Khasiat Sagu dalam Resep Bubur Mutiara Olahan Sagu

Selain nasi, Indonesia mengenal banyak sekali makanan yang digunakan sebagai sumber karbohidrat. Walaupun nasi masih menjadi mayoritas bahan makanan yang dikonsumsi oleh orang Indonesia, kita juga harus mengenal sagu. Sagu adalah bahan makanan Indonesia yang tidak banyak ditemukan di luar negeri. Kandungan sari pati sagu diperoleh dengan mengolah hasil batang rumbia yang banyak diproses di Indonesia Timur, misalnya Papua dan Maluku. Sagu juga merupakan bahan baku untuk membuat mutiara yang sering dibuat resep bubur mutiara.

Resep bubur mutiara mudah dibuat untuk takjil buka puasa

Tak hanya dijadikan bubur mutiara, banyak yang menggunakan sagu sebagai bahan dasar dalam pembuatan kue. Sehingga, sagu memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi. Selain itu, banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sagu.

Khasiat Sagu Bahan Baku Bubur Mutiara

Karbohidrat murni menjadi kandungan nutrisi yang paling banyak di dalam sagu. Karbohidrat termasuk dalam makronutrien yang digunakan oleh tubuh sebagai bahan energi. Selain itu, sagu memiliki kandungan fosfor, zat besi, kalsium, serat dan lemak jenuh dalam jumlah yang sedikit.

Kandungan yang terdapat dalam sagu memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Karbohidrat yang memberikan banyak energi.

2. Amilase yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol tinggi dan trigliserida.

3. Memiliki kandungan serat untuk memperbaiki kesehatan sistem pencernaan.

4. Dapat digunakan untuk meningkatkan produksi enzim pencernaan pada pasien gastroenteritis atau muntaber.

5. Meningkatkan kesehatan sendi dengan adanya glukosamin yang menyebabkan peningkatan cairan sinovial pada selubung sendi dan tendon.

Berbagai manfaat tersebut dapat kita dapatkan dengan mengonsumsi sagu yang dapat diolah menjadi banyak sekali hidangan termasuk resep bubur mutiara. Ada banyak sekali variasi olahan sagu yang dapat kita konsumsi. Tentu rasa sagu sangat identik dengan lidah orang Indonesia, sehingga berbagai olahan gampang sekali cocok dengan selera semua orang.

Berikut ini beberapa olahan sagu yang dapat anda beli atau buat sendiri di rumah:

1. Kue Rangi

Olahan sagu yang berasal dari Betawi ini adalah sagu yang dicampur dengan parutan kelapa dengan diolesi saus gula merah. Sering juga disebut dengan sagu rangi memiliki rasa manis, gurih dan harum. Biasanya kue rangi dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu. Kue rangi lebih nikmat ketika dihidangkan dalam keadaan hangat sembari ditemani oleh kopi atau teh panas.

2. Bubur Sagu Mutiara

Jika digabungkan dengan santan maka terciptalah paduan sagu yang bernama bubur sagu mutiara. Biasanya sajian ini sering muncul ketika bulan bulan Ramadan tiba. Banyak sekali resep bubur mutiara dengan berbagai variasi tambahan topingnya. Namun, penggunaan sagu menjadi bahan utama karena mudah dan enak dibuat.

3. Papeda Sagu

Tepung sagu dapat diolah menjadi makanan pokok khas Indonesia bagian timur. Cara mengolahnya cukup dengan melarutkan tepung sagu sembari dimasak di atas api kecil hingga mengental dan matang. Sekilas tampak seperti bubur namun kenyal sehingga dijamin akan menggugah selera Anda.

4. Ongol-ongol Sagu

Sebenarnya ongol-ongol lazim menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Namun ternyata tepung sagu juga dapat digunakan sebagai adonan untuk membuat makanan khas yang berasal dari Jawa Barat ini. Kudapan ini dibuat dengan mencampurkan kelapa parut yang sudah dikukus dengan larutan tepung sagu dan dimasak hingga adonan mengental sampai berubah warna menjadi cokelat gelap.

5. Sagon

Tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa ini cukup populer sebagai makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Sagon bakar memiliki rasa yang enak dan renyah. Cara membuatnya cukup mudah dengan menggunakan kelapa yang sudah disangrai. Kemudian dicampurkan dengan tepung gula dan dipanggang dengan suhu lebih dari 150 derajat Celcius.

Nah, dapat kita simpulkan bahwa sagu memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, mengonsumsi sagu juga dapat kita lakukan dengan berbagai macam variasi olahan khas Indonesia salah satunya resep bubur mutiara. Selamat mencoba berbagai resep olahan sagu dan jangan lupa merasakan manfaatnya untuk tubuh yang lebih sehat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*