Khasiat Minyak Esensial Sebagai Cara Mengatasi Rambut Kering

Khasiat Minyak Esensial Sebagai Cara Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering bisa terjadi pada siapa saja. Ini merupakan kondisi yang umum tapi juga dapat menjadi tanda kerusakan rambut atau adanya kondisi penyakit di tubuh. Cara mengatasi rambut kering pun bisa dilakukan secara alami maupun dengan obat atau produk tertentu.

Cara utama adalah dengan gaya hidup sehat yang akan berpengaruh pada rambut yang sehat. Selain itu, penggunaan bahan alami juga populer untuk mengatasi rambut kering. Bahan-bahan tersebut juga banyak digunakan dalam kandungan untuk sampo, kondisioner, masker, essence dan tonik rambut.

Mengapa minyak esensial populer dan apa saja khasiatnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu minyak esensial dan mengapa populer?

Minyak esensial sedang populer sebagai pengobatan alami berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan rambut. Bahkan minyak ini juga telah populer selama ribuan tahun dan menjadi pengobatan alternatif, pengobatan timur, kosmetik dan homeopati. 

Kini banyak minyak esensial yang menjadi campuran untuk pembuatan sampo, kondisioner, dan serum rambut. Minyak esensial sendiri diekstraksi atau disuling dari tanaman melalui metode, seperti penguapan. 

Mereka dikenal dengan aromatiknya, kandungan sifat kimia yang kuat dan bermanfaat bagi kesehatan, serta dipercaya memiliki risiko efek samping yang rendah. Beberapa penelitian menunjukkan adanya khasiat dari minyak esensial ini untuk membantu rambut tumbuh hingga menambah kekuatan dan kilau.

Ada minyak esensial, ada juga minyak pembawa. Minyak esensial diketahui memiliki aroma yang lebih wangi sementara minyak pembawa memiliki bau yang lebih netral. Minyak esensial sangat terkonsentrasi, misalnya, untuk membuat satu pon lavender oil, dibutuhkan 220 pon bunga lavender.

Sementara minyak pembawa tidak harus disuling seperti minyak esensial. Minyak pembawa, antara lain coconut oil, jojoba oil, almond oil, dan olive oil. Meski sedikit berbeda dalam pembuatannya, beberapa penelitian telah menunjukkan keduanya memiliki khasiat yang sama bermanfaatnya untuk kesehatan rambut.

Minyak esensial yang berkhasiat sebagai cara mengatasi rambut kering

Beberapa minyak esensial ini memiliki khasiat untuk mengatasi rambut kering dengan memberi kelembapan. Berikut cara mengatasi rambut kering dengan minyak esensial:

Almond oil

Minyak dari kacang ini dapat menenangkan dan melembabkan kulit kepala. Mereka juga dapat melembutkan rambut, menguatkannya, serta memperbaiki rambut. Almond oil juga telah dipakai selama berabad-abad sebagai perawatan untuk mengobati kondisi kulit kepala kering dalam pengobatan Cina dan Ayurveda. Meski begitu, penelitian untuk efektivitas tersebut masih terus dilakukan.

Argan oil Maroko 

Argan oil menjadi obat rumahan populer untuk rambut kering. Mengutip Healthline, belum banyak studi yang meyakinkan tentang bagaimana atau apakah obat ini bekerja secara efektif, tapi tapi Anda bisa mencobanya. Memberikan beberapa tetes argan oil di ujung rambut dapat memberikan penampilan yang lebih kenyal. Ini juga berkhasiat untuk melembabkan, menutrisi, dan memberikan antioksidan pada rambut.

Peppermint oil dan lavender oil

Kedua minyak ini dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan. Lavender oil akan mengkondisikan rambut secara mendalam, membuatnya tetap berkilau, dan membantu mengendalikan ketombe. Peppermint oil akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama fase anagen (fase tumbuh aktif).

Coconut oil atau minyak kelapa

Coconut oil merupakan emolien alami yang mengisi celah di helai rambut Anda yang rusak oleh panas atau sinar matahari. Sebuah studi pada tahun 2005, menunjukkan bahwa coconut oil sangat baik dalam menembus serat rambut.

Coconut oil akan menghaluskan tiap helai rambut dan meningkatkan kilaunya, sehingga meningkatkan penampilan Anda. 

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Rambut Anda

Cara mengatasi rambut kering dengan minyak esensial hanya dibutuhkan dengan beberapa tetesnya saja. Anda dapat mencampur satu atau lebih jenis minyak ini dalam sampo atau kondisioner. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan tetes minyak esensial ke dalam 2 ons minyak pembawa.

Mencampur minyak argan, minyak peppermint, minyak lavender, dan minyak pembawa seperti minyak kelapa bersama-sama untuk membuat parfum rambut semprot cepat dapat melembabkan rambut yang kering. 

Mengoleskan beberapa minyak esensial langsung ke kulit kepala, bisa menyebabkan iritasi. Untuk itu, baca petunjuk cara mengencerkan dan menggunakannya sesuai yang telah tertera atau disarankan oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya. 

Campuran minyak yang telah diaplikasikan ke kepala, dipijat dengan lembut selama beberapa menit untuk membuatnya meresap serta melancarkan aliran darah. Setelahnya, Anda dapat menutupi kepala dengan handuk atau shower cap dan didiamkan sebentar atau segera dibilas. Tentukan metode yang paling cocok untuk kondisi rambut Anda

Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak-minyak tersebut. Jika tiba-tiba muncul, segera hentikan penggunaan. 

Cara mengatasi rambut kering bisa dilakukan dengan macam-macam minyak esensial di atas. Ada beberapa jenis minyak yang bisa Anda campurkan bersama dan diaplikasikan pada rambut atau kulit kepala yang bermasalah. Pastikan pemilihan minyak esensial tepat sehingga tidak ada reaksi efek samping yang merugikan.

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter dalam penggunaan dan pemilihan minyak esensial sebagai cara mengatasi rambut kering. Anda bisa berdiskusi dengan dokter atau ahli kecantikan lainnya di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Anda juga bisa menemukan lebih banyak informasi tentang cara mengatasi rambut kering di aplikasi SehatQ atau melalui website. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Play Store.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*