Inilah Cara Mengobati Mata Merah Dan Berair Secara Alami

Mata merah dan berair merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama saat menguap, tertawa, atau menangis. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar dapat dilakukan cara mengobati mata merah dan berair mata berair dengan penanganan yang tepat.

Penyebab mata merah yang tidak serius masih bisa diatasi dengan obat tetes mata dari apotek

Mata berair terjadi ketika kelenjar pada kelopak mata memproduksi sedikit air mata untuk melembapkan mata dan menyingkirkan benda-benda asing di dalamnya. Selain itu, kelopak mata juga memiliki kelenjar lain yang memproduksi minyak untuk mencegah air mata menguap terlalu cepat.

Mata berair dapat terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering.

Mata kering inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebih sehingga menyebabkan mata berair. Mata berair juga bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran air mata.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan mata berair, yaitu

  • Faktor cuaca atau lingkungan, seperti asap, angin, atau sinar yang terlalu terang
  • Mata lelah
  • Paparan benda asing atau bahan kimia di mata
  • Flu
  • Alergi
  • Radang kelopak mata
  • Infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis
  • Bulu mata tumbuh ke dalam atau keluar
  • Efek samping obat-obatan
  • Penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid, kronis, tumor, dan Bell’s palsy
  • Efek samping terapi radiasi

Mata berair juga terkait dengan usia. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan orang yang berusia di atas 60 tahun.

Untuk meringankan keluhan yang tergolong ringan, ada beberapa cara alami mengobati sakit mata yang bisa Anda lakukan, yaitu

  1. Kompres kantung teh

Kandungan antioksidan dalam teh, seperti teh hijau, teh hitam, atau chamomile, dipercaya dapat meredakan keluhan pada mata, seperti mata bengkak, kering, dan mata merah. Untuk menggunakannya, pertama-tama dinginkan kantung teh basah di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin, kompres kantung teh tersebut pada mata yang sakit selama kurang lebih 20–30 menit. Lakukan 2–3 kali sehari.

  1. Tetes air garam steril atau larutan saline

Garam memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata. Air garam juga baik digunakan untuk membersihkan mata dan mengatasi Larutan saline biasanya dijual secara bebas dan tersedia di apotek. 

Untuk menggunakan larutan saline sebagai cara mengobati sakit mata secara alami, Anda bisa meneteskan beberapa tetes larutan saline pada mata yang sakit selama 3–4 kali sehari. Setelah itu, bersihkan mata dengan tisu dan hindari mengggosok mata dengan tangan.

  1. Kompres hangat

Kompres hangat dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit mata alami untuk mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata dan mengurangi nyeri pada mata. 

Cara menggunakan kompres hangat pada mata adalah dengan merendam kain bersih yang lembut pada air hangat, kemudian angkat kain tersebut dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit dengan kain hangat ini selama 15–30 menit. Lakukan pengompresan ini sebanyak 2–3 kali sehari.

  1. Kompres dingin

Tidak jauh berbeda dengan kompres hangat, kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan juga untuk mengurangi pembengkakan dan memar pada mata. 

Cara mengompres pun hampir sama. Hanya saja, kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama beberapa saat sebelum digunakan. Lalu, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10–15 menit.

Nah, inilah cara mengobati mata merah dan berair secara alami yang bisa dilakukan dengan rumah. Jika Anda mengalami masalah dengan indera penglihat ini, segeralah atasi dengan tepat.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*