Selain Bisolvon Sirup, 9 Obat Alami Ini Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek

Bisolvon Sirup batuk pilek ini merupakan salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi pilek yang disertai dengan batuk, terutama jika Anda mengalami batuk berdahak. Tidak hanya batuk berdahak saja tetapi juga mampu menurunkan demam dan nyeri yang dialami.

Batuk dan pilek merupakan penyakit ringan yang sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, hanya saja penyakit ini cukup mengganggu aktivitas Anda. Maka dengan mengonsumsi Bisolvon Sirup bisa membantu Anda untuk meredakan batuk pilek yang dialami. Hal ini bisa terjadi karena Bisolvon Sirup mengandung bromheksin HCl dan fenilferin HCl yang membantu untuk mengencerkan dahak dan mengatasi hidung tersumbat.

Selain Bisolvon Sirup, Anda juga bisa mendapatkan obat batuk pilek lainnya yang dijual bebas di apotek. Tetapi jika tidak ingin mengatasi batuk pilek dengan pengobatan medis, Anda bisa mengatasinya dengan pengobatan secara alami. Berikut ini beberapa pengobatan secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi batuk pilek.

  1. Air

Selain menghindari dari dehidrasi saat batuk pilek, ternyata air hangat bisa membantu Anda untuk meringankan batuk, mengatasi tenggorokan kering bahkan mengencerkan dahak yang mengganggu tenggorokan. 

  1. Uap 

Selain mengonsumsi air hangat, menghirup uap dari air panas bisa membantu meringankan batuk yang mengganggu Anda. Tidak hanya itu, jika ditambahkan dengan minyak esensial akan semakin membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega.

  1. Air garam

Anda juga bisa berkumur air garam untuk mengatasi batuk dan tenggorokan kering yang dialami. Campurkan ¼ atau ½ sendok teh garam ke dalam 300 ml air kemudian aduklah sampai merata. Setelahnya kumur dengan campuran tersebut dan lakukan dua kali dalam satu hari.

  1. Jahe

Selain sebagai bumbu dapur, jahe bisa mengobati batuk secara alami karena memiliki kandungan antiradang. Anda bisa mengunyah secara langsung atau pun menggunakan bubuk jahe yang dicampurkan dengan teh atau madu.

  1. Nanas

Tidak hanya segar saat dikonsumsi, tetapi nanas juga bisa dijadikan sebagai obat alami dalam mengatasi batuk dan pilek. Nanas memiliki enzim bromelain yang berperan penting dalam mengatasi  batuk dan meringankan dahak.

  1. Madu

Madu sebagai obat alami dalam mengatasi batuk justru lebih efektif dibandingkan dengan obat batuk karena mengandung dextromethorphan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau pun dicampurkan dengan air hangat, teh atau air lemon. 

  1. Peppermint

Jika Anda membutuhkan rasa segar yang mampu untuk meredakan batuk dan mengencerkan dahak, maka teh perppermint atau uap peppermint ini menjadi solusinya. Anda bisa memasukkan 3 – 4 tetes minyak esensial peppermint untuk membuat uap peppermint yang akan melegakan saluran pernapasan.’

  1. Probiotik

Selain aman dan baik untuk pencernaan Anda, probiotik ini secara tidak langsung bisa menjadi obat batuk pilek secara alami. Probiotik mampu untuk menyeimbagkan mikroorganisme di dalam tubuh Anda sehingga daya tahan tubuh semakin meningkat dan dapat menangkal infeksi atau pun bakteri yang menyerang. Anda bisa mendapatkan probiotik ini dengan mengonsumsi kimchi atau yoghurt.

  1. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat membantu untuk mengurangi radang yang terjadi pada tenggorokan. Selain itu, saat sedang menderita batuk pilek, dengan mengonsumsi lemon, sama saja dengan Anda meningkatkan daya tahan tubuh untuk membasmi infeksi bakteri secara alami. Anda bisa mencampurkan madu ketika ingin mengonsumsi lemon dengan cara meminumnya. Jika ingin langsung mengonsumsi lemon secara langsung pun juga bisa Anda lakukan.

Itulah 9 cara pengobatan alami dalam mengatasi batuk pilek jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat seperti Bisolvon Sirup. Jika dalam dua minggu atau lebih batuk pilek tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*