Penyakit-Penyakit yang Bisa Diketahui Lewat Rontgen Thorax

Apa saja penyakit-penyakit yang bisa diketahui lewat rontgen thorax? Rontgen thorax adalah tes yang paling umum untuk menemukan masalah pada dada

Rontgen thorax atau yang juga disebut rontgen dada merupakan pemeriksaan untuk menampilkan gambaran bagian dalam dada dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik.

Pemeriksaan ini digunakan untuk memeriksa bagian dada, termasuk jantung, paru-paru, pembuluh darah, hingga tulang dada dan tulang belakang. 

Biasanya, dokter menganjurkan untuk melakukan rontgen thorax ketika Anda mengalami masalah pada dada.

Pemeriksaan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengetahui jenis penyakit apa saja yang ada pada dada. Hal ini perlu diketahui agar bisa menentukan metode pencegahan hingga penyembuhan.

Jadi, apa saja penyakit-penyakit yang bisa diketahui lewat rontgen thorax?

1. Paru-paru

Pemeriksaan ini bisa mendeteksi masalah yang ada pada bagian paru-paru. 

Sehingga, Anda bisa mendeteksi adanya penyakit seperti kanker, infeksi, atau pengumpulan udara di ruang sekitar paru-paru yang disebut juga sebagai pneumothorax.

Selain itu, rontgen thorax juga dapat memperlihatkan atau mendeteksi kondisi kronis pada  paru-paru seperti cystic fibrosis atau komplikasi yang berhubungan dengan kondisi tersebut.

Anda juga bisa mengamati keadaan paru-paru yang mengalami masalah pernapasan, termasuk ketika terpapar Covid-19.

2. Jantung

Anda juga bisa mendeteksi masalah-masalah yang ada pada jantung melalui rontgen thorax. 

Pemeriksaan ini bisa menunjukan masalah yang masih berkaitan antara paru-paru dan jantung, seperti masalah paru-paru yang berasal dari jantung. Misalnya, cairan dalam paru-paru  yang merupakan hasil gagal jantung kongestif.

Selain itu pemeriksaan ini juga mendeteksi masalah ukuran dan bentuk jantung yang bisa berubah yang bisa menjadi tanda penyakit gagal jantung, cairan di sekitar jantung, atau masalah katup jantung..

3. Pembuluh Darah

Pemeriksaan ini dapat melihat masalah pada pembuluh darah karena terletak dekat dengan jantung, seperti arta, arteri pulmonal dan vena. 

Oleh karena itu rontgen thorax dapat mendeteksi masalah seperti aorta aneurisma. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat melihat penyakit jantung bawaan.

4. Deposit Kalsium

Rontgen thorax bisa digunakan untuk memeriksa apakah ada kalsium dalam beberapa bagian dada, mulai dari jantung, paru-paru, hingga pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan di masa mendatang.

Misalnya, kalsium dalam jantung bisa jadi tanda adanya kerusakan seperti otot jantung, arteri koroner, atau kantong pelindung yang mengelilingi jantung. 

Sementara deposit kalsium dalam paru-paru terjadi karena berasal dari infeksi lama yang belum sembuh.

5. Patah Tulang

Rontgen thorax bisa digunakan untuk melihat adanya patah tulang pada tulang rusuk atau tulang belakang. Hal ini dilakukan apabila Anda mengalami kecelakaan tertentu atau ingin melihat kesehatan tulang Anda.

6. Prosedur Setelah Operasi

Rontgen thorax juga dilakukan pada pengidap yang baru melakukan operasi pada dada, seperti jantung atau paru-paru. Hal ini dilakukan untuk memantau penyembuhan.

Demikian pemaparan mengenai penyakit-penyakit apa saja yang bisa diketahui lewat rontgen thorax. Prosedur pemeriksaan ini tidak memerlukan waktu yang lama dan mudah dilakukan.

Pemeriksaan ini berguna untuk mendiagnosis penyakit dan perawatan darurat. Selain itu, rontgen thorax tidak memerlukan persiapan khusus sebelumnya. Namun, bagi wanita hamil, sebaiknya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau radiolog untuk mengetahio kondisi janin apabila terkena radiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*