Ketahui Arti Fobia dan Cara Penanganannya

Arti fobia yaitu suatu reaksi ketakutan yang berlebihan dan tampaknya tidak rasional. Jika Anda memiliki kondisi fobia, maka Anda mungkin akan mengalami rasa takut atau panik yang berlebihan ketika Anda bertemu dengan sumber ketakutan Anda. Ketakutan ini dapat berupa tempat, situasi, atau objek tertentu. Tidak seperti gangguan kecemasan umum, fobia pada umumnya berhubungan dengan sesuatu yang lebih spesifik.

Dampak arti fobia dapat berkisar dari mengganggu hingga sampai menghambat aktivitas sehari-hari. Orang yang memiliki fobia sering menyadari ketakutan mereka tidak rasional, tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal, rasa takut yang timbul seperti itu dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, dan hubungan pribadi.

Diketahui ada sebanyak 19 juta orang Amerika yang memiliki fobia yang sudah dalam tahapan menimbulkan kesulitan di beberapa bidang kehidupan mereka. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kondisi fobia, segeralah untuk mencari bantuan dokter jika Anda memiliki rasa takut yang mencegah Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Penyebab Fobia

Faktor genetik dan lingkungan dapat menyebabkan timbulnya kondisi fobia. Selain itu, jika anak-anak yang memiliki kerabat dekat yang mengalami gangguan kecemasan berisiko mengalami fobia. Ada berbagai peristiwa yang bisa menimbulkan fobia, seperti hampir tenggelam, menempati ruang terbatas, berada di tempat dengan ketinggian ekstrim, dan gigitan binatang atau takut karena serangga. Hal itu semuanya bisa menjadi sumber fobia.

Orang dengan kondisi medis yang masih dialami atau sedang memiliki masalah kesehatan sering memiliki fobia. Ada insiden tinggi bahwa orang yang mengembangkan fobia setelah cedera otak traumatis. Tidak hanya itu, penyalahgunaan zat atau obat dan gangguan kesehatan mental seperti depresi juga terkait dengan fobia.

Fobia atau ketakutan ini memiliki gejala yang berbeda dari penyakit mental yang lebih serius, contohnya seperti skizofrenia. Pada penyakit mental seperti skizofrenia, orang yang mengalaminya akan memiliki halusinasi visual dan pendengaran, delusi, paranoia, gejala negatif seperti anhedonia, dan gejala tidak teratur. Sedangkan arti fobia mungkin terasa lebih tidak rasional, tetapi orang dengan gangguan fobia tidak gagal saat diperiksa dalam pengujian realitas.

Faktor Risiko Fobia

Seseorang yang memiliki kecenderungan genetik terhadap kecemasan mungkin berisiko tinggi untuk mengembangkan fobia. Selain itu, fobia tertentu juga dapat ditentukan karena faktor seperti usia, status sosial ekonomi, dan jenis kelamin. Contohnya, wanita lebih cenderung mengalami ketakutan atau fobia terhadap hewan. Anak-anak atau orang dengan status sosial ekonomi rendah lebih cenderung memiliki fobia terhadap kondisi sosial. Sedangkan pria merupakan biasanya memiliki fobia pada dokter gigi dan dokter.

Gejala Fobia

Gejala fobia yang paling umum terjadi dan melumpuhkan adalah serangan panik. Ciri-ciri serangan panik antara lain:

  • Jantung berdebar 
  • Napas menjadi sesak
  • Bicara secara cepat atau justru tidak mampu untuk berbicara 
  • Mulut menjadi kering
  • Sakit perut
  • Mual-mual
  • Tekanan darah menjadi tinggi
  • Gemetar
  • Sesak atau nyeri pada dada 
  • Timbul sensasi seperti tersedak
  • Kepala menjadi pusing atau sakit kepala
  • Menjadi berkeringat 

Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki kondisi fobia mengalami serangan panik saat bertemu dengan pemicu fobia.

Pilihan Pengobatan Fobia

Perawatan untuk fobia dapat melibatkan teknik terapeutik, obat-obatan, atau kombinasi keduanya.

Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah pengobatan terapi yang paling umum digunakan untuk mengobati fobia. Pengobatan ini menggunakan sumber ketakutan namun intensitasnya tetap terkontrol. Perawatan ini juga dapat membantu menghilangkan kondisi seseorang dan mengurangi kecemasan.

Terapi untuk mengatasi fobia ini lebih berfokus untuk mengidentifikasi dan mengubah pikiran negatif, keyakinan disfungsional, dan reaksi negatif terhadap ketakutan yang muncul. Teknik CBT baru menggunakan teknologi realitas virtual untuk mengekspos orang ke sumber fobia mereka dengan aman.

Pengobatan

Fobia juga dapat diatasi menggunakan obat antidepresan dan anti-kecemasan karena membantu menenangkan reaksi emosional dan fisik terhadap rasa takut. Seringkali, kombinasi pengobatan dan terapi profesional dapat membantu.

Jika Anda memiliki arti fobia, penting bagi Anda untuk mencari pengobatan. Mengatasi fobia mungkin bisa jadi sulit, tetapi masih ada harapan untuk pulih dan terbebas dari rasa takut. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat belajar mengelola ketakutan Anda dan menjalani kehidupan yang produktif dan memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*