Fungsi Skin Barrier Adalah Melindungi Kulit, Ini Ciri Kerusakan yang Perlu Diwaspadai

Fungsi Skin Barrier Adalah Melindungi Kulit

Skin barrier adalah lapisan sel terluar pada kulit yang biasa disebut dengan epidermis. Epidermis terdiri atas pembuluh darah, kelenjar keringat, dan saraf. Lapisan ini mengandung kolagen dan elastin, protein yang berperan untuk menjaga elastisitas dan mengencangkan kulit. 

Fungsi skin barrier melindungi tubuh dari polusi dan bahan kimia berbahaya. Lapisan ini juga melindungi dari radiasi UV yang berasal dari sinar matahari. Lapisan ini membantu mempertahankan kelembaban alami pada tubuh. Namun, karena beberapa hal, lapisan ini bisa mengalami kerusakan. 

5 Ciri-Ciri Skin Barrier Mengalami Kerusakan

Saat skin barrier mengalami kerusakan, maka akan terjadi retakan atau celah. Saat hal ini terjadi, maka kulit bisa kehilangan air dan mengalami iritasi. Apa yang terjadi jika lapisan ini rusak? Berikut adalah ciri-ciri skin barrier yang mengalami kerusakan:

1. Kulit Mengalami Peradangan dan Iritasi

Ciri-ciri kerusakan skin barrier adalah adanya peradangan dan iritasi. Hal ini akan menimbulkan warna kemerahan pada kulit. Pada kondisi yang lebih lanjut, kulit akan mengalami banyak gangguan seperti gatal-gatal, mengelupas, terjadi ruam, dan terasa panas.

2. Kulit Kering dan Kusam

Ciri-ciri skin barrier adalah rusak berikutnya yaitu kulit tampak kusam, kering, hingga bersisik. Lapisan yang rusak tidak dapat melindungi kulit secara maksimal dari paparan sinar UV dan radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya sehingga mengalami kekeringan. 

3. Kulit Menjadi Berjerawat

Munculnya jerawat pada kulit adalah salah satu ciri lapisan ini rusak. Hal ini karena lapisan yang rusak menjadi kurang maksimal dalam mencegah masuknya bakteri ke dalam kulit. Lapisan yang rusak ini ternyata juga bisa disebabkan dengan perilaku yang berlebihan seperti over-washing dan over-exfoliating.

Selain itu, skin barrier yang mengalami kerusakan akan menyebabkan kulit menjadi kering. Akibatnya, tubuh justru akan memproduksi sebum secara berlebihan. Hal inilah yang lantas memicu timbulnya jerawat pada kulit. 

4. Kulit Menjadi Sensitif

Contoh lapisan yang rusak adalah kulit berubah menjadi sangat sensitif. Waspadalah jika tiba-tiba kulit Anda menjadi sangat merah dan terasa panas ketika terkena sinar matahari walaupun sebentar. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa lapisan kulit Anda mengalami kerusakan. 

5. Munculnya Penyakit Kulit Eksim

Umumnya eksim adalah penyakit kulit yang merupakan cacat genetik pada lapisan ini. Namun, adanya faktor eksternal yang dapat merusak lapisan ini akan menyebabkan penyakit eksim muncul dan menjadi-jadi. 

Jika menemukan ciri-ciri skin barrier adalah mengalami kerusakan pada wajah Anda, maka lakukan perawatan dengan segera. Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi kerusakannya.

Cara Mengatasi Kerusakan pada Skin Barrier

Jika mengalami ciri-ciri kerusakan di lapisan kulit ini, tidak perlu khawatir. Anda dapat memperbaiki kerusakannya asal dilakukan secara rutin dan konsisten. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Terapkan Rutinitas Perawatan Kulit Dasar

Lakukan perawatan rutin yang sederhana dan paling dasar untuk wajah. Hal ini akan mengurangi wajah Anda yang telah teriritasi mengalami iritasi lagi. Tiga produk skin barrier yang wajib Anda gunakan adalah cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Anda bisa menggunakan serum atau toner, tapi yakinkan dulu bahannya aman. 

2. Kurangi Mencuci Muka

Air dapat membuat wajah Anda kering dan mengakibatkan kerusakan yang lebih banyak. Lakukan pencucian pada wajah sebanyak sekali atau maksimal dua kali sehari menggunakan air hangat. Gunakan pembersih wajah yang lembut, tidak mengandung busa, dan memiliki pH rendah.

3. Hindari Eksfoliasi Sementara Waktu

Jika lapisan ini rusak, maka berhentilah melakukan eksfoliasi. Biarkan kulit melakukan regenerasi. Setelah semua ciri-ciri dan gejala kerusakan teratasi, maka Anda bisa melakukan eksfoliasi secara bertahap dalam perawatan wajah.

Skin barrier adalah pelindung yang dapat mencegah kulit mengalami kerusakan akibat polusi ataupun radiasi sinar UV. Menjaganya agar tidak mengalami kerusakan akan membuat kulit Anda sehat, kenyal, dan bercahaya secara alami.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*