Cara Sehat Menggemukkan Badan yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Tetapi, ada sebagian orang lainnya justru setengah mati mencari cara menggemukkan badan agar bahan tidak terlihat kurus. Sama halnya dengan orang yang ingin menggemukkan berat badan, menaikkanya juga menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orang.

Meskipun demikian, tidak sembarang orang yang bisa mengklaim dirinya memiliki tubuh yang kurus. Secara medis, seseorang dapat dikatakan kurus juga memiliki indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 18,5. Cara menghitung IMT adalah berat badan dibagi 2 kali tinggi badan. Misalnya Anda memiliki berat badan 48 kg dan tinggi 64 cm, makan IMT yang dihasilkan adalah 17,8 alias kurus.

Menaikkan IMT ini pun, Anda tidak boleh sembarang menggemukkan tubuh dengan makan sebanyak-banyaknya. Ingat, kegemukan juga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Supaya Anda cepat gemuk dan tetap sehat, berikut tips menggemukkan badan yang aman untuk Anda lakukan:

  • Jangan minum sebelum makan karena bisa membuat lebih cepat kenyang.
  • Pakai piring yang lebih besar karena secara psikologis akan membuat Anda cenderung makan lebih banyak.
  • Tidur yang cukup untuk membantu pertumbuhan otot.
  • Utamakan makan makanan yang mengandung protein daripada sayur. Maksudnya, jika Anda makan dengan nutrisi yang lengkap, seperti nasi, daging, dan sayuran, maka sebaiknya Anda menghabiskan protein terlebih dahulu, baru mengonsumsi sayur.

Sama halnya seperti menguruskan badan, kunci dalam menggemukkan badan juga ada pada konsumsi kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika dalam menguruskan badan Anda harus mengurangi kalori, maka sebaliknya saat menggemukkan badan Anda butuh kalori lebih banyak dibanding orang pada umumnya. 

Makan lebih sering dengan diet yang sehat adalah kunci menggemukkan badan dengan cara yang sehat pula. Sebaiknya, Anda juga perlu mengiringi diet tersebut dengan berolahraga. Yang perlu Anda ingat, menggemukkan badan tidak bisa instan. Butuh komitmen jangka panjang dan kesabaran ekstra sebelum keluar dari stigma kurus dan memiliki indeks massa tubuh yang ideal dengan sehat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*