Pelihara Kesehatan Prostat dengan Obat Prostakur dan Obat Ini

prostakur

Pria yang berusia di atas 50 tahun sering kali mengalami gangguan kesehatan prostat seperti pembesaran prostat jinak. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan menggunakan obat prostat yang dibeli di apotek. Salah satu obatnya adalah Prostakur, dan obat merek lain.

Obat-obat tersebut bermanfaat meringankan gejala penyakit dengan menenangkan otot di kandung kemih dan juga prostat. Kemudian ini akan mengecilkan ukuran porstat dan menghentikan pertumbuhan. Meski begitu, penggunaan obat untuk penyakit ini tidak boleh sembarangan, sesuaikanlah dengan aturan pakai.

Obat Prostat di Apotek yang Mampu Meringankan Gejala Pembesaran Prostat

1. Alpha blocker

Alpha blocker merupakan salah satu jenis obat generik untuk prostat yang bisa dibeli di apotek yang diresepkan dokter. Obat ini bekerja dengan merelaksasi otot-otot prostat dan saluran kemih. Hal ini akan memudahkan pasien ketika buang air kecil. 

Obat ini tidak dapat mengecilkan ukuran prostat, tapi bisa membantu melancarkan aliran urine dan mengurangi gejala sering buang air kecil di malam hari.

Adapun jenis-jenis obat Alpha blocker yang bisa didapat di apotek adalah Alfuzosin, Doxazosin, Silodosin, Prazosin, Tamsulosin, dan Terazosin.

Obat jenis alpha brocker ini bisa mengatasi kondisi tekanan darah tinggi dan BPH. Namun, efek samping obat ini bisa memengaruhi tekanan darah sehingga akan membuat pasien sangat lelah. 

Efek samping lainnya adalah terasa pusing, tekanan darah rendah, sakit kepala, hingga pingsan.

Obat ini juga menyebabkan efek samping berupa ejakulasi retrograde, yaitu kondisi saat sperma mengalir ke dalam saluran kemih, bukan keluar penis. Tentu perlu berkonsultasi dengan dokter jika Anda masih ingin memiliki anak nantinya. 

2. Phosphodiesterase-5 inhibitors

Obat jenis ini bisa membantu merelaksasi otot prostat dan saluran kemih sehingga gejala pembesaran prostat pun bisa dikurangi. 

Phosphodiesterase-5 inhibitors membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi dan pembesaran prostat jinak. Ada berbagai jenis obat dari golongan ini yang tersedia, namun yang  boleh dikonsumsi menurut FDA untuk mengobati BPH, yaitu tadalafil. 

Namun, obat ini memiliki efek samping berupa nyeri otot, hidung berair, sakit kepala, sakit lambung setelah makan, mengalami gangguan penglihatan, dan adanya kemerahan dan sensasi panas di wajah, tubuh bagian atas, dan leher. 

3. 5-alpha reductase inhibitor 

Salah satu obat untuk masalah prostat selanjutnya adalah golongan obat 5-alpha reductase inhibitor. OBat ini bekerja dengan menghentikan produksi hormon yang menyebabkan memicu pembesaran kelenjar prostat.

Obat jenis ini bisa mencegah pertumbuhan prostat dan bisa mengecilkannya jika mengalami pembesaran.

Obat 5-alpha reductase inhibitor ini membantu melancarkan aliran urine dan meringankan berbagai gejala BPH. Sehingga kecil kemungkinan pasien melakukan prosedur operasi untuk meredakan gejala BPH ini.

Efek samping dari mengonsumsi obat 5-alpha reductase inhibitor ini adalah disfungsi ereksi, ejakulasi retrograde, dan penurunan gairah seksual. Obat ini tidak boleh untuk wanita, apalagi sedang hamil karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

4. Desmopressin

Desmopressin adalah obat yang bisa memperlambat produksi urine. Sehingga urine yang diproduksi di malam hari akan lebih sedikit. Ini akan membuat pasien tidak sering ke toilet untuk buang air kecil.

5. Kombinasi obat-obatan

Jika obat sakit prostat tak lagi bisa mengurangi gejala penyakit yang dialami, dokter mungkin akan meresepkan kombinasi obat-obatan seperti:

  • Dutasteride dan tamsulosin
  • Finasteride dan doxazosin
  • Alpha blocker dan antimuscarinics, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kandung kemih yang bekerja secara berlebihan.

6. Obat diuretik

Obat diuretik ini bisa mempercepat produksi urine. Apabila Anda minum di siang hari, maka ini akan membantu mengurangi jumlah urine yang diproduksi semalam. 

Pelihara Kesehatan Prostat dengan Obat Prostakur

Prostakur kapsul adlaah obat herbal yang berkhasiat memelihara kesehatan kelenjar prostat pria. Biasanya kondisi ini dialami oleh pria yang sudah berusia 50 tahun ke atas. 

Gejala kodnisi ini berupa buang air kecil tersendat, sering buang air kecil di malam hari, nyeri perut di bagian bawah, dan air kencing berdarah.

Prostakur ini akan membantu mengatasi gejala gangguan prostat sebelum terlalu parah. Sebab, prostat punya peran penting menentukan kesuburan pria. Jika pasien masih ingin memiliki anak di kemudian hari, maka penting untuk mengatasinya.

Obat Prostakur ini terbuat dari saw palmetto, buah yang mengandung zat khusus yang berkhasiat menjaga kesehatan kelenjar prostat dan kesehatan pria.

Anda bisa mengonsumsi Prostakur kapsul ini secara rutin sesuai dengan dosisnya. Sertai juga dengan konsumsi makanan sehat dan berkonsultasi dengan dokter. 

Obat Prostakur Ini juga dapat untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah pembesaran prostat jinak, dan meredakan nyeri saat buang air kecil.

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/prostakur-kapsul-160-mg diakses pada 11 Juli 2021

https://www.sehatq.com/artikel/deretan-obat-prostat-di-apotek-untuk-mengobati-gejala-pembesaran-prostat-jinak  diakses pada 11 Juli 2021

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*