Dark Coklat, Rasa Pahit dengan Manfaat yang Manis

Coklat memiliki rasa yang manis dan membuat siapapun ketagihan, apalagi anak-anak. Tapi kalau kamu mengira bahan asli coklat memiliki rasa yang sama enaknya, tentu kamu salah besar. Coklat yang sering kamu temui di toko atau mini market awalnya berasal dari dark coklat atau coklat hitam. Coklat hitam diolah dari biji pohon kakao dan tanpa bahan tambahan apapun, sehingga rasanya cenderung lebih pahit. Rasa manis yang kamu rasakan dari makanan coklat berasal dari gula. 

merk dark coklat yang enak

Walaupun rasanya pahit, dark chocolate menyimpan banyak manfaat kesehatan. Sehingga walaupun memiliki rasa yang tidak terlalu menggugah selera, banyak orang yang gemar mengonsumsi dark coklat sebagai kudapan. 

Fakta Nutrisi Coklat Hitam

Kandungan gizi dark coklat tergantung dari kadar dan kualitas kakao yang terkandung di dalamnya. Umumnya, satu batang coklat hitam 100 gram dengan 70-85% kakao mengandung:

  • 11 gram serat
  • 600 kalori
  • Zat besi setara dengan 67% kebutuhan gizi harian
  • Magnesium setara dengan 58% kebutuhan gizi harian  
  • Tembaga setara dengan 89% kebutuhan gizi harian
  • Mangan setara dengan 98% kebutuhan gizi harian

Coklat hitam juga merupakan sumber kalium, fosfor, seng (zinc), selenium, asam lemak yang baik. Coklat hitam juga mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan dan stimulan kafein dan teobromin yang efektif membantumu lebih fokus dan terjaga di siang hari.

Manfaat Dark Coklat bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat mengonsumsi dark coklat bagi kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kesehatan kardiovaskular sangat penting agar jantung dan seluruh organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Ketika pembuluh darah terhambat atau tegang, pengiriman darah dan oksigen ke seluruh tubuh jadi tak lancar. 

Dark coklat mengandung antioksidan flavanol yang terbukti dapat merangsang lapisan arteri, endotelium, untuk memproduksi oksida nitrat (NO). Oksida nitrat berfungsi untuk membuat pembuluh darah rileks dan melebar sehingga aliran oksigen, darah, dan nutrisi bisa sampai ke seluruh tubuh dengan baik. Dengan begitu resistensi aliran darah dan risiko tekanan darah tinggi bisa menurun.

Mengonsumsi coklat hitam murni sebanyak 2 kali per minggu juga terbukti dapat menurunkan risiko pembentukan plak di arteri hingga 32% dan terhindar dari stroke dan kematian akibat penyakit jantung.

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Flavanol dalam cokelat hitam memiliki manfaat yang luas, termasuk menurunkan kolesterol LDL (jahat) yang telah teroksidasi sambil meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kolesterol LDL teroksidasi artinya kolesterol LDL telah bereaksi dengan paparan radikal bebas, sehingga meningkatkan kemampuan merusak jaringan tubuh seperti lapisan arteri di jantung. 

  1. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa dalam dark chocolate dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang terkena resistensi insulin. Resistensi insulin adalah kondisi dimana tubuh tidak peka atau tidak bisa merespon insulin dengan baik. Jika resistensi tidak ditangani dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

  1. Meningkatkan suasana hati

Coklat telah terkenal dapat memperbaiki suasan hati menjadi lebih baik. Hal ini karena senyawa dalam coklat hitam, termasuk flavonoid, merangsang aktivitas saraf di otak yang berkaitan dengan kesenangan dan penghargaan. Ketika hormon kesenangan dilepaskan, stres dan kecemasan akan berkurang. 

Catatan

Jika kamu ingin membeli dark coklat, pastikan pilih produk yang mengandung coklat hitam murni atau sedikit gula. Coklat hitam juga memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga pastikan kamu hanya mengonsumsi jumlah kecil coklat hitam dalam sehari.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*