Konsumsi Suplemen Zat Besi ketika Alami Gejala Ini

Suplemen zat besi sangat berguna bagi semua orang, khususnya bagi Anda yang mengalami anemia. Dengan mengonsumsi suplemen zat besi, pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dapat ditingkatkan sehingga peredaran oksigen di dalam tubuh juga lebih terkendali. 

Anemia sendiri merupakan suatu kondisi di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Banyak orang masih meremehkan kondisi kesehatan yang satu ini. Padahal jika dibiarkan, kekurangan oksigen di dalam tubuh bisa menimbulkan masalah serius yang sampai mengancam jiwa. 

Mungkin Anda berpikir bahwa selama ini tidak pernah terdiagnosa anemia sehingga tidak memerlukan bantuan suplemen zat besi. Betulkah demikian? Banyak penderita anemia nyatanya tidak menyadari ia sedang kekurangan sel darah merah sehat. Perhatikan tanda-tanda ini agar Anda bisa menyadari anemia sedari awal dan melakukan penanganan yang tepat. 

  1. Kelelahan 

Sebagian besar orang merasa kelelahan hanya bersifat sepele dan bisa segera ditangani dengan mengambil istirahat lebih. Padahal jika kelelahan tersebut adalah pertanda anemia, rasa lelah justru bisa bertambah berat ketika Anda bangun tidur. Kelelahan yang tidak kunjung hilang ini patut dicurigai sebagai anemia. Cobala mengonsumsi suplemen zat besi dan rasakan perubahan apa yang terjadi pada diri Anda. 

  1. Sakit Kepala 

Penderita anemia kerap mengeluhkan rasa sakit kepala yang sering muncul secara mendadak. Kondisi ini terjadi karena aliran oksigen ke otak berkurang akibat minimnya sel darah merah sehat yang membawanya. Jika mengalami sakit kepala yang cukup parah, cobalah untuk segera duduk dan menarik napas panjang guna bisa meminimalkan gejala yang satu ini. 

  1. Kulit Pucat 

Jika Anda sering mengalami kondisi kulit pucat, tidak ada salahnya mencoba suplemen zat besi. Kulit pucat merupakan salah satu gejala anemia yang paling kentara. Selain kulit yang memutih karena kekurangan sel darah merah, gejala anemia terkait kulit lainnya adalah perubahan warna ke arah kekuning-kuningan. 

  1. Tangan dan Kaki Dingin

Anda sering merasa kedinginan, padahal kondisi udara yang sebenarnya tidak terlalu dingin? Kurang lancarnya peredaran oksigen di dalam tubuh dapat menyebabkan gejala ini. Anda akan sangat mudah merasa kedinginan, khususnya di bagian telapak tangan dan telapak kaki. Penyebab tersumbatnya oksigen dalam peredaran darah tubuh sendiri banyak disebabkan oleh kondisi anemia. 

  1. Telinga Mendesis 

Ketika mendengar suara desahan di telinga, mungkin Anda berpikir ada masalah dengan gendang telinga Anda. Hal tersebut mungkin saja benar. Namun, ada kemungkinan lain di mana telinga yang mendesis menandakan gejala anemia yang sudah cukup. Tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter apabila Anda sering menjumpai gejala ini. 

  1. Sesak Napas 

Orang-orang yang tidak mengalami masalah paru-paru ataupun jantung nyatanya tetap bisa merasakan gejala sesak napas. Kondisi yang melatarbelakanginya sangat mungkin adalah anemia. Tidak cukupnya sel darah merah sehat untuk membawa oksigen mengalir optimal ke seluruh tubuh turut berpengaruh ke sistem pernapasan sehingga menimbulkan kondisi sesak napas. Anda harus semakin rutin mengonsumsi suplemen zat besi apabila tahapan anemia Anda sudah masuk dalam gejala ini. 

  1. Dada Berdebar 

Tidak mengalir optimalnya oksigen ke seluruh bagian tubuh karena sel darah merah yang kurang juga bisa berdampak ke jantung Anda. Orang-orang dengan anemia yang cukup parah kerap merasakan dada berdebar yang menandakan jantung bekerja ekstra keras karena oksigen yang tidak maksimal. 

*** 

Selain mengonsumsi suplemen zat besi, segeralah berkonsultasi ke dokter apabila sering mengalami gejala-gejala anemia. Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang kaya zat besi juga dapat membantu meringankan gejala anemia yang Anda alami.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*