Ini Ciri Krim Bermerkuri pada Krim Pencerah Wajah!

Ciri Krim Bermerkuri

Kini banyak sekali krim perawatan kosmetik yang sudah lebih aman untuk digunakan atau tidak berbahaya untuk kulit Anda. Namun, tetap saja banyak produsen nakal yang memasukkan kandungan berbahaya pada krim kosmetik Anda, misalnya saja kandungan merkuri. 

Berbagai ciri krim bermerkuri dewasa ini sudah lebih mudah untuk diketahui, salah satunya adalah memiliki bau yang menyengat. Umumnya, krim bermerkuri terdapat pada krim pencerah kulit yang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Apa sajakah efek sampingnya dan apa cirinya. Berikut penjelasannya!. 

Bahaya dari krim pencerah kulit bermerkuri

Krim pencerah kulit dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bintik dan bercak hitam pada kulit Anda, tetapi beberapa memiliki risiko kesehatan yang lebih serius lagi untuk Anda. Jika pencerah kulit Anda mengandung merkuri, bisa menyebabkan:

  • Merusak ginjal Anda tanpa disadari
  • Dapat melukai saraf Anda
  • Menyebabkan mati rasa permanen
  • Kesemutan di tangan, kaki, dan sekitar mulut Anda

Artinya, jika Anda memiliki anak yang menggunakan krim bermerkuri, maka penggunaan krim tersebut dapat membahayakan otak mereka yang sedang berkembang. 

Selain itu, setiap pasangan juga dapat mengalami masalah kesehatan yang serius jika produk pencerah kulit Anda mengandung merkuri. Mereka bisa mengembangkan keracunan merkuri, yang bisa menyebabkan iritabilitas, rasa malu, dan gemetar. Keracunan merkuri juga dapat menyebabkan masalah penglihatan, pendengaran ataupun keduanya. 

Apa ada tanda peringatan saat Anda mengoles krim merkuri ke kulit?

Ciri krim bermerkuri yang dioleskan pada kulit terkadang memiliki pertanda atau peringatan pada kulit. Beberapa diantaranya mungkin meliputi:

  • Kulit Anda akan terasa kasar dan kering saat Anda mengoleskan krim bermerkuri
  • Kulit terasa gatal
  • Anda mungkin bisa menjadi lelah, lemah, atau nyeri otot
  • Beberapa orang bahkan memiliki rasa logam pada mulut mereka

Dapatkah Anda mengetahui apakah pencerah kulit mengandung merkuri sebelum menggunakannya?

Terkadang itu mungkin, namun hal ini tidak selalu terjadi. Berikut hal yang dapat Anda lakukan. 

  1. Lihat daftar bahannya. Menurut World Health Organization (WHO), suatu produk mengandung merkuri jika Anda melihat salah satu dari bahan-bahan ini:
  • Calomel 
  • Cinnabaris
  • Hydrargyri oxidum rubrum
  • Air raksa

Jika Anda melihat kata merkuri pada daftar bahan, itu berarti juga produk tersebut mengandung merkuri. Misalnya saja, Anda mungkin melihat merkuri di tengah klorida, oksida merkuri, atau garam merkuri. 

  1. Periksa peringatan yang memberitahukan Anda untuk menjauhkan produk dari perak, emas, karet, alumunium, dan perhiasan, merkuri dapat merusak itu semua. 
  2. Intip warnanya jika Anda bisa. Produk yang mengandung banyak merkuri atau ciri krim bermerkuri  biasanya berwarna abu-abu atau krem. Namun, penting untuk diingat bahwa suatu produk bisa berwarna abu-abu atau krem tanpa mengandung merkuri. 

Meskipun berbahaya bagi kesehatan, merkuri uga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam secara efektif dan mencerahkan kulit Anda, merkuri pun juga merupakan bahan pencerah kulit yang murah. Hal inilah yang membuat krim pencerah wajah sering menggunakan merkuri dalam bahan bakunya. 

Bagaimana mencari pencerah kulit yang aman?

Untuk melindungi kesehatan Anda dan mendapatkan hasil yang Anda inginkan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan yang bersertifikasi sehingga Anda untuk kulit dan kesehatan Anda. Beberapa keuntungan menemui dokter kulit yang Anda dapatkan termasuk:

  • Mempelajari apa yang bisa mencerahkan kulit Anda. Pencerah kulit tidak selalu bisa menghilangkan bercak kulit yang lebih gelap. Misalnya, jika Anda menderita melasma yang berada jauh di dalam kulit, Anda mungkin memerlukan perawatan kimiawi atau laser. 
  • Pastikan Anda mendapatkan produk pencerah kulit yang terpercaya. Seorang dokter kulit dapat merekomendasikan produk yang akan mencerahkan kulit Anda atau memudarkan bintik hitam tanpa menggunakan merkuri. Beberapa pencerah kulit yang bisa Anda beli mengandung steroid yang kuat, jika Anda menggunakannya dalam waktu lama justru dapat merusak kulit Anda. 
  • Temuan kanker kulit. Seorang dokter kulit harus memeriksa kulit Anda untuk mengetahui tanda-tana kanker kulit sebelum Anda mulai menggunakan pencerah kulit. Terkadang, kanker kulit tampak seperti bercak penuaan atau bercak hitam di kulit. 

Jadi, untuk mendapatkan kulit yang cerah ada baiknya untuk langsung mendatangi dokter kulit yang terpercaya. Selain menghindari ciri krim bermerkuri yang dijual dipasaran, berkonsultasi dengan dokter kulit tentu dapat menghindari Anda dari berbagai masalah kesehatan. 

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*