Me Time: Sebuah Upaya Tetap Waras untuk Ibu-Ibu

manfaat me time untuk kebaikan kesehatan mental

Menjadi seorang ibu merupakan tugas panjang, berat, dan melelahkan, walaupun mungkin itu tak pernah Anda rasakan. Namun, tahukah Anda jika rutinitas dan rasa bosan secara perlahan akan mengikis kondisi kesehatan mental seseorang. Di tengah segala banyaknya kewajiban yang harus dijalankan, cobalah sisihkan waktu barang sedikit untuk me time ya, bu!

Me time merupakan waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri dan ditujukan untuk memulihkan kondisi jasmani dan rohani yang lelah. Selain itu, me time juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain yang bagus untuk seseorang. 

Ibu-ibu yang memiliki karier di luar, mungkin, menjadi kelompok orang yang paling membutuhkan me time. Pasalnya, selain memiliki kewajiban di ranah internal, mereka mungkin membawa beban baru dari pekerjaannya tersebut. Jika Anda ada di posisi tersebut, pintar-pintarlah membagi waktu dan pastikan Anda selalu menyisihkan me time di sana lantaran kegunaannya yang sangat penting untuk Anda.

  • Mengapa Ibu Perlu Me Time?

Setelah Anda menjadi seorang ibu, Anda akan menghadapi banyak sekali tantangan yang harus dilewati dan banyak hal baru yang secara otomatis membuat waktu Anda berkurang. Tak mengherankan kalau Anda tidak memiliki waktu untuk sekadar merawat diri atau memanjakan diri sendiri. Padahal, me time bagi para ibu-ibu sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk tetap waras. 

Selain itu, me time dapat membuat pikiran ibu menjadi lebih jernih, menurunkan tingkat stres, bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Karena seseorang yang memiliki perasaan bahagia cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit jantung.

Masalahnya, kerap kali Anda tidak merasakan tanda-tanda bawah tubuh Anda lelah, bahkan cenderung mengabaikan walaupun sudah mengerti bahwa mereka butuh waktu untuk istirahat. Alasannya, tentu saja karena menjadikan semua tugasnya sebagai prioritas utama yang tak bisa ditunda barang sedikit saja. Kondisi akan bertambah parah jika masih memiliki buah hati yang perlu pengawasan lebih, pasti Anda bakal memberikan seluruh waktu Anda untuknya.

Namun, yang harus diingat adalah bahwa keadaan ibu yang tidak cukup baik bakal memiliki efek tertentu terhadap segala hal yang menjadi kewajiban Anda. Kemungkinan segalanya akan menjadi berantakan bakal selalu ada. Maka dari itu Anda harus menyempatkan untuk melakukan me time untuk menyegarkan kembali pikiran dari keseharian yang melelahkan. 

  • Tanda Ibu Perlu Mendapatkan Me Time

Yang bisa merasakan Anda sedang butuh me time atau tidak tentunya hanya diri Anda sendiri. Jadi Anda harus menyadari dan memahami sinyal-sinyal yang menandakan kapan untuk berhenti sejenak. Mungkin, kondisi-kondisi seperti; sudah mulai mudah terpancing emosi, mudah marah, sering merasa lelah, dan mudah capek, bisa menjadi indikator bahwa ibu butuh meluangkan waktu sejenak untuk me time

Tanda–tanda lainnya adalah; pola tidur yang berantakan, mudah lelah, dan asam lambung yang meningkat. Ingat! Anda membutuh waktu senggang untuk beristirahat. Me time dapat dilakukan 15 hingga 30 menit saja, Anda bisa istirahat untuk memulihkan tenaga agar segar kembali. Jika Anda sudah merasa lelah, tetapi terus memaksa melakukan kegiatan maka Anda akan mengalami penurunan kesehatan mental. 

***

Berdasarkan apa yang tertulis di atas, meluangkan waktu sejenak dan mendapatkan me time menjadi penting jika beban dan tuntutan hidup Anda cukup padat. Jangan abaikan tanda–tanda alamiah tubuh. Lupakan sejenak semua pekerjaan, berhenti, dan beristirahatlah. Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan bisa meningkatkan kembali produktivitas Anda. Itulah gunanya me time; sebagai upaya menjaga menjaga kesehatan raga dan jiwa tetap dalam kondisi yang prima.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*