Sering Alami Nyeri Punggung Kiri? Berikut Alasan Penyebabnya

Nyeri punggung merupakan hal yang umumnya terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera olahraga, salah postur tubuh, stres, hingga obesitas. Namun, jika sakit nyeri ini hanya terasa pada salah satu sisi saja, seperti nyeri punggung kiri, hal ini perlu dicari tahu lebih lanjut.

Nyeri punggung kiri pada dasarnya dapat sembuh sendiri tanpa perlu prosedur medis khusus. Namun, dalam beberapa kasus dan penyebab tertentu, nyeri punggung kiri perlu diatasi dengan serius. Lalu, seperti apa penyebab nyeri punggung khusus secara jelasnya? Berikut penjelasannya.

  • Cedera pada otot punggung

Perlu diketahui, bahwa cedera punggung dapat terjadi pada otot, sendiri, dan cakram tulang belakang yang dapat menyebabkan rasa nyeri punggung kiri atau kanan. Kondisi ini umumnya tergolong sebagai cedera ringan. Namun, kondisi tersebut juga dapat menjadi akibat dari benturan yang terjadi ketika berolahraga atau mengalami kecelakaan.

Cedera yang terjadi pada otot dan cakram tulang belakang cenderung menyebabkan rasa sakit pada bagian tengah punggung. Jika rasa sakit yang dirasa berasal dari nyeri punggung di bagian kiri atau kanan, maka kondisi tersebut kemungkinan besar adalah cedera otot.

Kondisi ini dapat terjadi akibat kebiasaan berdiri atau duduk yang condong berat pada satu sisi saja. Seseorang dengan artritis pada pinggul kanan akan menyesuaikan cara berjalannya agar mengurangi risiko jatuh dan rasa sakit pada pinggul kanan. Namun, hal tersebut dapat berdampak pada nyeri pada punggung kiri.

  • Adanya masalah pada tulang

Beberapa masalah pada tulang, seperti artritis, tulang tumbuh yang menonjol (osteorofi), atau spinal stenosis (adanya penyempitan rongga tulang belakang), dapat menimbulkan rasa sakit pada punggung. Rasa nyeri yang dirasakan pada punggung kiri atau kanan tersebut dapat menyebar ke kaki atau menyebabkan kaki terasa lemah.

  • Adanya gangguan pada organ dalam

Nyeri punggung kiri atau kanan juga dapat disebabkan oleh gangguan dari organ dalam yang terletak pada sisi tersebut. Nyeri tersebut dapat menjadi tanda adanya infeksi atau peradangan pada ginjal, pankreas, usus besar atau uterus.

Jika rasa nyeri punggung kiri atau kanan tersebut disertai dengan rasa sakit ketika buang air kecil dan demam, kondisi tersebut dapat menjadi gejala adanya infeksi ginjal. Selain itu, gangguan pada usus besar dan gangguan pada rahim juga merupakan penyebab lain dari rasa nyeri punggung kiri atau kanan tersebut.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*