Manfaat Scalling Gigi di RS Bhakti Mulia

RS Bhakti Mulia

Pengertian Scalling Gigi

Scaling gigi yang merupakan salah satu layanan prosedur medis di RS Bhakti Mulia dan root planing adalah pembersihan mendalam di bawah garis gusi yang digunakan untuk mengobati penyakit gusi.

Penyakit gusi disebabkan oleh lapisan lengket bakteri yang disebut plak. Plak selalu terbentuk di gigi, tetapi jika tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dalam plak dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Jika ini terjadi, gusi akan terlepas dari gigi dan membentuk celah yang disebut kantong. Plak kemudian terperangkap di kantong ini dan tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi secara teratur. Jika tidak diobati, penyakit gusi bisa menyebabkan tulang dan gigi tanggal.

Jika penyakit gusi terdeteksi lebih awal dan tidak merusak struktur di bawah garis gusi, pembersihan profesional harus dilakukan. Namun, jika kantong di antara gusi dan gigi Anda terlalu dalam, scalling gigi dan root planing mungkin diperlukan.

Sebuah penelitian pada Juli 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association menemukan bahwa scaling gigi dan root planing bermanfaat bagi pasien dengan periodontitis kronis (penyakit gusi yang telah berlanjut setelah gingivitis). 

Manfaat Scalling Gigi

Scaling gigi dan root planing dianggap sebagai standard pengobatan untuk penyakit periodontal kronis. Sebuah tinjauan tahun 2015 dari 72 artikel jurnal tentang prosedur ini menemukan bahwa prosedur tersebut mampu memperbaiki celah kantong antara gigi dan gusi rata-rata 0,5 milimeter.

Dengan mengurangi kantong yang berkembang di antara gigi dan gusi melalui scalling dan root planing, Anda akan mengurangi risiko kehilangan gigi, tulang, dan jaringan yang terkait dengan penyakit periodontal kronis.

Prosedur Scalling Gigi

Scalling gigi dilakukan dengan cara mengikis plak dan karang gigi yang telah menumpul pada bagian di antara gigi dan gusi. Dokter biasanya menggunakan alat yang disebut scaler dan kuret gigi, atau menggunakan alat yang lebih modern seperti laser atau alat ultrasonik.

Scalling gigi nantinya akan dilaksanakan bersama dengan root planning. Yaitu prosedur untuk menghaluskan permukaan akar gigi, sehingga gigi dan gusi dapat menempel dengan baik.

Resiko Scalling Gigi

Risiko scalling gigi termasuk minimal. Anda mungkin berisiko mengalami infeksi setelah prosedur, jadi dokter gigi Anda bisa meresepkan antibiotik atau obat kumur khusus untuk digunakan selama beberapa hari atau minggu.

Anda mungkin juga mengalami rasa sakit dan kepekaan selama beberapa hari setelah prosedur serta nyeri pada gusi Anda. Efek samping apa pun dari prosedur ini akan hilang dalam beberapa minggu. Jika tidak, hubungi dokter gigi Anda.

Setelah scalling gigi dan root planing, segera hubungi dokter gigi Anda jika Anda mengalami salah satu dari yang berikut:

  • nyeri yang memburuk
  • daerah tersebut tidak sembuh seperti yang diharapkan
  • demam.

Scalling gigi dan root planning mungkin memerlukan kunjungan ke dokter lebih dari satu kali. Dokter gigi kemungkinan juga akan meminta Anda untuk kembali untuk kontrol memastikan prosedur scalling gigi berhasil dan Anda tidak mengalami komplikasi seperti infeksi. Dokter gigi juga mungkin meminta Anda berkonsultasi kembali untuk prosedur lain jika kantong gusi tidak menyusut.

Anda harus melanjutkan prosedur perawatan mulut normal setelah pembersihan karang gigi dan root planing. Hal ini termasuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan dental floss secara teratur. Anda juga harus makan makanan yang sehat dan seimbang dan menemui dokter gigi untuk pembersihan rutin untuk mencegah kondisi sebelumnya kembali.

Jika Anda ingin melakukan scalling gigi, Anda bisa mengunjungi RS Bhakti Mulia yang berlokasi di di Jalan Aipda Ks. Tubun No. 79  Pal Merah, Jakarta Barat. RS Bhakti Mulia memiliki jam operasional selama 24 jam pada hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*