Lakukan Ini Sebelum Memberikan Obat Sakit Perut Anak

obat sakit perut anak

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut, terutama saat masih anak-anak. Umumnya, sakit perut pada anak bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan membutuhkan obat khusus. Anda dapat memberikan obat sakit perut anak yang mudah dijangkau. Namun sebelum itu, pastikan Anda mampu mendeteksi gejala yang dialami anak. Sebab dari gejala ini bisa dikenali apakah sakit perut tersebut pertanda penyakit serius atau bukan.

Perhatikan kondisi anak Anda sebelum mengobati sakit perutnya

Saat anak sakit perut, usahakan meminta penjelasan apa saja yang sedang dirasakannya. Kemudian Anda bisa menggunakan penilaian seperti di bawah ini:

  • Jika rasa nyeri kram ada perut maka bisa karena adanya gas yang menetap di dalam perut. Umumnya ini juga disertai dengan diare.
  • Saat anak merasakan nyeri di semua bagian dari perut, maka bisa Anda nilai sebagai bentuk gangguan sistem pencernaan, adanya infeksi virus, sembelit dan juga gas yang jumlahnya berlebihan.
  • Rasa nyeri kolik yang dirasakan anak dengan tanda sering datang dan pergi di sekitar perut dan kambuh mendadak, bisa menjadi tanda penyakit yang serius.
  • Sakit atau nyeri di sekitar perut tertentu seperti bawah pojok atau yang lainnya, bisa dinilai merupakan tanda masalah pada usus buntu, hernia, kantong empedu dan lain-lain.

Sementara itu, untuk bayi yang masih belum bisa menjelaskan rasa sakitnya, cobalah lakukan penilaian pada beberapa ciri berikut ini:

  • Terasa rewel tidak seperti biasanya.
  • Sering mengarahkan kaki untuk meringkuk ke arah perut.
  • Nafsu makan turun drastis atau bahkan tidak ingin makan sama sekali.
  • Muntah dan terjadi diare.

Jika hal di atas terjadi, Anda bisa segera membawa bayi tersebut ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Karena tubuhnya masih rentan dan perlu penanganan khusus.

Cara atasi sakit perut pada anak

Bagi anak-anak yang sudah bisa melakukan aktivitas mandiri, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai obat sakit perut anak:

  1. Istirahat

Aturlah jam dan waktu tidur anak agar bisa maksimal dan nyaman. Usahakan jangan memposisikan tidur anak secara tegak lurus. Karena bisa memicu asam lambung naik dan membuat rasa sakit pada perut. Jika kembung, bisa atur posisinya agar telungkup untuk menurunkan masalah kembung.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air putih sangat penting untuk melancarkan kinerja sistem pencernaan tubuh dan sistem peredaran darah sehingga membantu mengatasi sakit perut anak. Sementara itu, jika sudah sampai tahap muntah dan diare, bisa berikan air putih, susu maupun air tajin supaya anak tidak mengalami dehidrasi.

  1. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Berikan makanan yang mudah dicerna dan rasa tawar seperti nasi tim, pisang, bubur, pasta sedikit saus dan perasa.

  1. Konsumsi obat sakit perut alami

Anda bisa memberikan anak makanan obat sakit perut alami seperti yogurt dan teh chamomile. Kandungan bakteri baik di dalam yogurt bisa membantu mengatasi sakit perut dengan cara yang alami dan aman.

  1. Kompres dan mandi air hangat

Kompres air hangat di sekitar perut yang sakit bisa membantu meredakan rasa nyeri. Obat alami ini juga tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Banyak juga yang mengklaim jika mandi air hangat bisa membantu meredakan otot perut yang tegang.

Beberapa penjelasan obat sakit perut anak di atas bisa Anda pilih jika permasalahannya tidak begitu serius dan mengkhawatirkan. Jika sakit perut tidak kunjung sembuh atau justru semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*