Daftar Vitamin untuk Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Daftar Vitamin untuk Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Sakit perut saat haid adalah hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak wanita. Biasanya sakit nyeri saat haid terjadi 2-3 hari sebelum menstruasi dan saat menstruasi. Rasa sakit yang dirasakan meliputi pegal, pusing, nyeri di kaki dan area perut bagian bawah, hingga mual. 

Ada berbagai penyebab sakit perut saat haid, mulai dari perubahan hormon hingga gangguan reproduksi. Bagi sebagian wanita rasa sakit ini dapat mengganggu aktivitas harian. Jika penyebab nyeri haid Anda bukan hal yang serius, dokter mungkin akan meresepkan beberapa multivitamin untuk membantu meredakan nyeri. Berikut ini daftar vitamin yang terbukti mampu meredakan sakit perut saat haid.

Asupan vitamin untuk meredakan sakit perut saat haid

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang dapat diproduksi dalam tubuh jika Anda mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Vitamin D dapat larut dalam lemak sehingga penyerapannya akan optimal di dalam tubuh apabila diimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak baik.

Namun, tidak setiap wanita mendapatkan cukup vitamin D. Padahal vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita. Kekurangan vitamin D dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh, padahal kalsium sangat dibutuhkan untuk mengatasi kram, perubahan suasana hati, menjaga kepadatan tulang, dan gigi.

Dalam penelitian yang dilakukan American Medical Association dan dicetak di Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa 85-90% wanita mengalami gejala PMS. Mereka kemudian diberikan susu yang diperkaya vitamin D sebesar 400 IU. Hasilnya, semakin banyak vitamin D yang diterima wanita, semakin sedikit gejala PMS yang dialami. Dengan begitu, vitamin D efektif mengurangi gejala PMS seperti kembung, kelelahan, lekas marah, dan payudara sakit serta bengkak.

Selain berjemur di bawah sinar matahari pagi, Anda dapat memenuhi asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan berupa:

  • ikan salmon
  • ikan sarden
  • minyak ikan cod
  • telur
  • susu
  • yogurt
  • kedelai
  • kerang
  • sereal.

Jika diperlukan, asupan vitamin D tambahan dengan multivitamin juga bisa Anda konsumsi.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kelelahan, anemia, kram otot, melemahnya kekebalan tubuh, dan suasana hati yang buruk. Selain itu, vitamin B dapat hilang selama perdarahan menstruasi, sehingga tubuh rentan kekurangan vitamin B. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan dan suplemen akan vitamin B. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B seperti ikan, telur, susu, kacang-kacangan, daging ayam dan sapi, brokoli, bayam, dan asparagus. 

Vitamin E

Ada banyak vitamin yang dibutuhkan untuk mengobati efek gejala PMS pada wanita, salah satunya vitamin E. Vitamin E tidak hanya bertanggung jawab untuk PMS, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Asupan vitamin E yang cukup dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penuaan dan kerusakan sel tubuh. Selain itu, vitamin E juga terbukti mampu mengurangi perdarahan hebat, kram, dan mengurangi kecemasan. 

Berdasarkan penelitian Hoffman-La Roche, Inc. yang diterbitkan dalam International Journal for Vitamin and Nutrition Research menemukan bahwa pemberian vitamin E dosis tinggi dapat meredakan gejala PMS. Dosis ini antara 300-600 IU per hari untuk wanita yang menderita gejala PMS.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memenuhi kebutuhan vitamin E harian untuk menurunkan gejala PMS. Anda dapat mengonsumsi sayur dan buah seperti bayam, brokoli, sayur bit, kacang almond, dan alpukat. 

Perhatikan selalu pola hidup sehat dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah. Jika diperlukan Anda dapat mengonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Jika sakit perut tidak kunjung membaik segera periksakan diri Anda kedokter untuk diagnosis lebih lanjut.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*