Resep Alami Minuman untuk Radang Tenggorokan, Coba Yuk!

Anda sedang mencari resep minuman untuk radang tenggorokan? Tenang, ini ada 6 resep alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Radang tenggorokan termasuk penyakit yang menyebalkan. Anda masih bisa beraktivitas, tapi mungkin merasa sedikit frustrasi karena rasa gatal yang mengganggu.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, umumnya terjadi di pergantian musim atau ketika musim flu. Anda mungkin pernah mengalaminya.

Nah untungnya, radang tenggorokan tidak harus selalu diobati dengan resep dokter. Anda bisa mencoba menyembuhkan atau mengurangi rasa sakitnya sendiri dengan minuman untuk sakit tenggorokan.

Berikut beberapa resep alami minuman untuk radang tenggorokan yang bisa Anda coba. 

1. Madu

Madu dicampur ke dalam teh atau diminum langsung sudah lama dikenal sebagai resep mandiri untuk sakit tenggorokan.

Studi membuktikan bahwa madu bahkan lebih efektif menyembuhkan batuk di malam hari daripada obat batuk biasa.

Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, artinya dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi.

Resep ini juga dikenal dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Coba buat larutan dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat.

Lalu coba berkumur untuk mengurangi pembengkakkan dan menjaga kebersihan tenggorokan. Lakukan perawatan ini kurang lebih setiap tiga jam sekali.

3. Chamomile Tea

Chamomile tea atau teh kamomil mengandung bahan yang dapat menghasilkan ketenangan secara alami. Teh ini sudah lama digunakan untuk berbagai pengobatan, seperti meredakan sakit tenggorokan.

Chamomile tea mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa menghirup uap Chamomile saja sudah dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Minum teh Chamomile juga bisa memberikan manfaat yang sama. Teh ini dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

4. Peppermint oil/tea

Daun peppermint dikenal dengan manfaatnya untuk menyegarkan nafas. Meski begitu, semprotan minyak peppermint yang diencerkan juga dapat meredakan sakit tenggorokan.

Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan serta batuk. Peppermint juga mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Anda bisa mencampurkan 5 tetes minyak peppermint dengan carrier oil, seperti minyak zaitun. Jangan pernah menelan langsung minyak peppermint.

Selain itu, Anda juga dapat memilih peppermint tea. Manfaatnya hampir sama dengan chamomile tea.

5. Kumur dengan soda kue

Berkumur dengan air asin seharusnya lebih efektif, tapi Anda bisa juga mencoba berkumur soda kue yang dicampur dengan air garam.

Larutan ini terbukti efektif meredakan sakit tenggorokan. Berkumur dengan soda kue dan air garam dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

National Cancer Institute merekomendasikan berkumur dengan larutan 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, 1/8 sendok teh garam.

6. Apple cider vinegar 

Apple cider vinegar atau yang mungkin lebih Anda kenal dengan istilah cuka apel membawa banyak manfaat antibakteri. Penelitian juga membuktikan bahwa efek antimikroba dari cuka apel dapat melawan infeksi.

Karena bersifat asam, cuka apel dapat membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika Anda merasa sakit tenggorokan, coba cairkan 1-2 sendok cuka apel ke dalam satu cangkir air dan gunakan untuk berkumur. Minum sisanya, ulangi proses ini setiap 2 jam sekali.

Obat sakit tenggorokan untuk bayi dan anak-anak

Sakit tenggorokan juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak, tentu kondisinya lebih sulit disembuhkan. Berikut beberapa tips dan pengobatan mandiri yang bisa Anda lakukan:

  • Pasang humidifier dingin di kamar si kecil. Melembapkan udara dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan.
  • Jaga anak Anda tidak sampai dehidrasi. Minum air secukupnya, kurangi minuman manis.
  • Anak di bawah 5 tahun sebaiknya tidak diberi obat batuk keras. Berhati-hatilah saat memberikan obat batuk untuk anak di bawah 10 tahun
  • Jangan berikan madu kepada anak di bawah 1 tahun

Catatan

Demikian 6 minuman untuk radang tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah. Sebaiknya Anda juga memahami cara mencegah sakit tenggorokan.

Coba jaga jarak dari orang yang tengah diserang penyakit infeksius seperti flu atau radang tenggorokan. Cuci tangan Anda sesering mungkin.

Coba hindari makanan pedas atau asam, jauhi asap rokok dan asap kimia yang dapat menyebabkan radang

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*