Sebelum Konsumsi Buah Kawista, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!

Tahukah Anda dengan salah satu buah-buahan bernama buah kawista atau bael fruit? Bagi sebagian orang, mungkin buah ini terdengar asing. Namun, buah ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat khususnya di daerah Rembang, Jawa Tengah. Siapa sangka, bael fruit ini dikenal dengan buah yang punya khasiat untuk tubuh. Meski demikian, bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah yang satu ini, perhatikan dulu beberapa informasinya berikut.

Kandungan buah kawista

Buah kawista memiliki nama latin Limonia acidissima dan berasal dari negara India. Kebanyakan masyarakat akan mengolah kawista menjadi selai ata sirup yang rasanya hampir menyerupai rasa minuman cola. Bahkan, sirup buah ini pun dijuluki dengan cola van Java. Meski demikian, tetap banyak juga orang yang mengonsumsinya secara langsung. Bagi Anda yang penasaran dengan buah ini, rupanya kawista punya nilai gizi dan juga nilai kalori yang tinggi. Untuk 100 gram kawista terdapat beberapa kandungan nutrisi air sebanyak 61.5 gram, protein 1.8 gram, karbohidrat 31.8 gram, vitamin B2 atau riboflavin 1,19 miligram, dan kalori sebanyak 88 dimana lebih tinggi dari apel, mangga, dan jambu merah. Tak hanya kandungan nutrisi tersebut, buah kawista juga memiliki beberapa senyawa yang punya khasiat bagus untuk tubuh. Beberapa kandungan senyawanya adalah coumarin, tannin, dan flavoInoid

Manfaat buah kawista

Beberapa kandungan nutrisi serta senyawa baik yang terkandung membuat buah kawista ini memiliki manfaat bagi tubuh. Beberapa senyawa yang terkandung bisa menjadi tameng bagi tubuh karena sifatnya yang antiradang, antidiare, antiasma, dan bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Bahkan kawista pun punya kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, banyak masyarakat yang percaya bahwa buah yang satu ini punya potensi dalam mengatasi berbagai penyakit seperti:

  • Diabetes
  • Mengobati diare
  • Mengurangi dampak kanker
  • Mengatasi penyakit jantung
  • Menghambat pertumbuhan bakteri jahat
  • Menyembuhkan luka
  • Memiliki kandungan efek diuretik yang bisa membantu proses pengeluaran cairan tubuh

Apakah manfaatnya sudah teruji?

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kawista ini memiliki banyak senyawa dan kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa masyarakat ada yang percaya bahwa buah ini bisa menyembuhkan dan membantu mengatasi berbagai penyakit. Meski demikian, buah ini belum diteliti secara resmi mengenai khasiatnya dalam mengobati penyakit-penyakit yang menyerang manusia. Pasalnya, penelitian yang ada baru dilakukan pada objek hewan yakni tikus sehingga masih perlu dilakukan studi dan penelitian lebih lanjut  mengenai manfaat dan khasiat luar biasa dari buah ini.

Apakah buah kawista aman dikonsumsi?

Seperti yang diketahui bahwa belum dilakukan pengujian dan studi lanjutan mengenai manfaat dan khasiat buah kawista untuk mengobati penyakit. Namun buah ini tergolong aman untuk dikonsumsi masyarakat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung seperti buah-buahan pada umumnya, atau mengolahnya menjadi selai dan sirup, serta bisa dijadikan makanan pelengkap. Perlu diperhatikan, meskipun aman sebaiknya hindari untuk mengonsumsi secara berlebihan. Terdapat kandungan tertentu pada buah kawista yang dikonsumsi terlalu banyak bisa memicu beberapa masalah seperti gangguan pencernaan atau konstipasi sebab punya kalori tinggi. Bagi penderita diabetes meski buah kawista bisa membantu turunkan kadar gula darah, Anda tetap perlu melakukan pengecekan rutin untuk menghindari penurunan drastis.

Secara umum, mengonsumsi buah kawista memang tidak membahayakan tubuh asalkan dikonsumsi dengan tepat dan sewajarnya. Hindari konsumsi dalam jumlah banyak, apalagi jika Anda hendak melakukan operasi atau punya masalah kesehatan seperti gangguan hati dan sebagainya. Selalu konsultasikan dengan dokter jika hendak menjadikan buah ini sebagai metode pengobatan. Anda dapat melakukan konsultasi secara online melalui aplikasi SehatQ. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*