Pahami Gejala dari Gusi Belakang Bengkak

Gusi merupakan jaringan lunak yang mudah sekarang mengalami peradangan ketika dipicu oleh sesuatu. Sebagian orang menganggap kondisi gusi belakang sebagai sesuatu yang wajar dan kerap mengabaikannya. Padahal kondisi ini bisa jadi menjadi bahaya tersembunyi bagi kesehatan Anda, apalagi jika gusi belakang bengkak.

Ketika gusi belakang bengkak, ancaman peradangan dan pendarahan di bagian gusi lain sangat terbuka lebar. Adanya pembengkakan gusi juga dapat menimbulkan rasa sakit berlebih yang mengganggu kesehatan jantung hingga otak. Karena itu, mengambil tindakan untuk menangani masalah pembengkakan gusi ini perlu dilakukan agar persoalan gusi belakang bengkak tidak berbuah komplikasi penyakit lain.

Penanganan yang lebih cepat akan lebih baik bagi kesehatan Anda. Untuk itu, memahami gejala dari gusi belakang sangat diperlukan. Dengan demikian Anda bisa segera melakukan penanganan sebelum menunggu masalah pembengkakan gusi tersebut masuk ke tahap akut. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita gusi belakang bengkak alias perikonitis.

  1. Gusi Empuk

Pembengkakan di area tubuh lain kerap membuat area tersebut terasa lebih kencang. Namun, berbeda apabila gusi belakang bengkak. Anda justru akan merasakan gusi Anda lebih empuk daripada biasanya.

  • Nyeri Rahang dan Pipi

Pembengkakan akan menimbulkan rasa nyeri, tidak terkecuali ketika itu terjadi di bagian gusi belakang Anda. Nyeri yang terasa tidak hanya terjadi di satu tempat atau di tempat gusi yang bengkak. Anda justru bisa merasakan nyeri parah di sekitar rahang dan pipi. Ini karena letak gusi belakang bengkak sangat dekat dengan pipi maupun rahang. Bahkan dalam beberapa kondisi, rasa nyeri akan terasa sampai leher. Rasa nyeri akan semakin terasa ketika Anda menggerakkan mulut. Ketika rasa nyeri tidak tertahan, Anda pun memiliki kemungkinan akan kesulitan membuka mulut.

  • Bau Mulut

Anda sudah memakai obat kumut atau penyegar napas, tetapi kerap merasa bau mulut? Bisa jadi Anda mengalami gusi belakang bengkak. Pembengkakan gusi kerap berhubungan dengan tingkat higienitas mulut. Ketika gusi belakang Anda bengkak, sangat mungkin pemicunya adalah kondisi mulut yang kotor. Pembengkak membuat bau dari kondisi kotor tersebut lebih menyerbak sampai bisa Anda dan orang lain cium.

  • Sulit Menelan

Ketika gusi belakang bengkak, sangat wajar apabila Anda menjadi malas makan. Pasalnya, pembengkakan gusi menyebabkan gangguan pada proses penelanan makanan. Tidak jarang Anda akan merasa nyeri tidak tertahan ketika sedang berusaha menelan makanan yang Anda santap. Alhasil karena rasa sakit tersebut, Anda menjadi malas untuk makan.

  • Keluar Nanah

Jika dibiarkan 3—4 hari, gusi belakang bengkak akan mulai mengeluarkan nanah. Proses keluarnya nanah ini akan membuat nyeri yang Anda rasakan semakin kuat. Bau mulut yang menjadi gejala awal gusi bengkak pun akan semakin menyeruak. Jika sudah mengalami gejala ini, baiknya Anda segera melakukan penanganan. Rasa sakit yang makin parah ini bisa membuat Anda menjadi tidur bisa tidur.

  • Demam Tinggi

Demam tidak hanya terjadi ketika Anda terinfeksi virus atau bakteri. Ketika gusi belakang bengkak, Anda pun bisa mengalami gejala demam yang tinggi. Kondisi demam yang Anda alami terjadi karena adanya peradangan di bagian gusi yang bengkak.

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gusi belakang bengkak sangat mungkin menyebabkan peradangan di bagian lain karena rasa sakit yang ditimbulkan. Bagian yang rentan terpengaruh pembengkakan gusi adalah kelenjar getah benih yang ada di leher. Ketika rasa nyeri dari gusi belakang makin kuat, rasa sakit akan menjalar ke bagian leher dan sangat mungkin menimbulkan pembengkakan di kelenjar getah benih yang ada di area tersebut.

Ketika merasakan gejala gusi belakang bengkak, baiknya Anda langsung mengonsultasikannya ke dokter gigi. Penanganan yang lebih cepat akan lebih baik karena akan membebaskan Anda dari rasa sakit yang mengganggu aktivitas harian Anda.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*