Mengenal 4 Layanan 24 Jam RS Hasanah Graha Afiah

RS Hasanah Graha Afiah

RS Hasanah Graha Afiah menjadi salah satu rumah sakit yang cukup banyak memiliki layanan unggulan bagi masyarakat yang berdomisili di kota Depok dan sekitarnya. Layanan 24 jam juga tersedia di rumah sakit ini dengan penanganan dan sumber daya yang maksimal.

Tiap rumah sakit pasti memiliki layanan 24 jam, namun bisa saja memiliki jenis layanan yang berbeda. Apa saja jenis layanan 24 jam yang tersedia di RS Hasanah Graha Afiah?

Fungsi layanan 24 jam

Secara umum, rumah sakit berfungsi untuk memberikan jaringan keamanan untuk mereka yang membutuhkan akses untuk perawatan kesehatan, termasuk bagi mereka yang membutuhkannya di malam hari dan akhir pekan. Biasanya di waktu-waktu tersebut cukup banyak akses layanan kesehatan yang tidak tersedia atau libur.

Faktanya, justru pada waktu-waktu sensitif tersebut banyak sekali pasien yang masuk dan membutuhkan penanganan rumah sakit. Terutama bagi mereka yang membutuhkan penanganan gawat darurat atau emergency.

Bagian gawat darurat atau biasa disebut dengan Unit Gawat Darurat (UGD) atau Instalasi Gawat Darurat di rumah sakit adalah layanan 24 jam bagi pasien yang membutuhkan penanganan medis yang darurat. Hampir sebagian besar rumah sakit di Indonesia memiliki unit ini. 

Layanan 24 jam tidak hanya terbatas pada pelayanan gawat darurat saja, namun juga layanan lainnya baik untuk pasien baru maupun pasien yang sudah dirawat di rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sesuai kondisi yang dialami.

Layanan 24 jam di RS Hasanah Graha Afiah

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas pelayanan mendesak, RS Hasanah Graha Afiah menyediakan pelayanan 24 jam yang terdiri dari:

  1. Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Bagian IGD siap menangani berbagai kasus kesehatan yang memerlukan penanganan darurat selama 24 jam dan ditangani oleh tenaga medis profesional dan berpengalaman. Selain itu, IGD juga telah dilengkapi dengan peralatan lengkap dan sesuai standar penanganan dini. 

  1. Instalasi farmasi

Unit Farmasi menyediakan akses kebutuhan farmasi selama 24 jam di rumah sakit. Unit ini juga melayani rawat jalan maupun rawat inap dan didukung dengan obat-obatan yang lengkap serta tenaga profesional sehingga dapat memberikan pelayanan secara akurat waktu dan optimal. 

  1. Instalasi Laboratorium

Pada unit laboratorium tersedia layanan untuk pemeriksaan patologi klinik dan patologi anatomi selama 24 jam. Didukung dengan peralatan berteknologi canggih dan juga dokter spesialis patologi klinik dan anatomi.

  1. Instalasi Radiologi

Unit Radiologi melayani semua pemeriksaan radiologi dasar. Unit ini didukung oleh dokter spesialis radiologi dan peralatan berteknologi memadai untuk melayani radiologi dasar, fluoroskopi (HSG, appendiogram, BNO-IVP, dan lain-lain), serta USG.

Alamat RS Hasanah Graha Afiah:

Jl. Raden Saleh No.42, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16412

Telepon: (021) 77826267

Jenis kondisi medis yang membutuhkan penanganan darurat

Ada beberapa jenis kondisi medis yang membutuhkan penanganan darurat. Jika kondisi medis tersebut terjadi, maka pasien harus mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin karena bisa berisiko kehilangan nyawa atau kerusakan permanen pada tubuh. Kondisi-kondisi tersebut antara lain:

  1. Pendarahan

Pendarahan yang dimaksud tak hanya luka maupun robekan yang menyebabkan darah keluar sangat banyak, namun juga cedera parah yang bisa menyebabkan pendarahan internal yang tidak bisa terlihat. Kondisi pendarahan yang membutuhkan penanganan medis segera adalah jenis pendarahan yang tidak bisa dikendalikan meski sudah diobati, ada objek di dalam luka, luka terlalu dalam sehingga jaringan atau tulang terlihat, atau pendarahan hebat yang menyebabkan pasien kehilangan banyak darah.

  1. Sesak napas

Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa mengalami sesak napas, dari yang ringan hingga berat. Akan tetapi jika kondisi medis ini terjadi mendadak, maka bisa menjadi tanda berbahaya terutama jika diikuti dengan beberapa gejala seperti sakit saat mengambil napas, sulit mengambil napas, bernapas cepat atau lambat dari biasanya, atau napas berbunyi.

  1. Pingsan

Seseorang yang berada dalam kondisi pingsan sudah pasti membutuhkan penanganan medis, sebab kondisi kesadaran atau pernapasannya bisa terdampak. Ada banyak alasan medis yang jadi penyebab seseorang pingsan dan harus segera ditangani oleh tenaga medis profesional, terutama jika pasien tersebut terlihat tidak bernapas. 

  1. Kejang

Kejang umum terjadi pada pasien yang mengalami epilepsi namun juga bisa terjadi pada pasien dengan kondisi medis lainnya. Apapun penyebabnya, seseorang yang mengalami kejang harus segera mendapatkan penanganan medis. 

  1. Serangan jantung atau stroke

Serangan jantung dan stroke adalah kondisi medis gawat darurat yang berpotensi menyebabkan seseorang kehilangan nyawa. Sebab keduanya bisa disebabkan suplai darah yang tidak mengalir dengan lancar ke jantung atau otak. 

Mengetahui lokasi dan nomor kontak rumah sakit terdekat sangat penting bila sewaktu-waktu Anda mengalami kondisi gawat darurat tersebut di atas. Bila Anda berdomisili di kota Depok, RS Hasanah Graha Afiah bisa jadi pilihan rekomendasi rumah sakit penyedia layanan 24 jam yang baik. 

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*