Mengenal Tentang Paracetamol, Obat Demam Sejuta Umat

Anda pasti tidak asing lagi dengan obat bernama paracetamol. Paracetamol merupakan salah satu obat untuk mengatasi demam dan menjadi obat demam andalan banyak orang. Nama paracetamol sendiri merupakan nama generik. Seringkali kita menemukan obat ini dengan nama lain yang sering dijumpai di warung atau minimarket terdekat. Tidak heran, obat ini mudah didapat karena tergolong obat yang dapat dibeli tanpa resep dari dokter.

Tidak hanya untuk atasi demam atau antipiretik, paracetamol juga merupakan obat analgetik atau Pereda nyeri. Biasanya untuk mendapatkan fungsinya berbeda, dokter akan mengatur dosis atau obat paracetamol yang diberikan ke pasien. Selain itu, paracetamol juga dapat ditemui dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, kaplet, sirup, hingga supositoria (berbentuk seperti peluru, penggunaan lewat anus.

Meskipun tergolong obat bebas, penggunaan paracetamol juga tetap perlu diperhatikan dengan baik dan hati-hari. pasalnya, dengan dosis sekali minum dan jumlah maksimal dosis yang dapat digunakan dalam 24 jam atau satu hari. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet 500mg. biasanya dosis sekali minum orang dewasa adalah 500mg. penggunaan obat ini dapat diselang 4 jam dari pemberian sebelumnya. Namun, dalam 24 jam, batas maksimal paracetamol yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 4 gram atau 8 tablet 500mg.

Tentunya jumlah ini berbeda pada anak-anak di bawah usia 12 tahun atau 12 tahun dengan berat badan yang kurang normal pada usianya. Pada setiap bungkus obat paracetamol dengan nama lain biasanya ada pembagian dosis berdasarkan usia, sehingga Anda perlu membacanya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Akan tetapi, dosisi obat akan lebih baik jika diperhitungkan oleh dokter. Jika demam tidak kunjung turun setelah konsumsi obat paracetamol, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Terutama jika demam terjadi pada anak-anak usia kurang dari 5 tahun. Demam yang tinggi pada anak dalam kategori usia tersebut memiliki resiko terjadinya kejang. Paracetamol memang obat sejuta umat, namun Anda tetap harus bersikap bijak dalam menggunakan obat demam yang satu ini.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*