Termasuk Buah Tersehat, Ini Kandungan Jeruk yang Menakjubkan

Dalam deretan berbagai makanan sehat di dunia, World Health Organization (WHO) menyatakan jeruk berada di dalam deretan tersebut. Penetapan jeruk sebagai salah satu buah tersehat karena kandungan jeruk yang dinilai menakjubkan.

Kandungan nutrisi yang ada di jeruk membuat buah berwarna oranye ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa risiko penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, juga penyakit jantung koroner, bahkan bisa diminimalkan dengan mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Menyantap jeruk secara rutin juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dan menyehatkan mata.

Sebenarnya kandungan jeruk apa saja yang membuat ini begitu bermanfaat bagi kesehatan hingga layak disebut salah satu buah tersehat di dunia? Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang bisa Anda peroleh dari buah jeruk.

  1. Serat

Tiap buah umumnya memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh, tidak terkecuali di jeruk. Hanya saja kandungan serat di jeruk sangat luar biasa. Dalam satu buah jeruk berukuran sekitarna 180 gram, Anda bisa memperoleh 5,4 gram serat di dalamnya. Jumlah tersebut setara bahkan lebih dari 18 persen dengan kebutuhan serat harian tubuh yang berkisar 25—30 gram.

Serat sendiri sangat berfungsi menjaga sistem pencernaan tubuh tetap sehat. Kebutuhan serat yang tercukupi tiap harinya juga mampu menurunan tingkat kolesterol tubuh yang kerap menjadi biang keladi dari berbagai penyakit kronis.

  • Vitamin C

Kalau Anda sedang mengalami panas dalam, orang-orang pasti sering menyarankan mengonsumsi buah jeruk untuk meredakan gejalanya. Ini karena jeruk dianggap sebagai salah satu sumber vitamin C tinggi yang mampu meredakan peradangan serta memperbaiki sel jaringan yang ada dalam tubuh.

Pendapat tersebut benar adanya. Dalma satu buah jeruk berukuran sekitar 180 gra, ada kandungan vitamin C sebesar 70 miligram. Jumlah tersebut bahkan sudah hampir memenuhi anjuran kebutuhan vitamin C harian sebesar 75—90 miligram.

  • Kalium

Kandungan jeruk lainnya yang membuat buah ini kaya manfaat adalah keberadaan kalium. Dalam satu buah jeruk manis saja, terdapat kandungan kalium sekitar 181 miligram.

Kalium amat penting menjaga kesehatan tubuh. Salah satu fungsi kalium adalah menjaga tekanan darah sehingga Anda bisa terhindar dari hipertensi. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung koroner ataupun stroke dapat diperkecil.

  • Asam Folat

Asam folat merupakan kandungan jeruk yang menakjubkan lainnya. Pasalnya, asam folat memiliki banyak manfaat beragam terkait kesehatan. Beberapa manfaatnya, seperti menjaga sistem pencernaan, membentuk sel-sel baru dalam tubuh, serta mencegah cacat lahir bagi ibu hamil.

Kandungan asam folat dalam jeruk sendiri cukup tinggi, mencapai 74 mikrogram per satu buah jeruk ukuran sedang. Nilai tersebut memenui lebih dari 10 persen dari kebutuhan harian asam folat bagi orang dewasa yang dianjurkan mencapai 600 mikrogram.

  • Tiamin

Tiamin kerap lebih dikenal sebagai vitamin B. Fungsi vitamin ini, antara lain berperan aktif mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Tiamin sendiri merupakan kandungan jeruk yang cukup dipuja. Jeruk pun disebut sebagai salah satu buah dengan kandungan tiamin yang tinggi.

Dalam satu buah jeruk ukuran kecil dengan berat 100 gram, terdapat kandungan berupa tiamin sebanyak 0,08 mikrogram. Sementara itu, kebutuhan tiamin harian bagi orang dewasa yang dianjurkan berada di angka 1,2 mikrogram.

Kandungan-kandungan jeruk yang begitu bermanfaat membuat Anda tidak perlu ragu mengonsumsi buah ini tiap hari. Apalagi, kandungan karbohidrat jeruk terbilang rendah sehingga tidak perlu khawatir berat Anda cepat bertambah jika rajin mengonsumsi si oranye ini.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*