Tetap Tenang Meski Pandemi dengan Persiapkan Kotak P3K di Rumah

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diterapkan mengingat angka kasus COVID-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Kondisi ini tak ayal membuat masyarakat sulit untuk melakukan mobilisasi dan disarankan untuk tetap tinggal dalam luar. Membeli kebutuhan sehari-hari atau bahkan obat menjadi sedikit sulit akibat adanya situasi ini. Oleh karena itu, mempersiapkan kotak P3K di rumah menjadi solusi yang ideal.

kotak p3k

Dengan menyiapkan kotak P3K di Rumah, Anda dapat mengurangi intensitas bepergian atau beraktivitas di luar rumah, sehingga menurunkan risiko terpapar infeksi COVID-19. Apa saja yang perlu Anda simpan di dalam kotak P3K di rumah selama pandemi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Isi kotak P3K di rumah selama pandemi

  1. Masker

Perlengkapan medis yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Mengingat bahwa penularan coronavirus melalui udara, masyarakat diimbau untuk selalu mengenakan masker. Penggunaan masker diyakini mampu menurunkan risiko tertular atau menularkan COVID-19.

  1. Vitamin

Fakta bahwa vaksin maupun obat yang efektif menangkal COVID-19 belum ditemukan, menjaga diri untuk tetap sehat dengan meningkatkan sistem imun tubuh merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan virus. Para ahli menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur, dan jika diperlukan tidak lupa untuk mengonsumsi vitamin maupun suplemen kesehatan.

Beberapa vitamin dan mineral yang direkomendasikan dapat membantu meningkatkan sistem imun selama pandemi, antara lain vitamin C, vitamin D, dan zinc.

  1. Termometer

Salah satu gejala yang umum dikeluhkan pasien terinfeksi COVID-19 adalah demam. Mendeteksi adanya perubahan suhu tubuh, Anda perlu menyiapkan termometer dan menyimpannya di dalam kotak P3K di rumah.

Ketika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala, seperti ruam, diare, atau batuk, Anda dapat langsung memeriksa suhu tubuhnya. Jika hasil suhu tubuh melebihi angka 37,2 °C atau demam, Anda diharapkan untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan pemeriksaan lebih COVID-19. Sembari menunggu respons, Anda dapat memberikan obat penurun panas untuk meredakan gejala yang dialami.

  1. Paracetamol atau obat demam lain

Telah disebutkan bahwa demam merupakan gejala yang utama dari pasien terinfeksi COVID-19 dan perlu penanganan sesegera mungkin. Selama pandemi, menyimpan paracetamol maupun obat demam lain, seperti acetaminophen di dalam kotak P3K di rumah merupakan suatu kebutuhan.

Paracetamol atau obat demam lain juga dikonsumsi oleh pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Dengan rutin mengonsumsi obat demam, gejala demam dan nyeri yang dirasakan akibat infeksi corona dapat diredakan.

  1. Obat flu

Beberapa gejala lain dari COVID-19 serupa dengan gejala flu. Oleh karena itu, siap sedia obat pereda gejala flu dalam kotak P3K Anda perlu untuk diperhatikan. Pilihlah obat pereda gejala flu allinone yang mampu meredakan sakit kepala, bersin-bersin, demam, batuk, hingga nyeri badan di saat yang bersamaan.

  1. Obat pencernaan

Di samping demam dan batuk, gejala lain dari COVID-19 yaitu adanya gangguan pencernaan, seperti diare. Anda perlu melengkapi perlengkapan obat dalam kotak P3K dengan menambahkan obat pencernaan ke dalam persediaan. Ketika mengonsumsi obat diare, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak air putih agar terhindar dari kondisi dehidrasi.

  1. Dekongestan

Sudah pernah mendengar apa itu dekongestan? Sebenarnya, dekongestan ini banyak terkandung dalam obat batuk dan obat flu. Fungsinya, untuk meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan. Dekongestan mampu secara efektif melegakan pernapasan dan membuat tubuh terasa lebih nyaman pada pasien flu dan COVID-19. 

Itu dia 7 hal yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin menyiapkan kotak P3K kala pandemi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*