Melindungi Diri dengan Antis dan Cuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan di musim pandemi seperti sekarang sangat penting menjadi upaya pencegahan Covid-19. Anda baiknya membersihkan tangan setiap kali hendak mencuci wajah atau ketika habis memegang benda di tempat umum. 

Ada dua pilihan pembersihan tangan yang dapat Anda lakukan. Pertama dengan menggunakan produk pembersih tangan, seperti Antis, yang mengandung alkohol tinggi sehingga mampu membunuh virus dan bakteri. Namun lebih ampuh lagi, Anda membersihkan tangan menggunakan air dan sabun antibakteri. 

Antis dapat Anda gunakan setiap saat dan di manapun Anda butuhkan untuk membersihkan tangan. Sementara itu jika memang di lokasi Anda ada keran air, lebih baik Anda tetap mendahulukan cuci tangan menggunakan air. Tentunya pula, jangan asal dalam mencuci tangan. Agar hasilnya efektif membunuh virus dan bakteri yang ada di tangan Anda, ketujuh langkah ini harus ada dalam kegiatan cuci tangan Anda. 

  1. Basahi Tangan 

Jangan memakai sabun terlebih dahulu. Urutan yang benar justru Anda harus terlebih dahulu membahasahi tangan dengan air ketika hendak mencuci tangan. Tangan yang basah akan membuat sabun yang Anda gunakan lebih banyak mengeluarkan busa dan menempel di seluruh permukaan kulit. Upayakan ketika mencuci tangan, Anda menggunakan suhu air yang hangat di antara 35—45 derajat Celsius. Namun jika tidak memungkinkan, membasahi tangan dengan air keran tanpa mengukur kadar suhunya pun tidak menjadi masalah. 

  1. Gosok Telapak Tangan

Setelah tangan Anda basah dan sabun sudah dilumuri di telapak tangan, tahap selanjutnya adalah membiarkan sabun itu tersebar dengan cara menggosok telapak tangan Anda. Gosokkan telapak tangan yang satu ke telapak tangan yang lain dengan gerakan melingkar. Buat gerakan tersebut searah jarum jam dan lakukan gerakan sebaliknya yang berlawanan dengan arah jarum jam. 

  1. Gosok Punggung Tangan 

Tentu bukan hanya telapak tangan yang perlu dibersihkan, bukan? Bagian belakang telapak tangan juga sangat penting dibersihkan, apalagi areanya termasuk yang terluas di tangan. Anda bisa menggosok bagian punggung telapak tangan dengan menggunakan telapak tangan dari tangan sebelahnya. Jadi jika ingin menggosok punggung tangan kiri, gosok dengan telapak tangan kanan. Lalu jika ingin menggosok punggung tangan kanan, gosoklah dengan telapak tangan kiri. Gerakan yang sama tidak hanya berlaku ketika Anda membersihkan tangan dengan sabun, melainkan juga ketika Anda menggunakan Antis sebagai handsanitizer

  1. Tautkan Jari 

Bagian sela jari kerap kali terlewat ketika Anda sedang membersihkan tangan. Padahal, di tempat tersebut sangat mungkin berkumpul kuman, bakteri, maupun virus yang siap menginfeksi Anda. Maka ketika mencuci tangan, jangan lupa untuk menautkan jari-jari Anda. Satukan telapak tangan yang berhadapan dan kaitkan jari yang satu dengan jari yang lain. Kemudian, Anda tinggal menggosok kedua telapak tangan. Secara otomatis, sela-sela jari pun akan ikut tergosok dan dapat bebas dari virus maupun bakteri. 

  1. Bersihkan Bagian Buku Jari 

Tidak sulit sebenarnya membersihkan bagian buku-buku jari. Anda hanya perlu merapatkan jari-jari Anda dan mengatupkannya. Setelah itu, gosokkanlah bagian tangan yang sudah terkatup tersebut ke telapak tangan sebelahnya. Lakukukan pada tangan dan tangan kiri agar seluruh bagian buku tangan menjadi bersih. 

  1. Bersihkan Ibu Jari 

Pada saat mengaitkan jari ataupun mengatupkannya, ibu jari sering kali terlewat dan tidak bisa terkait. Perlu langkah khusus untuk membersihkan ibu jari ketika Anda mencuci tangan. Anda hanya perlu melingkarkan tangan Anda di sekitar ibu jari, kemudian menggosoknya dengan tangan yang satunya lewat gerakan memutar. Lakukan hal yang sama terhadap ibu jari tangan satunya. 

  1. Gosok Telapak Tangan dengan Jari 

Menggosok telapak tangan pada awal cuci tangan lebih bertujuan membuat busa sabun menyebar. Namun, Anda perlu membersihkannya sekali lagi pada akhir kegiatan mencuci tangan. Anda hanya tinggal menggosok telapak tangan dengan ibu jari dari tangan yang satunya. Lakukan gerakan tersebut untuk kedua belah telapak tangan Anda. Barulah Anda bisa membilas tangan secara keseluruhan dengan air mengalir. 
Tidak sulit bukan untuk mencuci tangan dengan benar? Namun, mencuci tangan juga jangan dipaksakan. Apabila memang tidak air bersih di tempat Anda sekarang, membersihkan tangan menggunakan handsanitizer terpercaya, seperti dari Antis, justru lebih baik.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*