Jangan Diremehkan, Atasi Mimisan Saat Hamil dengan Cara Ini

Mimisan saat hamil terjadi akibat perubahan hormonal

Dalam beberapa kasus, wanita hamil bisa saja mengalami mimisan di tengah masa kehamilannya. Mimisan saat hamil bisa menimbulkan kekhawatiran, karena diduga berpengaruh pada kondisi kandungan.

Meskipun mimisan adalah hal yang normal, tapi sebaiknya jangan abaikan kondisi ini, khususnya jika terjadi saat hamil. Segera cari tahu apa penyebab mimisan tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Cara mengatasi mimisan saat hamil

Langkah paling penting yang harus Anda lakukan adalah menghentikan pendarahan atau mimisan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Menahan bagian hidung

Pertama-tama, posisikan tubuh Anda dalam keadaan terduduk. Kemudian, gunakan jari untuk mencubit atau menekan bagian lunak pada hidung, tepatnya di bagian atas lubang hidung. 

Berikan tekanan pada cubitan Anda. Lakukan selama kurang lebih 10-15 menit untuk menghentikan pendarahan. 

  • Jangan memiringkan kepala

Banyak orang mengira bahwa mimisan perlu dihentikan dengan cara bersandar atau memiringkan kepala ke belakang. Ini adalah langkah yang tidak tepat, karena malah akan memicu penumpukan darah di bagian kepala Anda.

Selama mencubit hidung, pastikan posisi kepala tetap tegak. Gerakan ini akan menurunkan tekanan di pembuluh darah untuk memperlambat pendarahan. 

  • Bernapas dengan mulut

Ketika mengalami mimisan saat hamil, tidak jarang Anda akan kesulitan untuk bernapas. Terkadang, bernapas pun akan membuat darah terasa mengalir ke bagian belakang tenggorokan.

Hindari hal ini dengan mencondongkan tubuh ke arah depan ketika mencoba bernapas dengan mulut. Ini akan mengarahkan darah agar mengalir ke hidung, bukan ke tenggorokan Anda. 

  • Kompres dengan es

Solusi lainnya, Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk mengompres hidung Anda. Gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin atau diisi dengan es batu, kemudian tempelkan di atas hidung. 

Menggunakan kompres dingin ketika mimisan saat hamil bisa membantu mengurangi aliran darah, sehingga pendarahan pun bisa dihentikan dengan lebih cepat. 

Apakah mimisan normal terjadi saat hamil?

Sebenarnya, normal atau tidaknya mimisa tergantung pada setiap orang. Bila selama ini Anda rentan mengalami mimisan, khususnya sejak sebelum kehamilan, maka mimisan bisa jadi bukan hal yang berbahaya.

Akan tetapi, jika Anda semakin sering mengalami mimisan saat hamil, maka kemungkinan besar mimisan ini memang berhubungan dengan kondisi kehamilan Anda. Lalu, apa yang mempengaruhi mimisan ini? 

Penyebab utama kondisi mimisan yang terjadi terus-menerus di masa kehamilan adalah perubahan hormon. Anda tentu tahu bahwa selama hamil, akan ada perubahan pengaruh hormon di dalam tubuh Anda. 

  • Hormon estrogen

Estrogen adalah salah satu hormon kehamilan yang juga akan memicu berbagai perubahan pada tubuh Anda. Hormon ini bisa melebarkan pembuluh darah, membuat pembuluh darah di hidung lebih mudah terbuka dan mengalami pendarahan. Inilah yang menyebabkan mimisan. 

  • Hormon progesteron

Progesteron juga merupakan hormon kehamilan. Hormon ini memicu peningkatan suplai darah selama hamil. Suplai darah yang meningkat akan memberikan tekanan pada pembuluh darah halus di hidung dan memicu pendarahan atau mimisan. 

Selain kedua hormon di atas, mimisan juga bisa terjadi karena selaput lendir di hidung membengkak dan mengering, misalnya saat Anda berada di ruangan dingin terus-menerus atau ketika menderita pilek, dan memicu hidung mengalami mimisan.

Anda tidak perlu panik apabila mengalami mimisan saat hamil. Namun, bukan berarti gejalanya boleh diremehkan. Segera lakukan upaya perawatan mandiri untuk mengatasi pendarahan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*