Jangan Dibiarkan, Atasi Hidung Mampet Sebelah dengan Cara Ini

Pernahkah Anda merasakan hidung mampet sebelah? Terkadang, hidung tersumbat tidak selalu terjadi ketika Anda menderita pilek atau flu. Meskipun, kedua penyakit ini adalah penyebab paling utama dari hidung yang mampet.

obat dekongestan membantu mengatasi masalah hidung tersumbat

Ada banyak kemungkinan penyebab lain yang bisa mempengaruhi sumbatan pada hidung Anda. Upaya untuk mengatasi hidung tersumbat ini perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Cara mengatasi hidung mampet sebelah

Sebenarnya, hidung yang tersumbat disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah yang ada pada sinus. Peradangan ini akan menyebabkan iritasi dan berujung pada gejala hidung tersumbat.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut:

  • Meningkatkan hidrasi tubuh

Saat hidung mampet, pastikan Anda terus mempertahankan hidrasi tubuh dengan banyak minum air. Perlu diketahui, sumbatan pada hidung juga bisa saja terjadi karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Meningkatkan asupan air bisa membantu dalam mengencerkan lendir di saluran hidung. Mungkin saja, lendir inilah yang membuat hidung Anda terasa mampet. 

Anda bisa mengonsumsi minuman apa saja untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Mulai dari air mineral, minuman olahraga, bahkan jus. Tapi, hindari mengonsumsi teh, kopi, atau alkohol.

  • Menggunakan humidifier

Dalam beberapa kasus, peradangan di pembuluh darah dalam sinus bisa juga disebabkan oleh kondisi udara di sekitar Anda yang terlalu kering. Ini akan menyebabkan hidung mampet sebelah.

Udara yang kering bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya suhu udara yang terlalu panas. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat pemakaian pendingin ruangan yang berkepanjangan. 

Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan humidifier di dalam ruangan. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari kemungkinan risiko hidung mampet.

  • Kompres hangat

Menggunakan kompres hangat juga bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi hidung mampet sebelah. Kompres ini akan bekerja dengan cara membuka saluran hidung Anda dari luar.

Untuk mengompres, cobalah gunakan handuk kemudian rendam ke dalam air hangat. Peras handuk sampai kering, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Anda.

Hangatnya kompres ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda yang merasakan sakit. Selain itu, sensasi hangat ini juga mampu meredakan peradangan di lubang hidung Anda. 

  • Mengonsumsi sup hangat

Ada solusi lain untuk mengatasi hidung mampet sebelah dengan cara yang menyenangkan, yaitu mengonsumsi sup hangat.

Anda bisa menikmati sup ayam, sup sayur, atau sup apapun yang Anda suka. Konsumsilah sup tersebut selagi masih hangat, dan masalah hidung tersumbat Anda pasti bisa diatasi dengan mudah.

Karena sup masih hangat, maka sensasi hangatnya juga bisa bekerja dengan membuka saluran pernapasan Anda dari luar maupun dari dalam.

  • Mengonsumsi permen peppermint

Banyak orang mengonsumsi permen peppermint untuk melegakan tenggorokan saat batuk. Tapi, sebenarnya, selain mengatasi batuk, peppermint juga baik untuk mengatasi hidung tersumbat.

Di dalam permen peppermint terdapat kandungan bahan aktif berupa mentol. Mentol ini merupakan dekongestan alami yang efektif untuk mengencerkan kotoran di dada Anda. 

Hal ini secara tidak langsung juga akan berdampak pada sumbatan di saluran pernapasan dan hidung Anda. Oleh sebab itu, konsumsilah permen peppermint saat hidung mampet.

Cobalah melakukan cara-cara di atas untuk mengatasi hidung mampet sebelah. Apabila hidung mampet disebabkan oleh pilek, maka coba atasi dengan mengonsumsi obat pilek.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*