Perawatan Ibu dan Anak, Klinik Efbifor atau Rumah Sakit?

Klinik Efbifor

Pernahkah Anda pergi berobat ke klinik? Anda mungkin tahu bahwa klinik memberikan layanan kesehatan yang berbeda dengan rumah sakit. Salah satu klinik yang ada di Makassar adalah Klinik Efbifor

Klinik yang satu ini adalah klinik dengan spesialisasi ibu dan anak. Lokasinya ada di kawasan Panakkukang, Kota Makassar. Klinik ini sudah sering dijadikan pilihan bagi warga Makassar yang memerlukan pengobatan ibu dan anak berkualitas. 

Apa saja layanan kesehatan di Klinik Efbifor?

Sebagai klinik dengan spesialisasi ibu dan anak, layanan kesehatan di Klinik Efbifor difokuskan untuk hal tersebut. Klinik ini sudah dibangun dan mulai beroperasi sejak bulan Juni 2007 silam. 

Setiap pasien yang ingin melakukan kunjungan disarankan untuk datang pada jam operasional klinik. Klinik ini beroperasi setiap hari Senin sampai Sabtu dengan jam operasional pukul 08.00 sampai 13.00 waktu setempat.

Di klinik ini, tersedia sejumlah dokter spesialis yang melayani setiap pasien. Tersedia layanan praktik dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, dan juga dokter spesialis mata. Selain itu, ada juga dokter umum yang menangani konsultasi pasien secara umum.

Dalam melayani pasiennya, klinik ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas medis. Fasilitas medis yang tersedia antara lain: 

  • Poliklinik
  • Laboratorium untuk tes darah
  • Apotek

Selain itu, ada juga layanan atau fasilitas non medis yang tersedia untuk pasien secara umum. Fasilitas non medis tersebut terdiri atas: 

  • Tempat parkir motor atau mobil
  • Kafe, restoran, atau kantin
  • Ruang menyusui
  • Musholla atau Masjid

Anda bisa membuat janji konsultasi dengan dokter sebelum datang berkunjung. Hubungi pihak klinik untuk membuat janji, atau gunakan aplikasi layanan kesehatan yang bemitra dengan klinik ini.

Memilih klinik vs rumah sakit

Tidak banyak orang yang memahami apa sebenarnya perbedaan antara klinik dengan rumah sakit. Hal ini juga membuat beberapa orang ragu untuk berobat ke klinik ibu dan anak seperti Klinik Efbifor.

Sebenarnya, ada perbedaan signifikan antara kedua fasilitas kesehatan ini. Perlu diketahui, klinik memberikan layanan kesehatan untuk kondisi sebagai berikut: 

  • Layanan pencegahan

Ketika Anda ingin mencegah penyakit yang tidak diinginkan saat hamil atau pada anak, Anda bisa memilih untuk berobat ke klinik ibu dan anak. Perawatan pencegahan yang umumnya tersedia di klinik meliputi pemeriksaan kesehatan dan imunisasi.

  • Cedera ringan

Jangan khawatir bila mengalami cedera ringan ketika mengandung. Anda bisa berobat ke Klinik Efbifor, karena klinik mampu mengatasi berbagai macam kondisi cedera ringan, termasuk pada anak. 

  • Gejala tidak darurat

Apabila kondisi Anda tidak termasuk sebagai kondisi darurat, Anda bisa memilih berobat ke klinik. Contohnya seperti gejala umum berupa batuk, nyeri telinga, dan lain-lain.

Terkadang, ada juga klinik yang menyediakan layanan pengobatan seperti operasi ringan. Namun, untuk operasi yang lebih besar, pasien tetap perlu dirawat di rumah sakit. 

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, klinik tidak bisa membantu memberikan penanganan yang tepat. Apalagi jika Anda atau anak Anda mengalami cedera parah yang cukup serius. 

Tapi, apa pun kondisi Anda, Anda tetap bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter yang ada di klinik. Jika dokter menganggap kondisi Anda cukup parah, dokter bisa merujuk Anda ke rumah sakit. 

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda berobat ke Klinik Efbifor. Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak di klinik ini, selama kondisi Anda tidak parah. 

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*