Selain Damaben, Obat Herbal Ini Bisa Atasi Diabetes Anda!

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi dapat Anda lakukan secara herbal maupun pengobatan medis. Meski begitu, masih banyak yang lebih memilih pengobatan menggunakan obat herbal sebagai salah satu cara untuk mengatasi diabetes. Damaben adalah salah satu obat herbal yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Alasan dari lebih dipilihnya obat – obatan herbal adalah harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau. Selain itu, klaim aman yang dijanjikan pun membuatnya semakin menarik minat konsumen. Ada beberapa tanaman yang dipercaya dapat menurunkan atau pun mengontrol kadar gula di dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan alternatif pengobatan diabetes Anda.

  1. Bawang putih

Ekstrak bawang putih yang mengandung ethanol, di mana kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Selain itu bawang putih juga memiliki efek lain yaitu menyembuhkan karena memiliki sifat antibakteri yang juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Lidah buaya

Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, ternyata lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu obat diabetes alami. Lidah buaya terbukti dapat membantu memperbaiki sel – sel di organ pankreas yang memiliki tugas untuk memproduksi insulin, tidak hanya memproduksi bahwa juga dapat mengembalikan produksi hormon insulin kembali normal. Tentunya hal ni sangat penting dalam usaha menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Kayu manis

Selain menjadi rempah yang biasa digunakan dalam bahan masakan, nyatanya kayu manis juga dapat Anda manfaat sebagai obat alami yang efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, terutama bagi Anda pengidap diabetes tipe 2. Kayu manis memiliki zat aktif yang dapat mengatasi resistensi insulin dan inilah yang menyebabkan kayu manis dapat dijadikan pengobatan alternatif. Bahkan jika Anda mengonsumsi kayu manis secara rutin, tidak hanya diabetes saja tetapi Anda juga bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung.

  1. Jahe

Bukan rahasia lagi jika jahe memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi diabetes. Bagi pengidap diabetes tipe 2, penggunaan jahe dipercaya memiliki potensi untuk mengatasi resistensi insulin. Jahe memang dapat menurunkan kadar gula, tetapi tidak dapat menurunkan kadar insulin dalam darah.

  1. Ginseng

Selanjutnya Anda bisa menggunakan ginseng sebagai obat alami untuk mengatasi diabetes. Ginseng diklaim sebagai salah satu bahan alami yang dapat menurunkan gula darah puasa bagi pengidap diabetes. Jadi tidak heran jika tanaman herbal serbaguna ini juga dapat mengatasi diabetes.

  1. Okra

Tanaman okra ini sudah dilakukan uji penelitian pada hewan dan terbukti dapat menurunkan gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat manfaat okra sebagai obat herbal diabetes. Meski sudah terbukti dapat menurunkan gula darah, diperlukan penelitian lanjutan mengenai seberapa efektif okra dijadikan sebagai obat herbal diabetes pada manusia.

  1. Ketumbar

Biji ketumbar biasanya merupakan salah satu rempah yang dijadikan bahan masakan, tetapi siapa sangka jika rempah ini bisa dijadikan sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi diabetes. Hal ini karena ekstrak biji ketumbar memiliki komponen yang dapat menurunkan kadar gula darah. Merangsang produksi hormon insulin merupakan cara kerja dari ekstrak biji ketumbar dalam menurunkan kadar gula darah.

  1. Jamu

Biasanya jamu yang dikonsumsi untuk mengatasi diabetes sudah diolah dalam bentuk kapsul atau pil. Jamu ini berisi bahan – bahan alami terdiri dari brotowali, daun salam dan beberapa campuran rempah lain seperti temulawak, kunyit dan meniran. Pada sebuah penelitian mengonsumsi kapsul jamu tersebut terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dari 290.30mg/dL menjadi 241.78mg/dL dalam satu bulan.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa menjadi pertimbangan untuk mengatasi diabetes selain mengonsumsi damaben. Jika Anda ingin menggunakan damaben bisa membelinya di apotek terdekat atau pun secara daring di aplikasi kesehatan SehatQ.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*