Inilah Kebiasaan dan Makanan Penambah Hormon Testosteron

Inilah Kebiasaan dan Makanan Penambah Hormon Testosteron

Makanan penambah hormon testosteron dapat dikonsumsi khususnya bagi para pria yang ingin terhindar dari menurunnya produksi hormon testosteron. Hormon testosteron memiliki peran yang penting dalam kesehatan pria. Hormon testosteron diketahui dapat membantu menjaga massa otot, kepadatan tulang, dan dorongan seks. Produksi testosteron mencapai puncaknya pada awal masa dewasa pria dan turun sedikit setiap tahun setelahnya.

Ketika tubuh Anda tidak menghasilkan jumlah testosteron yang tepat, kondisi ini disebut dengan sebutan hipogonadisme. Kadang-kadang kondisi ini juga disebut “T rendah” juga. Pria yang didiagnosis dengan hipogonadisme dapat mengambil manfaat dari terapi testosteron. Selain itu, jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan dan makanan penambah hormon testosteron.

Berikut beberapa kebiasaan atau hal-hal yang dapat Anda lakukan atau makanan penambah hormon testosteron yang bisa Anda coba.

Tidur Malam Berkualitas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa kurang tidur dapat sangat mengurangi kadar testosteron pria muda yang sehat. Efek tersebut dapat terasa secara jelas setelah hanya satu minggu kurang tidur. Tingkat hormon testosteron akan menjadi sangat rendah antara jam 2 dan 10 malam. Peserta studi juga melaporkan penurunan rasa sejahtera karena kadar testosteron mereka turun.

Berapa banyak tidur yang dibutuhkan tubuh Anda tergantung pada banyak faktor. Kebanyakan orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur antara tujuh dan sembilan jam per malam agar dapat berfungsi dengan baik dan menjalani hidup yang sehat.

Menurunkan Berat Badan yang Berlebihan

Pria paruh baya yang kelebihan berat badan dengan kondisi pradiabetes juga cenderung memiliki kadar hormon testosteron rendah. Sebuah studi dari Jurnal Endokrinologi mengungkapkan bahwa hormon testosteron yang rendah sangat terkait erat dengan penyakit diabetes. Pria yang mempertahankan berat badan normal memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes total serta hipogonadisme.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Endokrinologi Eropa tersebut juga menegaskan bahwa menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan hormon testosteron Anda. Temuan ini tidak berarti Anda harus melakukan diet ketat. Cara terbaik untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat adalah melalui diet yang masuk akal dan olahraga secara teratur.

Dapatkan Makanan yang Mengandung Seng yang Cukup

Pria dengan kondisi hipogonadisme sering mengalami kekurangan nutrisi penting yaitu seng. Studi menunjukkan bahwa seng memainkan peran penting dalam mengatur kadar testosteron serum pada pria sehat. Selain itu, pria dewasa harus berusaha mendapatkan nutrisi sebanyak 11 mg seng setiap hari.

Makan makanan yang kaya nutrisi penting seperti seng ini dapat membantu mengatasi kadar hormon testosteron yang rendah. Anda bisa mengonsumsi tiram, daging merah, serta unggas yang diketahui memiliki kandungan seng yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan seng dari makanan seperti: 

  • kacang polong
  • kacang
  • kepiting
  • lobster
  • biji-bijian utuh.

Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi makanan mengandung seng tidak cukup untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Tubuh manusia adalah sistem yang kompleks yang membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral untuk kelancaran operasi.

The Endocrine Society melaporkan bahwa glukosa (gula) dapat menurunkan kadar testosteron dalam darah sebanyak 25 persen. Hal ini berlaku untuk peserta penelitian apakah mereka memiliki pradiabetes, diabetes, atau toleransi normal terhadap glukosa.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Kadar testosteron yang rendah dapat memengaruhi dorongan seksual dan suasana hati Anda. Kabar baiknya adalah bahwa olahraga justru dapat meningkatkan suasana hati dan merangsang bahan kimia dalam otak untuk membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih percaya diri. Olahraga juga meningkatkan energi dan daya tahan, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Pakar kebugaran merekomendasikan olahraga 30 menit setiap hari.

Itulah beberapa kebiasaan dan makanan penambah hormon testosteron yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter tentang pilihan perawatan Anda agar masalah seperti rendahnya kadar hormon testosteron bisa teratasi dengan baik.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*