Memahami Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika terjadi penurunan jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin. Anemia defisiensi vitamin B12 dan folat terjadi ketika kekurangan salah satu vitamin ini mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi sel darah merah yang berfungsi penuh. 

Ada beberapa jenis anemia, dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda. Bentuk paling umum dari kondisi ini adalah anemia defisiensi besi. Di sinilah tubuh Anda kekurangan zat besi yang cukup untuk menjaga sel darah merah Anda berfungsi dengan baik. Bentuk anemia lainnya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan atau folat dalam tubuh Anda.

Vitamin B12 tidak hanya membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah, tetapi juga membantu menjaga kesehatan sistem saraf Anda. Folat bekerja dengan vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah, dan juga penting bagi wanita hamil, karena membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang.

Vitamin B12 ada dalam daging, telur, dan produk susu, tetapi juga dapat ditemukan di beberapa sereal dan produk kedelai yang diperkaya. Sumber folat terbaik adalah sayuran hijau, seperti brokoli, brussel sprout, asparagus dan kacang polong, serta buncis dan beras merah.

Kekurangan vitamin B12 jarang terjadi pada orang yang lebih muda, dan paling sering terjadi pada orang yang berusia di atas 75 tahun. Kekurangan folat juga paling umum terjadi pada orang yang berusia di atas 75 tahun. Orang yang mengikuti diet vegan ketat cenderung lebih beresiko mengalami kekurangan vitamin B12. Gejala anemia defisiensi vitamin B12 dan folat yang paling umum adalah badan. Gejala dapat berbeda dari orang ke orang,ejala termasuk:

  • Sesak nafas
  • Kelemahan otot
  • Pucat abnormal pada kulit
  • Glossitis (lidah bengkak)
  • Kehilangan nafsu makan / penurunan berat badan
  • Diare
  • Mual
  • Detak jantung cepat
  • Lidah halus atau lembut
  • Kesemutan di tangan dan kaki
  • Mati rasa di ekstremitas

Salah satu tes yang digunakan untuk mendiagnosis berbagai bentuk anemia adalah hitung darah lengkap. Tes ini mengukur berbagai bagian darah Anda. Dokter Anda dapat memeriksa jumlah dan tampilan sel darah merah Anda. Mereka akan tampak lebih besar dan terbelakang jika Anda menderita anemia defisiensi vitamin B12 dan folat. Dokter Anda juga akan mengumpulkan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik.

Dokter Anda perlu melakukan lebih banyak tes darah untuk melihat apakah defisiensi vitamin B12 menyebabkan anemia Anda. Tes ini juga akan membantu mereka melihat apakah kekurangan vitamin B-12 atau folat yang menyebabkan kondisi tersebut.

Satu tes yang mungkin digunakan dokter Anda untuk membantu mendiagnosis anemia defisiensi vitamin B12 dan folat adalah tes Schilling, tes darah kemampuan Anda untuk menyerap vitamin B-12. 

Bagaimana Anda dan dokter Anda memutuskan untuk mengobati anemia defisiensi vitamin B12 dan folat pada apa yang menyebabkannya. Rencana perawatan Anda juga dapat memperhitungkan usia dan kesehatan Anda secara keseluruhan serta respons Anda terhadap perawatan.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*