Hadapi dengan Bijak, Ini Cara Mengatasi Suami Selingkuh

cara mengatasi suami selingkuh

Dalam hubungan rumah tangga, salah satu masalah yang bisa menjadi sumber konflik adalah masalah ketidaksetiaan. Bila Anda mencurigai suami Anda sudah beralih ke wanita lain, lakukan cara mengatasi suami selingkuh dengan bijak.

Jangan mengambil keputusan ketika Anda sedang marah atau emosi. Sebaiknya, hadapi ketidaksetiaan suami Anda dengan bijak. Dengan begitu, Anda mungkin masih berkesempatan untuk memulihkan kembali hubungan rumah tangga Anda.

Tanda-tanda suami selingkuh

Sebelum menuduh suami Anda berselingkuh, cobalah mengenali dulu tanda-tandanya dengan benar. Terkadang, bisa saja kecurigaan Anda tidak didukung dengan tanda yang sebenarnya.

Berikut ini ciri-ciri atau tanda dari suami yang selingkuh:

  • Berbohong dan menghindar

Ciri utama yang paling bisa dikenali adalah berbohong. Suami yang mulai berselingkuh pasti akan mulai menutupi kebenaran pasangannya. Mereka akan semakin banyak berbohong.

Anda bisa mendeteksi apabila suami berbohong atau tidak. Salah satunya dengan melihat apakah suami Anda terus menerus mencoba menghindar, atau bahkan sampai rela meninggalkan kepercayaannya.

  • Perubahan perilaku

Suami yang selingkuh pasti akan mengalami perubahan perilaku. Perubahan ini berhubungan dengan stres dan kecemasan yang mereka alami sendiri.

Hal ini memicu mereka untuk mengalami perubahan dalam segi kepercayaan diri, terus menerus berpikiran negatif, tidak ingin berdamai setelah bertengkar, dan menghindari topik-topik pembicaraan yang serius serta mendalam.

  • Perubahan dalam berhubungan seksual

Sebenarnya, pengurangan frekuensi berhubungan seks dalam hubungan suami istri adalah hal yang wajar. Akan tetapi, pada suami yang selingkuh, penurunan ini terlihat sangat drastis.

Suami Anda tidak lagi peduli pada Anda dan tidak ingin berhubungan intim. Atau bahkan, suami tetap mau berhubungan seksual dengan Anda, tapi ada banyak hal yang baru yang dilakukan selama berhubungan. Padahal, hal-hal tersebut tidak pernah Anda dan suami lakukan sebelumnya.

Cara mengatasi suami selingkuh

Lalu, bagaimana jika ciri-ciri di atas semuanya terjadi pada suami Anda? Apakah Anda sudah seratus persen yakin bahwa suami Anda selingkuh?

Kalau memang Anda mencurigai hal tersebut, cara mengatasi suami selingkuh dengan tepat adalah:

  • Ambil waktu untuk refleksi

Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk bercerai atau melabrak suami Anda. Sebaiknya, ambil waktu sejenak bagi diri Anda sendiri.

Pikirkan dengan matang, apa  yang Anda harapkan untuk masa depan pernikahan Anda? Apakah Anda bersedia memaafkan suami Anda dan memulai segalanya dari awal? Atau, sudah siapkah Anda bila Anda harus berpisah dan hidup sendirian?

Pikirkan hal ini dengan matang. Jangan sampai, keputusan yang Anda ambil saat emosi membuat Anda menyesal nantinya.

  • Kumpulkan bukti

Suami yang selingkuh pasti tidak akan mengaku dengan mudah. Karena itu, salah satu cara mengatasi suami selingkuh adalah mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya.

Bila ada bukti, suami Anda tidak bisa lagi mengelak. Bukti-bukti ini bisa Anda dapatkan dari mana saja, misalnya dari percapakan mereka di media sosial, foto kebersamaan mereka, dan lain sebagainya.

  • Jangan menyalahkan diri sendiri

Ini adalah hal yang penting. Jangan menyalahkan diri Anda sendiri atas ketidaksetiaan suami Anda. Kesalahan tetap ada pada orang yang berselingkuh.

Selingkuh dalam hubungan adalah suatu sikap yang egois. Meskipun selingkuh tidak dibenarkan, Anda mungkin tetap bisa mencari tahu alasan suami Anda berselingkuh, dan mencoba memahami alasan tersebut.

Namun, apa pun yang terjadi, jangan pernah menyalahkan diri Anda sendiri.

Itulah beberapa cara mengatasi suami selingkuh sebagai langkah awal. Lakukan apa yang menurut Anda tepat untuk dilakukan. Bagaimana pun, hubungan suami istri memerlukan kompromi dari kedua belah pihak.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*