Intip Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-Anak

Beberapa tahun ke belakang, teknologi telah menjadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Penggunaan teknologi ini tidak terikat pada umur seseorang. Rasanya, kelompok umur berapa pun akrab dengan teknologi, khususnya gadget. Tidak heran penggunaan teknologi ini sering berujung pada perilaku kecanduan gadget.

Berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Medis Anak Cohen di New York yang mengambil data dari 65 keluarga, menyatakan bahwa setidaknya 97% dari responden memiliki perangkat digital layar sentuh. Dari data tersebut juga menunjukkan, bahwa secara umum anak-anak sudah mulai menggunakan gadget pada usia 11 bulan atau kurang dari setahun. Hal ini menegaskan fakta, bahwa banyak anak yang lebih mahir menggunakan perangkat digital, bahkan sebelum mereka dapat berbicara, membaca, atau melakukan kegiatan lain.

Waspadai Perilaku Kecanduan Gadget yang Menghambat Tumbuh Kembang Anak

Perilaku kecanduan gadget ini cukup berbahaya bagi anak. Pasalnya, anak akan secara terus menerus menggunakan gadget hingga ia tidak memiliki ketertarikan akan hal lain. Idealnya, pada usia awal pertumbuhan anak, mereka perlu untuk dibimbing melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat pada pertumbuhan fisik dan psikis.

Lois Holzman selaku Direktur East Side Institute mengatakan bahwa kegiatan bermain dapat membantu anak untuk tumbuh secara sehat. Kegiatan bermain dapat membantu anak dalam proses pertumbuhannya untuk menjadi manusia sosial. Ketika bayi bermain dengan orang tua, proses tersebut melibatkan keterampilan bahasa dan berkomunikasi. Pada saat inilah, seharusnya bayi mulai belajar.

Cara untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak

The Bezos Foundation, sebuah Yayasan yang didirikan oleh CEO Amazon, Jeff Bezos, merancang sebuah program bernama Vroom yang bertujuan untuk membantu orang tua mengatasi perilaku kecanduan gadget pada anak. Dari program ini, orang tua akan belajar untuk membangun interaksi dengan buah hati. Kegiatan di dalamnya berupa game sederhana yang dapat merangsang aktivitas otak usia dini dan juga memaksimalkan kegiatan sehari-hari, seperti waktu bersarapan bersama untuk saling berkomunikasi.

Lain halnya dengan sebuah program canggih, Susan Neuman, seorang profesor untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Literasi di New York University, merekomendasikan kegiatan membaca buku untuk bayi dan anak usia 6 bulan untuk dilakukan. Kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.

Langkah lain untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, yaitu:

  • Membangun komunikasi dan percakapan dengan anak.
  • Membuat permainan sederhana yang melibatkan kegiatan interaksi.
  • Membaca buku untuk membantu anak mengenali tata bahasa dan komunikasi non-lisan.
  • Membatasi waktu penggunaan gadget.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*