Sederet Cemilan Pelancar Asi yang Enak dan Bergizi

Demi menjaga kualitas ASI, Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan wanita lainnya. Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2000-2500 kalori per hari.  

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, maka ibu menyusui perlu mengonsumsi beragam jenis makanan dengan gizi seimbang. Selain makanan seimbang, ibu menyusui juga harus mengonsumsi tambahan cemilan pelancar ASI.

1. Bubur oat 

Oat merupakan jenis gandum yang kaya akan serat, zat besi serta kalsium. Oat dipercaya sejak lama dapat dipakai sebagai makanan untuk memperbanyak ASI karena beragam jenis kandungan yang ada di dalamnya.

Oat bisa menjadi cemilan pelancar ASI dalam bentuk bubur oat. Dalam penyajiannya, Anda dapat menambahkan susu, rempah-rempah, kacang-kacangan serta beragam jenis buah-buahan. 

2. Edamame rebus

Edamame merupakan kacang kedelai utuh yang masih muda ketika dipanen yang bisa jadi cemilan pelancar ASI karena tinggi vitamin K. Tak hanya itu, edamame secara alami bebas gluten dan rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, dan merupakan sumber protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik bagi ibu hamil.

Untuk menikmati edamame sebagai cemilan pelancar ASI, Anda dapat merebusnya lalu tambahkan garam agar lebih gurih. 

3. Buah pepaya

Memakan buah pepaya dapat melancarkan ASI. Kandungan vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat serta enzim papain sangat baik untuk ibu menyusui. 

Buah pepaya juga mempunyai banyak cairan sehingga buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam menghasilkan ASI.

4. Kacang Mede

Protein pada kacang mede berguna untuk memproduksi ASI ibu dalam jumlah yang banyak. Kacang mede juga memiliki kandungan manfaat kalsium untuk ibu hamil serta menyusui.

Selain itu, dalam kacang mede juga terdapat asam oleat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat juga bisa mengurangi kadar asam trigliserida yang memicu penyakit jantung. 

5. Bubur kacang hijau

Kacang hijau bisa memberikan tambahan energi bagi ibu menyusui. Tingginya kandungan thiamin atau vitamin B1 dalam kacang hijau akan mengubah karbohidrat menjadi sumber energi yang berguna untuk Ibu menyusui.

Kurangnya pasokan thiamin dalam tubuh juga akan membuat Ibu menjadi mudah tersinggung, sulit konsentrasi, dan tidak bersemangat. Padahal mood yang baik akan bantu meningkatkan hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

7. Jagung manis

Jagung memiliki kandungan karbohidrat serta protein yang dapat dipakai untuk memperbanyak ASI. Bahkan wanita setelah melahirkan serta ASI-nya belum keluar dapat dipacu dengan mengkonsumsi jagung. 

Jagung itu dapat dijadikan sebagai sup, disangrai atau digoreng, hingga dijadikan popcorn. 

8. Smoothies

Kebutuhan vitamin C dan zat besi yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan tubuhnya. Ibu menyusui pun membutuhkan asupan tambahan untuk meningkatkan produksi ASI salah satunya didapat dari smoothies.

Berikut ini contoh camilan pelancar ASI dalam bentuk smoothies dari pisang dan almond.

Bahan:

  • 3 cangkir susu almond
  • 2-3 pisang beku, dicincang
  • 1 sdm bubuk kakao tanpa pemanis
  • 1/4 cangkir biji rami
  • 2-3 sdm selai kacang organik

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Blender hingga halus dan semua bahan tercampur rata, sekitar 30 detik.
  • Sajikan dalam gelas.

Nah, itulah beberapa cemilan pelancar ASI yang harus dikonsumsi ibu menyusui. Jangan lupa untuk cukupi asupan air putih, imbangi dengan aktivitas fisik, dan hindari stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*