Pantai Maju Bersama, Pantai Baru di Jakarta

Pantai di Jakarta dan sekitarnya antara lain Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Perak, Pantai Perawan, dan Pantai Karnaval Ancol.

Pantai di Jakarta bukan hanya di kawasan Ancol saja yang sudah sangat terkenal di kawasan Jabodetabek atau di kawasan Kepulauan Seribu yang bisa dicapai dengan naik kapal dari Pantai Marina atau Muara Angke.

Akan tetapi untuk kemudahan dan ongkos yang terjangkau tentu saja banyak warga Jakarta akan memilih kawasan Ancol yang pantainya cukup banyak dari barat hingga ke timur daripada di Kepulauan Seribu yang dianggap jauh karena harus menaiki kapal terlebih dahulu dengan jarak tempuh 1-3 jam.

Sebenarnya, Jakarta tak hanya memiliki Ancol saja. Ada juga pantai yang berada di Marunda, Cilincing, yang di zaman Belanda terkenal dengan nama Sampur. 

Namun pantai yang juga punya pasir putih, dan tidak kalah dari pantai-pantai di Ancol ini kalah dari gemerlapnya pantai Ancol meskipun di zaman Belanda dan dekade 60-an pantai ini cukup terkenal jadi destinasi wisata di Jakarta.

Nah, belakangan ini Jakarta mempunyai pantai-pantai baru, yaitu Pantai Pasir Putih dan Pantai Maju Bersama. Keduanya merupakan pantai dari proyek Pulau Reklamasi yang sekarang tidak diteruskan.

Jika tulisan sebelumnya membahas Pantai Pasir Putih. Kali ini akan membahas mengenai Pantai Maju Bersama.

Lokasi Pantai

Seperti umumnya pantai-pantai di Provinsi DKI Jakarta yang kebanyakan berada di Kota Administrasi Jakarta Utara, begitu juga dengan Pantai Maju Bersama.

Pantai ini terletak di Muara Kamal, Penjaringan, dan masuk kawasan Pantai Indah Kapuk, dan dinamakan Maju Bersama karena merupakan satu-kesatuan dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Pulau Reklamasi, yaitu Pantai Kita dan Pantai Bersama.

Nama Pantai Maju Bersama sendiri sempat populer sebagai salah satu tempat yang akan dijadikan untuk ajang balap Formula E di Jakarta karena letaknya yang strategis.

Bentuk pantai 

Tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Maju Bersama merupakan pantai yang tidak ada hamparan pasir, dan terdapat bebatuan pada bibir pantai.

Untuk memudahkan orang-orang yang melintas di pinggir pantai dibuatlah jalur pejalan kaki yang tak hanya dimanfaatkan untuk berjalan kaki menikmati panorama pantai saja dan laut di depan mata memandang, tetapi juga untuk berolahraga seperti joging dan bersepeda.

Bahkan, belakangan ini juga salah satu pantai di Jakarta ini sering dijadikan sebagai lokasi berolahraga di Jakarta meskipun belum semapan di Ancol karena belum banyak tanaman rindang untuk menghalau panas terik matahari yang dimulai di pagi hari.

Apa saja yang dapat dilihat?

Ada banyak sekali yang bisa dilihat di Pantai Maju Bersama ini, yaitu pemandangan Teluk Jakarta, kapal-kapal nelayan dan tongkang serta hutan mangrove di Angke yang merupakan hutan lindung paling penting di Jakarta untuk menangkal ombak besar dari laut.

Tak hanya itu pemandangan gedung pencakar langit di kawasan PIK serta hotel Regatta di Ancol juga dapat terlihat dari kejauhan.

Selain pantai yang seperti berbentuk tanggul beserta pemandangan di depannya, kawasan Pantai Maju Bersama ini juga menyediakan kawasan kuliner dengan pertunjukkan live music.

Tarif masuk dan jam buka

Sampai sejauh ini tidak dikenakan tarif masuk pantai alias gratis sehingga memungkinkan warga bisa mengakses untuk jalan-jalan dan berolahraga.

Adapun jam buka kawasan ini adalah dari pukul 08.00 hingga 20.00. Akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari sebelum 8 pagi atau sore hari di atas jam 4 sebab udara yang dirasakan cukup bersahabat.

Bagaimana cara ke sana?

Untuk bisa mencapai salah satu pantai di Jakarta ini sama seperti ke Pantai Pasir Putih saja. Anda bisa menggunakan transportasi pribadi atau umum, yaitu Bus TransJakarta koridor 1A Balai Kota-PIK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*