.

  • High knee skip

High knee skip merupakan gerakan yang dilakukan dengan mengangkat lutut sampai setinggi pinggang.

  1. Peregangan

Jika Anda ingin melakukan peregangan tubuh, Anda dapat melakukan gerakan statis atau dinamis. Berikut adalah beberapa contoh gerakan yang dapat Anda lakukan:

  • Rotational lunge

Rotational lunge merupakan gerakan yang menahan tubuh dengan mengangkat satu lutut ke depan dan membentuk sudut 90 derajat, dan tubuh bagian atas digerakkan ke kanan atau kiri secara bergantian.

  • Hugging your knee

Hugging your knee merupakan gerakan memeluk lutut dengan mendekatinya ke dada.

  • Arm circles

Arm circles merupakan gerakan memutar kedua lengan searah atau berlawanan dengan jarum jam.

  1. Yoga

Yoga juga merupakan cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melenturkan badan. Ada berbagai jenis yoga yang dapat dilakukan. Namun, untuk melenturkan badan, Anda dapat melakukan Hatha yoga atau Yin yoga.

Hatha yoga merupakan jenis yoga yang menggunakan kombinasi antara pose, pernafasan, dan meditasi. Yin yoga merupakan jenis yoga yang meregangkan jaringan ikat.

  1. Menari

Menari juga dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda lentur. Gerakan tari dapat meregangkan otot dan sendi. Contoh tari yang dapat membuat tubuh Anda lentur adalah zumba.

  1. Pilates

Pilates bertujuan untuk memperkuat inti tubuh. Namun, ada berbagai gerakan yang dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh seperti neck pull. Pilates juga berguna dalam mencegah ketegangan otot dan membantu otot bekerja secara optimal.

  1. Tai chi

Pada umumnya, tai chi merupakan gerakan yang melibatkan pernafasan untuk memberikan energi pada tubuh manusia. Namun, tai chi juga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

Manfaat Badan Lentur

Ada berbagai manfaat yang Anda peroleh jika Anda melakukan cara-cara yang dapat melenturkan badan Anda, antara lain:

  • Menenangkan pikiran

Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat pikiran Anda rileks dan tidak memiliki beban.

  • Menjaga keseimbangan dan postur tubuh

Gerakan-gerakan yang disebutkan di atas dapat menjaga keseimbangan dan postur tubuh Anda sehingga dapat mengurangi risiko gangguan pada tubuh seperti badan terasa pegal.

  • Mengurangi risiko cedera

Jika badan Anda lentur, tubuh Anda dapat menahan stres fisik. Hal tersebut dapat mengurangi risiko cedera pada tubuh.

  • Mengurangi risiko nyeri otot

Kelenturan tubuh juga melibatkan otot. Otot yang sering dilatih tidak akan terlihat kaku dan dapat mengurangi risiko nyeri pada bagian tersebut.

Kesimpulan

Cara agar badan lentur bisa dilakukan melalui berbagai hal. Anda juga sebaiknya lakukan cara-cara tersebut secara rutin supaya tubuh Anda terjaga dengan baik.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*