Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Orang dengan Kepribadian INFJ

kepribadian infj

Pernah mendengar istilah kepribadian INFJ? Nah, ini merupakan istilah yang berasal dari kata introverted, intuitive, feeling, dan judging.

INFJ adalah salah satu jenis kepribadian yang memiliki sifat idealisme yang cukup tinggi. Orang dengan kepribadian INFJ ini sangat fokus pada masa depan dan suka berkontemplasi tentang makna kehidupan.

Kelebihan Kepribadian INFJ

Sebenarnya tipe kepribadian yang satu ini sangat langka. Katanya di muka bumi ini hanya ada 1-3 persen saja orang dengan kepribadian ini.

Selain menerapkan nilai-nilai yang dimilikinya memberikan perubahan psitif jangka panjang, ada lagi berbagai kelebihan dari kepribadian ini. Apa saja sih kelebihan orang dengan tipe INFJ ini? Simak selengkapnya berikut ini.

  • Memiliki Idealisme Tinggi

Mereka dengan tipe kepribadian INFJ ini punya idealisme yang tinggi. Mereka memiliki pola pikir yang idealis dan diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Sehingga tidak hanya sekadar konsep belaka. Dari pola pikir dan tindakan inilah mereka dapat membawa perubahan positif dan signifikan berjangka panjang.

  • Perhatian dan Lembut

Orang dengan tipe kepribadian INFJ ini merupakan sosok yang lembut, perhatian terhadap orang lain serta kreatif. Mereka memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain di sekitarnya.

  • Intuitif

Orang INFJ biasanya sangat intuitif, yaitu dapat memahami sesuatu serta menyerap informasi dengan intuisi yang dimilikinya. Mereka juga sangat mudah membangun empati pada sesama.

  • Memiliki Hubungan Dekat dengan Orang Lain

Meskipun seorang introvert, INFJ dapat membangun koneksi yang bermakna dan kuat dengan orang lain. Mereka tidak segan membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya. Tapi, orang dengan kepribadian INFJ ini butuh ruang dan waktu untuk “mengisi energi” setelah menjalin komunikasi dengan orang lain.

Kelemahan Kepribadian INFJ

Selain memiliki kelebihan, kepribadian INFJ tentu juga memiliki kelemahan. Berikut yang menjadi kekurangan dari sosok INFJ:

  • Sukar Ditebak

Sosok INFJ memang sukar ditebak. Mereka bisa tenggelam dengan pikirannya sendiri, terlebih ketika mereka berkontemplasi mengenai berbagai topik berat maupun makna kehidupan.

Mereka tidak suka menceritakan permasalahannya selain pada orang yang paling dekat dengannya.

  • Terlalu Sensitif

Kombinasi idealisme dan rasa empati yang tinggi membuat mereka menjadi orang yang terlalu sensitif. Bahkan, sebagian besar keputusan yang diambil biasanya condong pada pertimbangan personal dibanding fakta objektif.

Dalam situasi yang cukup genting sekalipun, INFJ juga memprioritaskan emosinya saat mengambil keputusan, apalagi berkaitan dengan orang lain.

  • Keras Kepala

Idealisme yang tinggi membuat sosok INFJ ini punya ekspektasi tinggi dan memiliki sifat keras kepala. Orang yang memiliki kepribadian INFJ tidak mudah diarahkan atau dibelokkan pada hal-hal berbeda dari idenya. Ketika di dalam pikirannya sudah terbentuk konsep, maka hal tersebut yang akan dipegang teguh. Sehingga dianggap sebagai orang yang keras kepala.

  • Menghindari Konfrontasi

Orang INFJ sebisa mungkin akan menghindari konflik atau pun konfrontasi langsung. Sebab, sebagai introvert, mereka butuh energi lebih ketika berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga biasanya akan butuh waktu lama untuk mendapatkan sebuah solusi.

  • Sering Mengabaikan Emosi Sendiri

Mereka sosok yang peka terhadap perasaan orang lain, namun abai pada emosi sendiri. Orang dengan kepribadian ini akan susah untuk berkata tidak untuk menolak permintaan orang lain.

Mereka dengan kepribadian INFJ ini memang tidak memiiki circle pertemanan yang besar. Namun, mereka memiliki pertemanan yang bermakna dan sangat dekat dengan orang-orang di sekitarnya.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*