Percepat Pemulihan Operasi Caesar dengan Bantuan Makanan Berikut

Percepat Pemulihan Operasi Caesar dengan Bantuan Makanan Berikut

Pemilihan makanan selepas persalinan sangat penting untuk pemulihan ibu serta pemberian nutrisi terbaik pertama melalui ASI. Terutama bagi ibu yang melalui pembedahan, nutrisi yang tepat membantu mempercepat pemulihan operasi caesar.  

Proses persalinan c-section bisa sulit dan melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Seminggu pertama setelah persalinan ibu harus diawasi dengan ketat baik pola dan pemilihan makannya maupun waktu istirahatnya.

Kondisi ibu pasca operasi caesar

Kondisi ibu pasca operasi caesar pasti akan merasa tidak nyaman dengan luka operasi dan akan sangat berhati-hati. Meski operasi caesar aman, tak jarang pembedahan ini mengembangkan beberapa efek samping yang umum terjadi seperti:

  • Infeksi pada luka operasi, seperti kemerahan, bengkak, atau keluarnya cairan
  • Infeksi lapisan rahim, ditandai dengan demam, sakit perut, keputihan abnormal, dan perdarahan pada vagina

Kini ibu yang akan menjalani operasi caesar diberikan antibiotik sebelum pembedahan, sehingga infeksi selepas persalinan jarang terjadi. Namun tetap berhati-hati untuk menghindari risiko komplikasi tersebut.

Rekomendasi makanan untuk mempercepat pemulihan operasi caesar

Menu makan ibu selepas bersalin harus kaya akan nutrisi penting seperti protein, kalsium, mineral, serat, dan zat besi. Untuk mempercepat pemulihan operasi caesar, berikut ini rekomendasi makanan yang wajib dicoba:

  1. Susu rendah lemak

Susu mengandung protein yang berguna mempertahankan kekuatan otot setelah persalinan, memperbaiki dan mendukung pertumbuhan jaringan sel, serta mempercepat penyembuhan.

Sementara kalsium yang terkandung pada susu membantu pembekuan darah, menguatkan tulang dan gigi, membuat otot menjadi rileks, serta mencegah osteoporosis. 

Selama proses menyusui, ibu menyalurkan 250 hingga 300 mg kalsium ke bayi melalui ASI. Maka dari itu kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayi.

Selain susu rendah lemak, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt rendah lemak dan keju.

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Gandum utuh seperti pasta, roti gandum, dan nasi merah sangat merupakan karbohidrat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Karbohidrat memberi energi pada ibu dan membantu melancarkan produksi ASI.

Produk biji-bijian dan kacang-kacangan seperti lentil juga kaya akan asam folat, serat, dan zat besi yang diperlukan pada awal perkembangan bayi.

  1. Buah dan sayur

Sembelit menjadi masalah umum pada ibu hamil, dan sembelit dapat menghambat pemulihan pasca operasi.

Buah dan sayur dikenal sebagai sumber serat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kedua makanan bergizi tersebut juga kaya akan vitamin yang membantu penyembuhan luka sayat setelah operasi.

Anda bisa memilih sayur brokoli, bayam, dan fenugreek sebagai sumber vitamin A, C, kalsium, dan zat besi. Sedangkan buah seperti jeruk, pepaya, semangka, stroberi, dan ubi jalar kaya akan vitamin C yang membantu memerangi infeksi dan memperkuat kekebalan tubuh.

  1. Sup ayam

Ibu harus berhati-hati dalam memilih makanan yang tidak meningkatkan produksi gas perut dan menyebabkan sembelit. Sup ayam merupakan pilihan terbaik. 

Selain mudah dicerna, sup ayam juga membantu menghidrasi ibu dan memenuhi cairan tubuh yang hilang. Kandungan garam pada sup ayam juga memberi elektrolit tambahan bagi ibu.

Sangat tidak disarankan mengonsumsi sup instan, karena sup buatan rumahan akan terasa lebih lezat dan bergizi.

  1. Oatmeal 

Oatmeal termasuk gandum utuh yang disarankan untuk ibu hamil. Oatmeal merupakan sumber serat, karbohidrat, dan zat besi yang sangat baik untuk melawan wasir dan sembelit pada ibu hamil.

Oatmeal juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Anda dapat menambahkan buah seperti stroberi atau bluberi untuk semangkuk penuh nutrisi dan cita rasa. 

Menjaga pilihan makanan selama fase pemulihan sangat penting. Sebisa mungkin ikuti aturan diet yang disarankan oleh dokter.

Selain istirahat yang cukup dan pola makan teratur, dukungan psikologis juga diperlukan untuk mempercepat pemulihan operasi caesar. 

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*