Khawatir Obat Batuk Ibu dan Anak? Pengobatan Alami

Percaya atau tidak, batuk ternyata adalah sebuah hal yang baik. Batuk merupakan cara tubuh Anda dalam membersihkan saluran udara sebagai respon akan adanya iritan yang masuk. Namun, batuk juga dapat membuat Anda terjaga semalaman dan membuat aktivitas sehari-hari sangat tidak nyaman. Terkadang, batuk terasa tidak akan kunjung sembuh. Ada banyak obat over-the-counter atau OTC yang tersedia di apotek yang bisa membantu mengatasi batuk. Ada pula obat batuk ibu dan anak yang aman dikonsumsi oleh para ibu yang sedang menyusui.

Jika Anda kesulitan mengatasi batuk dan tidak ingin mengonsumsi obat batuk ibu dan anak, untungnya, kebanyakan kasus batuk akan sembuh dengan sendirinya tanpa adanya perawatan tertentu. Anda juga bisa mencoba pengobatan alami untuk membantu meredakan gejala batuk. Selain aman untuk ibu dan anak, pengobatan alami biasanya juga tidak akan menyebabkan efek samping yang berbahaya apapun. 

  • Madu adalah supresan alami batuk. Apabila Anda menyukai rasa manis madu, ada kabar baik. Cairan panas yang ditambah madu dapat menenangkan dan merawat batuk dalam waktu yang pendek. Anda bisa menggunakan air panas biasa atau teh panas favorit, dan kemudian tambahkan madu serta lemon sebagai penambah rasa. Madu yang langsung diminum dari sendok juga merupakan perawatan alami batuk lain yang murah, dan dengan manfaat yang telah dibuktikan. Dalam sebuah studi, anak-anak usia 2 tahun atau lebih dengan infeksi saluran pernapasan atas yang mengakibatkan mereka menderita batuk diberi madu hingga 2 sendok teh sebelum tidur. Tidak hanya hal ini mengakibatkan berkurangnya batuk di malam hari, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Studi lain juga menemukan bahwa madu dapat mengurangi batuk di malam hari pada anak-anak usia 2 hingga 18 tahun. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda tidak boleh memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun. Karena hal ini dapat menyebabkan sebuah kondisi yang disebut botulisme dan berpotensi mengancam nyawa. 
  • Minum cairan untuk hidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum cairan apapun, terutama cairan hangat seperti air panas dan sup ayam dan teh, merupakan perawatan alami lain yang dapat Anda lakukan saat batuk. Kebanyakan orang yang batuk mudah sekali menderita dehidrasi. Selain sebagai hidrasi, cairan juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan sumber infeksi atau virus yang dapat menyebabkan batuk, dan menenangkan tenggorokan yang nyeri yang mana merupakan gejala umum dijumpai menemani batuk. 
  • Berkumur dapat menyembuhkan batuk dengan lebih cepat. Anda bisa mencapur air hangat dengan garam dan berkumur menggunakan larutan tersebut. Dalam sebuah studi kecil, berkumur menggunakan air biasa dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas dan bahkan mencegah infeksi terjadi. Dalam sebuah studi lain, berkumur menggunakan air garam hangat juga memiliki manfaat dalam meringankan gejala demam dan mengurangi durasi gejala lain seperti batuk. 

Selain menggunakan cara alami di atas, Anda bisa mengonsumsi obat over-the-counter yang tersedia di apotek. Obat jenis ini biasanya aman digunakan sebagai obat batuk ibu dan anak. Apabila Anda khawatir seputar efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah konsumsi obat OTC, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan Anda tidak menderita gejala apapun yang tidak diinginkan. Batuk adalah cara tubuh membersihkan iritan dan benda asing yang ada di dalam saluran pernapasan. Dalam banyak kasus, batuk akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Namun, Anda bisa mencoba home remedy tersebut di atas untuk membantu meringankan gejala batuk yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*