Dahak Di Tenggorokan, Apa Saja Penyebabnya?

dahak di tenggorokan

Setiap orang dihimbau untuk menjaga kesehatan. Jika tidak, maka manusia akan mengalami risiko pada tubuh. Ada berbagai risiko yang perlu diwaspadai pada tubuh, salah satunya termasuk dahak. Dahak di tenggorokan bisa terjadi pada siapapun.

Pemahaman Tentang Dahak

Dahak merupakan lendir yang yang memiliki tekstur yang kental, sangat licin, dan mengandung elemen tertentu seperti air.

Dahak memiliki kegunaan dalam melumasi tenggorokan dan sinus supaya dapat menjaga kelembaban tenggorokan. Meskipun demikian, dahak juga terjadi ketika mekanisme tubuh mencoba menangkal elemen-elemen asing yang menyebabkan infeksi atau iritasi. Hal tersebut merupakan alasan mengapa seseorang mengalami gejala yang disertai dengan dahak seperti batuk.

Karena dahak memiliki peran penting pada tenggorokan, dahak juga dihasilkan di dalam tubuh setiap hari. Sebagian orang juga mencoba mengeluarkan dahak setelah bangun tidur supaya mereka dapat menjaga kondisi mulut dan tenggorokan.

Penyebab Dahak

Dahak di tenggorokan merupakan hal yang wajar. Meskipun tidak disertai dengan gejala, dahak juga bisa timbul secara berlebihan. Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa mengalami kondisi tersebut, antara lain:

  • Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus dan dapat memicu pembengkakan pada bagian tersebut. Sinusitis juga menyebabkan saluran sinus mengecil dan menghasilkan dahak secara berlebihan. Lendir dahak yang menumpuk di tenggorokan akan membuat ketidaknyamanan pada bagian tersebut, bahkan penderita akan kesulitan tidur karena kondisi tersebut.

  • Alergi

Alergi merupakan kondisi yang terjadi karena sistem imun salah mendeteksi zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Karena kesalahpahaman tersebut, tubuh akan bereaksi secara berlebihan sehingga dapat mengeluarkan histamin.

Histamin dapat menimbulkan reaksi alergi. Ada berbagai macam kondisi tubuh yang terjadi akibat reaksi alergi, salah satunya termasuk mengeluarkan dahak secara berlebihan. Ada berbagai faktor yang dapat membuat manusia mengalami alergi, salah satunya termasuk alergi debu.

  • Infeksi

Dahak tanpa gejala juga disebabkan oleh infeksi. Dahak yang dihasilkan secara berlebihan dipengaruhi oleh mekanisme tubuh yang mencoba mencegah benda-benda asing berupa bakteri dan virus. Kedua hal tersebut dapat memicu infeksi pada tubuh.

  • Iritasi tenggorokan

Iritasi tenggorokan merupakan penyebab lain seseorang berdahak tanpa gejala. Hal tersebut terjadi karena mereka mengalami paparan seperti polusi.

  • Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung (GERD) merupakan gangguan kronis yang timbul ketika asam lambung naik ke esofagus sehingga dapat menimbulkan iritasi dan memicu dahak di dalam tubuh.

  • Obat-obatan

Ada sejumlah obat yang dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan dahak tanpa gejala, antara lain obat antihipertensi dan obat kemoterapi.

  • Pola hidup

Dahak juga timbul karena manusia memiliki pola hidup yang buruk dengan berada di ruang yang kering, tidak mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, dan merokok.

Cara Mengobati Dahak

Jika Anda mengalami dahak tanpa gejala dan ingin mengatasinya, Anda dapat mengobatinya dengan dua cara, antara lain:

  • Obat-obatan

Ada sejumlah obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi dahak, namun tergantung pada kondisi yang Anda alami. Contohnya, jika dahak disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda dapat menggunakan obat antibiotik.

  • Cara alami

Ada beberapa cara untuk mengatasi dahak dengan cara alami, antara lain:

  • Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.
  • Berkumur dengan air garam.
  • Jangan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok.
  • Mengatur kelembaban ruang dengan humidifier.

Kesimpulan

Dahak di tenggorokan tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Anda dapat mencoba berbagai cara untuk mengobati dahak tersebut dan cara-caranya sederhana. Untuk informasi lebih lanjut tentang dahak di tenggorokan, Anda bisa tanyakan persoalan tersebut ke dokter.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*